WINDOWS

Cara Cek Versi Windows 10 Pada PC/Laptop Kamu

Menggunakan Windows 10 versi terbaru adalah sebuah kewajiban. Bukan hanya melindungi komputer kamu dari malware, namun juga memberikan fitur ekstra yang mungkin akan sangat berguna.

Cara membaca versi terbaru Windows 10 agak sedikit berbeda dibanding varian OS sebelumnya. Berikut ini cara cek versi Windows 10 serta panduan untuk mengetahui artinya.

1. Pergi ke menu Start lalu buka Settings.

Windows Settings 1 Cara Cek Versi Windows 10 Pada PC/Laptop Kamu 1 Windows Settings 1

2. Pilih menu System.

System 3 Cara Cek Versi Windows 10 Pada PC/Laptop Kamu 2 System 3

3. Klik About di menu sebelah kiri.

About 1 Cara Cek Versi Windows 10 Pada PC/Laptop Kamu 3 About 1

4. Lihat ke bagian Windows specifications.

Windows specifications Cara Cek Versi Windows 10 Pada PC/Laptop Kamu 4 Windows specifications

Terdapat kolom Edition, Version, Installed on, dan OS build. Berikut ini penjelasan dari keempat elemen tersebut.

  • Edition: Memperlihatkan edisi Windows 10 yang kamu pakai. Biasanya antara Home, Pro, dan Workstation. Perbedaannya relatif kecil dan tidak terlalu terasa untuk penggunaan sehari-hari.
  • Version: Bisa disebut juga sebagai “Major Update” atau update skala besar bagi sistem operasi. Angka ini mencerminkan tahun dan bulan update dirilis. Misal 1909 berarti update September 2019 (Fall Creators Update).
  • Installed on: Menampilkan kapan Version atau Major Update diinstal di komputer. Tanggal tersebut tidak selalu sama dengan tanggal rilis update mengingat Windows 10 hanya melakukan Major Update apabila tidak mengganggu pengguna.
  • OS build: Dapat dikatakan sebagai “Minor Update”. Update ini relatif lebih sering dan mungkin tidak kamu sadari. Arsitektur 32-bit dan 64-bit mungkin mendapatkan Minor Update yang berbeda meski Major Update-nya sama.

Terlepas dari versi Windows 10 yang kamu gunakan, pastikan sudah original agar bisa mendapatkan update tanpa masalah. Mungkin kamu juga tertarik mengetahui versi lisensi yang ada pada PC/laptop.