SOFTWARE

Cara Stop Loading Website di Google Chrome

Pernah tidak sengaja klik link yang memindahkan halaman ke alamat baru?

Kamu selalu bisa kembali untuk mendapatkan halaman awal. Akan tetapi, adakah cara untuk menghentikan proses loading website di Google Chrome?

Tentunya ada! Kamu bisa stop loading website sehingga ia tidak membawamu ke alamat baru yang sedang dituju. Setidaknya ada tiga metode yang bisa kamu coba, satu di antaranya adalah Chrome versi mobile (Android).

#1 Hentikan loading website dengan menekan tombol Esc

Esc Cara Stop Loading Website di Google Chrome 1 Esc

Untuk menghentikan loading website dengan cepat, kamu bisa langsung menekan tombol Esc yang terletak di bagian pojok kiri atas keyboard. Bukan hanya Chrome, cara ini juga berlaku untuk Firefox dan Edge.

Metode ini adalah yang tercepat karena kamu hanya perlu menekan satu tombol saja. Namun jika tombol Esc tidak dapat diakses atau komputer tidak memiliki keyboard, coba metode selanjutnya.

#2 Klik pada tombol silang di browser

Stop button Cara Stop Loading Website di Google Chrome 2 Stop button

Ketika website sedang memuat, akan muncul tombol silang di area kiri atas jendela browser. Klik tombol tersebut untuk menghentikan proses loading.

Cara ini memang terkesan lebih lambat karena ada tiga langkah yang harus ditempuh, bandingkan jika dengan menggunakan keyboard yang hanya satu langkah saja.

#3 Pengguna Chrome mobile tap ikon silang

Ikon silang Chrome Cara Stop Loading Website di Google Chrome 3 Ikon silang Chrome

Pada Google Chrome versi mobile terdapat mekanisme yang sama seperti pada versi desktop. Cukup tap ikon menu di bagian kanan atas lalu tap ikon silang untuk stop loading segera.

Loading sudah berhenti namun halaman tidak merespon?

Dalam beberapa kesempatan, tampilan website membeku dan tidak merespon saat diberi input. Hal ini menandai bahwa tab browser sedang dalam transisi ke halaman selanjutnya, namun prosesnya distop oleh pengguna.

Ini berarti kamu memang sudah meninggalkan halaman awal dan hanya tinggak menunggu render halaman baru. Jika sudah demikian, maka kamu perlu kembali lagi (Backspace). Hal tersebut sangat lumrah terjadi pada jaringan internet yang kencang atau website yang sangat ringan.


Itulah beberapa cara untuk menghentikan proses loading pada Google Chrome. Baca juga 3 Cara Buka Kembali Tab Chrome yang Barusan Ditutup tanpa repot buka Histori.