INTERNET

3 Cara Membuat Backlink Terindeks Google Lebih Cepat

Hingga saat ini, backlink masih menjadi faktor penting dalam pemeringkatan sebuah halaman website di hasil mesin pencari Google.

Backlink pun harus menunggu dideteksi melalui proses crawling oleh BOT Google. Namun apakah ada cara agar backlink yang mengarah ke website kita bisa terindeks lebih cepat?

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk mempercepat indeks backlink sehingga peringkat website pun bisa segera naik.

INFO: Agar tidak terjadi miskonsepsi, tips di bawah ini adalah untuk mengoptimalkan indeks halaman pemberi backlink (eksternal), bukan halaman website yang menerima backlink.

#1 Hindari backlink spam, karena Google akan mengabaikannya

Backlink spam 3 Cara Membuat Backlink Terindeks Google Lebih Cepat 1 Backlink spam

Ingat, backlink yang baik adalah backlink yang diberikan oleh pihak lain, bukan backlink yang dibuat sendiri.

Menurut John Muller, Web Trends Analyst Google mengatakan bahwa Google bisa saja mengabaikan backlink apabila terdeteksi sebagai spam. Ia menegaskannya melalui sebuah tweet:

Jika kami mendeteksinya (backlink spam), kami akan mengabaikannya…

John Muller

Jadi, apabila backlink tak kunjung diindeks oleh Google, coba refleksikan kembali bagaimana dan dimana kamu mendapatkan backlink tersebut.

#2 Coba Ping halaman backlink untuk memberi tahu mesin pencari segera

Ping mesin pencari 3 Cara Membuat Backlink Terindeks Google Lebih Cepat 2 Ping mesin pencari

Menurut Blog Genesis, ping (dalam konteks SEO) adalah proses untuk memberi tahu mesin pencari bahwa ada halaman baru yang dibuat dan meminta mereka untuk mengindeksnya.

Kira-kira seperti ini:

“Hei mesin pencari! Saya punya halaman baru (website.com/halaman), coba kamu lihat sekarang!”

Layanan ping gratis seperti Pingler bisa kamu manfaatkan untuk mengindeks halaman pemberi backlink lebih cepat. Namun, harus diingat bahwa ping tidak akan meningkatkan posisi halaman di hasil pencarian.

#3 Gunakan backlink tier kedua untuk mempercepat indeks

Backlink tier 3 Cara Membuat Backlink Terindeks Google Lebih Cepat 3 Backlink tier

Bagi kamu yang belum pernah dengar istilah ini, akan saya gambarkan lewat contoh ringkas.

Tier 1: Website pemberi backlink >Website utama
Tier 2: Website pemberi backlink 2 > Website pemberi backlink 1 > Website utama

Jadi, kamu perlu membuat backlink sekali lagi untuk diindeks oleh Google. Gotch SEO mengatakan ini adalah salah satu taktik terbaik untuk mempercepat proses indeks backlink.

Gunakan saja layanan gratis seperti Blogger.com atau WordPress.com untuk membuat tier kedua. Lalu verifikasi di Search Console, dan fetch link tersebut di sana. Biasanya, dalam hitungan jam backlink sudah langsung ditemukan.

TIPS: Untuk mengetahui apakah backlink sudah terindeks, pergi ke Google Search Console, pilih website utama, kemudian buka menu Links.

Itulah ketiga cara untuk mempercepat indeks backlink. Sejatinya, selama halaman tersebut relevan, tidak ditandai no-index, dan bukan spam, maka Google akan merayapinya segera.

Jadi, langkah-langkah ini bisa dikatakan tidak wajib. Namun boleh dilakukan jika memang diperlukan.