SOFTWARE

3 Cara Restart Chrome Tanpa Kehilangan Tab yang Dibuka

Seringkali kita dihadapkan pada situasi dimana browser Google Chrome harus direstart agar bisa melancarkan sebuah proses instalasi atau memperbaharui sistem.

Tentu kamu tidak ingin tab yang sedang dibuka hilang begitu saja. Namun adakah cara untuk restart Chrome tanpa kehilangan tab yang sebelumnya dibuka?

Kabar baiknya, ada tiga cara yang bisa kamu coba untuk menjaga tab agar tidak hilang ketika Chrome diluncurkan ulang kembali.

Salah satu dari metode berikut mungkin paling cocok untuk mengatasi situasi yang sedang kamu hadapi.

#1 Restart Chrome dengan perintah chrome://restart

Cara termudah untuk restart Chrome tanpa kehilangan tab ialah dengan mengetik chrome://restart kemudian Enter. Seketika Chrome akan menutup dan membuka kembali dengan kondisi tab yang sama.

chrome restart 3 Cara Restart Chrome Tanpa Kehilangan Tab yang Dibuka 1 chrome restart

Namun perlu diingat bahwa Chrome hanya menyimpan URL halaman dan sejumlah elemen yang ada di dalam cache. Dengan kata lain, tab halaman akan dimuat ulang usai Chrome diluncurkan kembali.

Di sisi lain, metode ini tidak cocok untuk skenario tertentu sebab hanya ada jeda sepersekian detik sebelum Chrome kembali berjalan. Maka dari itu, metode sebelumnya mungkin bisa menjadi solusi.

#2 Gunakan CTRL+SHIFT+T untuk membuka kembali tab terdahulu

Sebagai informasi, Chrome akan mengingat deretan tab yang sedang kamu buka ketika kamu menutup browser. Untuk membuka tab tersebut lagi, cukup tekan pintas keyboard CTRL+SHIFT+T ketika Chrome sudah berjalan.

CTRL SHIFT T 3 Cara Restart Chrome Tanpa Kehilangan Tab yang Dibuka 2 CTRL SHIFT T

Sama seperti metode sebelumnya, Chrome hanya mengingat alamat halaman dan sejumlah kecil elemen website sehingga proses muat ulang adalah sesuatu yang tidak terhindarkan.

Di bawah ini ada lagi metode yang serupa dengan CTRL+SHIFT+T namun dengan lebih banyak kapabilitas dan fitur yang sangat membantu pekerjaan.

#3 Simpan tab Chrome dengan ekstensi OneTab

Ekstensi gratis bernama OneTab mampu mengingat semua tab yang ingin kamu simpan. Cukup instal ekstensi tersebut, klik ikon OneTab, maka ia akan meringkas seluruh tab yang sedang dibuka menjadi hanya satu tab saja.

saved tabs OneTab 1 3 Cara Restart Chrome Tanpa Kehilangan Tab yang Dibuka 3 saved tabs OneTab 1

Satu tab tersebut berisi nama halaman dan URL dari tab yang sebelumnya aktif. Cukup klik halaman atau tombol Restore all untuk membukanya kembali.

OneTab juga sering dipromosikan sebagai ekstensi untuk menghemat konsumsi memori yang secara otomatis membuat Chrome lebih cepat dan tidak berat saat digunakan. Tidak ada salahnya untuk memiliki ekstensi ini di browser Chrome kamu.


Demikian cara untuk merestart Google Chrome tanpa kehilangan tab yang dibuka. Semoga membantu dan terimakasih sudah berkunjung 🙂