INTERNET

4 Tools Gratis Untuk Mengetahui Backlink Website Orang Lain

Backlink sangat penting. Setidaknya mayoritas mesin pencari masih bergantung pada parameter tersebut.

Mengetahui backlink dari website kompetitor sangat memudahkan kita menentukan strategi untuk melawannya di pertarungan hasil pencarian.

Namun, untuk pemula yang punya modal “pas-pasan”, tools berbayar seperti SEMrush dan Ahrefs tentunya bukan pilihan yang ekonomis.

Di artikel ini saya memiliki 4 tools terbaik untuk memantau backlink website lain gratis.

Simak daftarnya berikut ini!

#1 Ahrefs: Versi gratis bisa melihat 100 backlink paling berkualitas

ahrefs backlink checker 4 Tools Gratis Untuk Mengetahui Backlink Website Orang Lain 1 ahrefs backlink checker

Ahrefs pada dasarnya adalah tools SEO premium yang biasa dipakai agensi. Namun mereka telah merilis Backlink Checker yang boleh digunakan gratis, tanpa mendaftar.

Satu aspek yang membuat Ahrefs lebih dipercaya adalah tingkat crawl atau perayapan internet yang tertinggi kedua setelah Google. Itu artinya data yang dihasilkan oleh Ahrefs boleh dibilang, lebih bisa dipercaya.

Fitur-fitur penting Ahrefs Backlink Checker antara lain:

  • Melihat hingga 100 backlink teratas
  • Anchor dan halaman teratas
  • URL rating
  • Domain rating
  • Referring domains
  • Exact URL/Subdomains

Cara menggunakan Ahrefs Backlink checker gratis:

  1. Pergi ke Ahrefs Backlink Checker
  2. Masukan URL
  3. Klik Check backlinks
  4. Tunggu hasilnya

Kekurangan: Usai beberapa kali mencoba, saya menyadari hasil backlink yang terdeteksi berubah-ubah. Tentu saja ini bukan tanda yang bagus jika kamu mau hasil yang konsisten.

#2 Ubersuggest: Layanan terbaik melihat backlink gratis tanpa mendaftar

Ubersuggest Backlink

Ubersuggest merupakan layanan untuk melihat backlink website kompetitor yang sangat populer. Awalnya layanan ini murni gratis, namun kini sudah tersedia opsi berbayar. Pengguna gratis hanya bisa melihat 10 backlink teratas saja.

Ubersuggest juga dibekali tampilan yang bersih, rapi, dan terstruktur sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi backlink dari halaman tertentu, seperti jenis link, anchor text yang dipakai, hingga kapan backlink terindeks.

Beberapa fitur penting Ubersuggest antara lain:

  • Domain score checker
  • Referring domains
  • Jumlah backlink (follow/nofollow)
  • Domain score & page score
  • Ekspor daftar backlink ke CSV

Cara menggunakan Ubersuggest untuk melihat backlink:

  1. Pergi ke Ubersuggest Backlink
  2. Masukkan alamat website
  3. Pilih apakah ingin memeriksa seluruh domain atau subfolder/subdomain tertentu
  4. Klik Search
  5. Hasil pencarian backlink akan muncul

Kekurangan: Kini versi gratis memiliki keterbatasan dan untuk mengakses fitur penuh diharuskan membayar. Meski begitu tarif per bulannya relatif lebih murah dibanding tools sejenis.

#3 SEOReviewTools: Hanya melacak 100 backlink teratas tapi sudah sangat baik

SEOReviewTools

Backlink bukan bicara kuantitas, tetapi kualitas. Satu backlink berkualitas dapat mengalahkan seribu backlink standar. Ungkapan ini benar adanya dan relevan bagi mesin pencari. SEOReviewTools memberikan layanan pencarian backlink gratis yang mampu menampilkan 100 backlink teratas dari sebuah website beserta skornya (berdasarkan Ahrefs).

Tampilannya sangat sederhana dan jauh dari kesan kompleks. Pada daftar backlink, hanya ada informasi tautan, anchor text, nofollow/dofollow, domain rating, dan jumlah link. Kamu pun bisa langsung klik halaman pemberi backlink untuk langsung melihatnya.

Meski hanya sampai 100 backlink, saya rasa angka ini sudah sangat cukup mengingat yang ditampilkan adalah halaman dengan skor tertinggi. Jika kamu mendaftar di sini, satu-satunya perbedaan ialah absennya kewajiban untuk mencentang captcha – selain dari itu, tidak ada diferensiasi fitur antara pengguna anonim dan terdaftar.

Fitur-fitur penting dalam SEOReviewTools:

  • Ahrefs Domain Rating
  • Melihat jumlah URL yang diberi backlink
  • Menampilkan backlink paling bernilai

Cara menggunakan SEOReviewTools:

  1. Kunjungi SEOReviewTools: Valuable Backlink Checker
  2. Masukan alamat website
  3. Pilih opsi apakah ingin menampilkan backlink ke halaman spesifik atau domain seluruhnya
  4. Klik centang I’m not a robot
  5. Terakhir, klik Perform check

Kekurangan: Tidak ada opsi mengunduh daftar backlink, terbatas 100 URL, dan kurangnya detil informasi backlink.

#4 LinkMiner: Cukup untuk sekilas cek backlink website kompetitor

LinkMiner

LinkMiner memiliki slogan pemasaran yang menarik; mereka bangga dengan 8 triliun database backlink yang tampaknya sangat berlimpah. Namun angka tersebut sebetulnya sangat kecil dibanding total halaman di internet; yakni 180 quadrilion (180 diikuti 15 kali angka 0) dan terus bertambah. Saya menduga bahwa jumlah backlink yang terindeks hanya sedikit.

Benar saja, jumlah backlink yang tampil di LinkMiner lebih sedikit dibanding dua tools yang saya bicarakan sebelumnya. Meski demikian, patut diapresiasi melihat fakta bahwa tool ini memberikan layanan gratis tanpa kewajiban mendaftar (meski tetap direkomendasikan).

LinkMiner menghadirkan informasi website pemberi backlink secara mendalam, termasuk score, anchor text, status backlink, dan jenisnya. Pengguna terdaftar dapat melihat hingga 100 backlink setiap harinya beserta saran 50 keyword kompetitor.

Kelebihan yang dimiliki LinkMiner:

  • Informasi backlink sangat lengkap
  • Fitur preview halaman backlink
  • Status backlink, entah aktif atau nonaktif

Cara memantau backlink dengan LinkMiner:

  1. Kunjungi situs LinkMiner
  2. Masukan alamat website
  3. Klik Find backlinks
  4. Lihat hasilnya

Kekurangan: Jangkauan backlink sempit dan pengguna anonim mendapatkan sedikit fitur.


Itulah empat tools terbaik yang bisa saya rekomendasikan untuk melihat backlink website kompetitor tanpa membayar. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar topik ini.

Mengapa jumlah backlink di setiap layanan berbeda?

Sederhana saja, mereka punya metode untuk mengindeks backlink yang bervariasi. Namun di antara tool yang kredibel seharusnya tidak menampilkan perbedaan yang amat mencolok.

Selain itu, sebagian backlink perlu waktu lebih lama sampai terindeks oleh layanan audit. Bahkan Google Search Console sendiri tidak bisa melacak backlink secara instan.

Website kompetitor punya backlink jelek, kok rankingnya tetap tinggi?

Backlink hanya satu dari 200 faktor penentu peringkat website di mesin pencari, khususnya Google. Bisa jadi website tersebut punya komponen penyeimbang dari buruknya backlink mereka.

Di sisi lain, Google mengakui bahwa mereka bisa saja mengabaikan backlink spam selama website tersebut memberikan konten yang baik bagi pengguna. Coba catat apa saja tips untuk membuat backlink terindeks Google dengan cepat .

Bagaimana cara mendapatkan backlink dari website kompetitor?

Sayangnya tidak ada cara spesifik untuk pertanyaan ini. Jika backlink bersumber dari website direktori, kamu bisa mendaftar dan menaruh link website kamu di sana.

Namun akan berbeda jika backlink bersumber dari blog atau website ternama yang diberikan secara manual.

Mengetahui backlink kompetitor tidak serta-merta membuat kamu dengan mudahnya mendapatkan backlink yang sama. Semua punya proses yang beragam dan tingkat keberhasilan yang tidak pasti.

Tips dari saya (dan Google): Buatlah konten berkualitas tinggi, backlink akan datang dengan sendirinya.

21 Comments