HARDWARE

9 Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas Meski Main Game Berat

Suhu CPU yang sangat panas ketika bermain game berat adalah sesuatu yang wajar.

Akan tetapi, menjadi tidak wajar ketika suhunya melewati batas normal suatu CPU dapat berjalan secara optimal.

Rata-rata temperatur CPU berkisar antara 70-80 derajat celcius ketika memainkan game berat atau menjalankan software render.

Namun jika lebih dari angka tersebut, berarti ada sesuatu yang salah dengan sistem komputer sehingga harus segera diatasi. CPU yang terlalu panas tidak cuma bicara soal performa, tetapi juga kerusakan hardware lainnya.

CPU yang kepanasan dapat merusak komponen terdekat seperti motherboard, bahkan merusak CPU itu sendiri yang juga menjalar ke BIOS sehingga komputer tidak dapat menyala lagi.

Panduan berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara agar CPU tidak cepat panas meski memainkan game berat.

Ada 9 cara yang bisa kamu lakukan, sebagian cocok untuk laptop, sebagian lagi untuk komputer desktop. Silahkan pilih yang sesuai dengan kondisi kamu.

Gunakan casing tertutup agar debu tidak mengotori heatsink

Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas

via PCWorld

Menurut sebagian orang, casing terbuka memungkinkan udara masuk lebih leluasa dan mendinginkan suhu processor. Terdengar masuk akal, namun ada efek samping yang tidak sebanding.

Debu juga menjadi lebih mudah masuk lalu hinggap di heatsink dan kipas sehingga aliran udara yang menyembur ke CPU menjadi lebih sedikit.

Bersihkan kipas dari debu secara teratur

Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas

via DreamsTime

Apabila kamu bersikeras menggunakan casing terbuka, hal itu boleh saja. Tetapi membersihkan kipas dan heatsink dari debu merupakan kegiatan yang wajib dilakukan secara rutin.

Cara membersihkan kipas CPU dari debu bisa dengan membongkarnya lalu dibersihkan seperti biasa.

Kamu juga bisa menggunakan blower listrik atau blower tangan untuk menyemprot debu keluar dari sela-sela komponen. Metode ini cukup direkomendasikan apabila tidak begitu paham cara membongkar komputer.

Tambah jumlah kipas untuk memaksimalkan sirkulasi udara

Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas

via Pixabay

Rata-rata pemilik komputer membiarkan begitu saja slot kipas tidak terisi. Mereka mengira kipas untuk CPU dan GPU saja sudah cukup, sementara yang lain tidak perlu.

Padahal manufaktur casing sengaja melebihkan jumlah slot kipas sebab mereka paham bahwa kipas bawaan tidaklah cukup.

Cobalah menambah 1-2 kipas lagi di casing komputer kamu. Komponen seharga Rp 20.000 ini bisa secara signifikan mengurangi panas yang diproduksi oleh CPU.

Oh ya, untuk pengguna laptop bisa menggunakan kipas laptop yang biasanya ditempatkan di sisi bawah. Itu juga cukup membantu mendinginkan komponen laptop yang relatif lebih cepat panas.

Tingkatkan kecepatan kipas menggunakan bantuan software

SpeedFan

Kipas komputer standar tidak disertai bundling software untuk mengontrol rotasi putaran. Untungnya, ada software lain yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan kecepatan kipas.

Software gratis bernama SpeedFan memiliki kemampuan menaikkan perputaran kipas ketika CPU mencapai suhu tertentu. Dengan begitu, sembari bermain game berat, program ini akan menangani kecepatan kipas secara otonom.

Saya juga sudah memposting 10 software untuk memonitor suhu komputer, mungkin daftar tersebut bisa membantu kamu memahami aktivitas CPU serta suhunya.

Menonaktifkan fitur overclock dapat mengurangi beban CPU

Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas

via JagatReview

Jika kamu tidak mengetahui apa itu overclocking, tips yang ini bukan untuk kamu.

Meski overclocking secara instan meningkatkan performa CPU, di sisi lain kinerjanya juga akan meningkat yang berarti lebih banyak panas dihasilkan bahkan ketika dalam posisi idle.

Mungkin overclock terdengar terlalu menarik untuk dilewatkan, namun coba pikir kembali apakah kamu benar-benar membutuhkannya.

Mengurangi level atau bahkan mematikan overclock dapat mengurangi beban CPU sehingga tidak perlu kepanasan ketika komputer sedang beroperasi.

Beri ruang untuk CPU dengan cara mematikan program latar yang tidak perlu

Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas

Tahukah kamu bahwa secara tidak sadar ada banyak program latar yang berjalan di komputer kamu saat ini?

Coba buka Task Manager dengan menekan kombinasi CTRL+SHIFT+ESC, kemudian menuju tab Processes. Untuk mematikan program yang tidak perlu, cukup klik programnya lalu klik End task.

Ditambah lagi, ada juga program di tab Startup yang sudah mulai berjalan ketika komputer baru saja dinyalakan. Pilih programnya kemudian klik Disable.

Suhu ruangan juga berkontribusi pada suhu CPU

Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas

via Pixabay

Sistem pendingin komputer sangat bergantung pada kondisi udara dimana ia berada. Jika memungkinkan, cobalah mengurangi temperatur AC atau mengarahkan kipas angin ke arah komputer.

Hal tersebut dapat secara efektif mengurangi udara panas yang masuk ke dalam casing.

Jika kamu tidak memiliki AC atau kipas angin yang memadai, menempatkan komputer/laptop di dekat ventilasi juga bisa diterapkan sebagai alternatif.

Kurangi pengaturan grafis game agar panas GPU juga tidak terlalu mempengaruhi CPU

Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas

Secara teknis, grafis pada game diolah oleh GPU yang ada pada kartu grafis. Jika kamu atur ke “rata kanan” alias level tertinggi, beban kerja juga akan meningkat dan menghasilkan lebih banyak panas.

Karena berada dalam ekosistem yang sama, suhu GPU praktis mempengaruhi suhu CPU karena mereka berbagi ruang di dalam casing.

Kamu tidak harus mengurangi pengaturan dari “Very High” ke “Very Low”, coba pilih secara bertahap semisal “Medium”. Jika pada profil tersebut suhunya menurun, berarti pengaturan ini cocok untuk kamu dan di saat yang sama tidak merusak pengalaman gaming.

Upgrade hardware ke komponen yang lebih dingin

Cara Agar CPU Tidak Cepat Panas

Opsi terakhir adalah dengan melakukan upgrade pada beberapa komponen krusial yang berperan dalam pendinginan hardware.

Sebagai contoh, kamu bisa mengganti sistem pendingin kipas tunggal di CPU dengan kipas ganda yang harganya cukup terjangkau. Jika kamu punya dana lebih, tidak ada salahnya menggunakan water cooling yang terbukti jauh lebih efektif dalam menyerap panas.

Saat ini opsi yang paling drastis dalam mendinginkan suhu CPU adalah menggunakan Phase Change Unit. Bukan hanya mengurangi panas, bahkan kamu bisa membekukan CPU dengan alat tersebut.

Sayang, Phase Change Unit tergolong sebagai hardware mahal yang dijual dengan kisaran $1000 per unit. Dengan demikian, kipas ganda dan water cooling masih menjadi opsi rasional untuk yang punya budget terbatas.

Berapa suhu CPU dalam kondisi normal (idle)?
Umumnya berkisar antara 40° C sampai 60° C. Angka ini cukup bervariasi untuk setiap komputer, namun umumnya seperti itu.
Berapa suhu maksimal yang bisa diterima CPU?
Rata-rata bisa menahan suhu sampai 105° C sampai akhirnya mati (shutdown) untuk mencegah panas ekstrim. Meski bisa menahan suhu sedemikian tinggi, cobalah untuk jangan sampai mendekatinya karena berpotensi merusak hardware.

 

Bagaimana hasilnya setelah kamu mengikuti tips di atas?

Atau jika ada tips yang ingin kamu tambahkan, jangan ragu untuk berbagi 😊