Cara Mengetahui Batas Maksimal RAM Pada PC/Laptop

Ketika berencana untuk menambah ekstra RAM pada komputer, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh pengguna. Bukan cuma soal harga, kecepatan, dan jenisnya, namun kamu juga harus terlebih tahu memeriksa apakah perangkat yang ingin ditambahkan RAM baru mendukungnya.

Setiap perangkat komputer memiliki spesifikasi unik yang membatasi seberapa banyak dan seberapa cepat RAM yang dapat dipasang. Informasi tersebut sangat penting agar RAM bisa berfungsi dan tidak menjadi sumber bottleneck pada sistem.

Bagi kamu yang hendak memasang RAM baru, berikut cara mengetahui batas maksimal RAM di PC desktop maupun laptop.

#1 Cek batas RAM di motherboard melalui spesifikasi sistem

Motherboard adalah tempat papan elektronik dimana semua komponen komputer terhubung, termasuk RAM. Selengkapnya, lihat panduan di bawah ini untuk memeriksa dukungan motherboard.

1. Pertama-tama lihat, spesifikasi komputer melalui menu Start lalu cari System information.

System information 1 Cara Mengetahui Batas Maksimal RAM Pada PC/Laptop 1 System information 1

2. Lihat pada kolom BaseBoard Manufacturer dan BaseBoard Product. Itu merupakan merek dan tipe motherboard.

ASRock B550M HDV Cara Mengetahui Batas Maksimal RAM Pada PC/Laptop 2 ASRock B550M HDV

3. Kemudian cari di Google dengan kueri “merek+tipe+specs”. Misalnya ASRock B550M-HDV.

Motherboard specs Cara Mengetahui Batas Maksimal RAM Pada PC/Laptop 3 Motherboard specs

4. Klik hasil pencarian yang paling relevan. Akan lebih baik jika yang muncul adalah situs resmi dari pembuat motherboard.

First result Cara Mengetahui Batas Maksimal RAM Pada PC/Laptop 4 First result

5. Cari halaman spesifikasi (specification). Informasi RAM biasanya ada di kolom Memory.

Dual channel DDR4 Cara Mengetahui Batas Maksimal RAM Pada PC/Laptop 5 Dual channel DDR4

Sebagai gambaran, di screenshot di atas tampak motherboard ini memiliki dukungan RAM dual channel, jenis DDR4, dan kapasitas maksimal hingga 64 GB. Selain itu frekuensi RAM juga bisa mencapai 4700 Mhz tergantung dari processor dan profil overclocking.

Sementara untuk laptop, kemampuan untuk menambah atau upgrade RAM sangat bergantung dari pihak manufaktur. Silakan cek halaman resmi laptop tersebut untuk informasi lebih lanjut.

#2 Cek batas kemampuan RAM oleh processor

Selanjutnya, kita masih harus memeriksa batas yang ditetapkan oleh processor. Sama seperti motherboard, processor akan mendikte kapasitas, kecepatan (frekuensi), dan jumlah channel.

Untuk mengetahui limitasi RAM oleh processor, kita terlebih dahulu harus mengetahui spesifikasinya. Langkah-langkah yang diperlukan tidak berbeda jauh dengan yang telah dijelaskan untuk motherboard.

Buka menu Start > cari System information > salin informasi di kolom Processor > cari di Google dengan format nama “processor+specs” > lihat di bagian Memory.

Memory specifications Cara Mengetahui Batas Maksimal RAM Pada PC/Laptop 6 Memory specifications

Misal sebuah motherboard mendukung frekuensi hingga 4600 MHz sementara processor hanya mencapai 3200 MHz. Maka kecepatan yang berjalan adalah 3600 MHz. Potensi 4600 MHz oleh motherboard tidak terpakai karena processor lebih lambat.

#3 Cek batas maksimal kapasitas RAM oleh sistem operasi

Sistem operasi Windows juga mempengaruhi seberapa besar kapasitas RAM yang bisa diinstal. Jangan sampai kamu terlanjur membeli banyak RAM, namun tidak terbaca karena sistem operasi tidak mendukungnya.

Berikut ini tabel singkat terkait kapasitas RAM untuk sistem operasi Windows modern. Pastikan kamu sudah tahu apakah komputer menggunakan sistem 32-bit atau 64-bit.

Sistem Operasi32-bit64-bit
Windows 7 Ultimate4 GB192 GB
Windows 7 Enterprise4 GB192 GB
Windows 7 Professional4 GB192 GB
Windows 7 Home Premium4 GB16 GB
Windows 7 Home Basic4 GB8 GB
Windows 7 Starter2 GBN/A
Windows 8 Enterprise4 GB512 GB
Windows 8 Professional4 GB512 GB
Windows 84 GB128 GB
Windows 10 Enterprise4 GB6 TB
Windows 10 Pro4 GB 2 TB
Windows 10 Home4 GB 128 GB

Singkatnya, ketiga komponen di atas harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk memilih RAM yang ingin dibeli dan nantinya dipasang. Idealnya, perbedaan antar processor dan motherboard tidak terlalu jauh agar komputer bisa berjalan pada kecepatan terbaiknya.

Semoga membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.