SMARTPHONE

Cara Mengetahui Jenis CPU Android dan Artinya

Seberapa penting mengetahui jenis CPU ponsel Android? Jawabannya, sangat penting!

Sebab dari sana kamu bisa memperkirakan performa ponsel secara umum, aplikasi apa saja yang bisa dijalankan, kualitas gameplay sebuah video game, hingga fitur-fitur sekunder yang dimiliki smartphone.

Dari CPU juga kita dapat mengetahui seberapa lama kita bisa menggunakan ponsel sampai akhirnya tidak relevan lagi dengan kemajuan teknologi.

Berikut ini panduan untuk pemula tentang cara mengetahui jenis CPU Android serta membaca arti dari spesifikasinya.

Cara mengetahui jenis CPU Android menggunakan CPU-Z

CPU-Z merupakan aplikasi paling sederhana yang dapat memetakan seluruh komponen smartphone Android kamu sampai detil. Termasuk CPU, aplikasi ini menampilkan brand, tipe, arsitektur, clock speed, dan sebagainya.

Download CPU-Z via Google Play Store.

Setelah dipasang, silahkan luncurkan aplikasi tersebut. Kamu akan dihadapkan pada spesifikasi processor alias CPU sampai mendetil.

Cara Mengetahui Jenis CPU Android

Cara membaca spesifikasi CPU Android

Informasi di atas tampaknya kurang berguna jika tidak diketahui artinya. Berikut ini penjelasan singkat dari spesifikasi CPU yang (saya rasa) mudah dimengerti oleh awam.

(Bagian paling atas adalah nama brand CPU dan jenisnya)

 

Cores – Jumlah core atau inti dari sistem. Semakin banyak “umumnya” semakin baik, terutama ketika menjalankan aplikasi yang sensitif terhadap multi-core.

Architecture – Nama desain dari sebuah prosesor, biasanya mempengaruhi kemampuan dan limitasi dalam sistem. Silahkan periksa lebih lanjut untuk melihat keunggulan dari sebuah arsitektur.

Revision – Versi dari CPU, kamu bisa mencarinya di internet untuk mengetahui apakah CPU merupakan model teranyar atau sudah usang.

Process – Ukuran gap pada semikonduktor dalam CPU. Semakin kecil menandakan CPU yang lebih modern (tahun 2018 telah mencapai 7 nm).

Clock Speed – Menunjukkan berapa banyak data yang bisa diproses dalam satu detik, semakin tinggi angkanya berarti semakin banyak.

CPU 0, 1, 2… – Informasi core mana saja yang sedang aktif bekerja.

CPU Load – Menampilkan beban CPU secara real-time.

Itulah cara mengetahui jenis CPU Android. Barangkali kamu juga tertarik mengetahui spesifikasi CPU komputer.

Apabila ada pertanyaan, jangan ragu untuk mengirim komentar.