SOFTWARE

6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC

Sebenarnya, kamu tidak perlu software downloader seperti IDM atau EagleGet, sebab Google Chrome sendiri sudah cukup untuk mengunduh file dari internet.

Harus diakui, Chrome tidak bisa dikatakan yang tercepat. Akan tetapi ada beberapa tips di bawah ini dapat mempercepat proses download file di Chrome versi PC.

Ingin tahu caranya?

Berikut 6 cara mempercepat download di Chrome yang bisa kamu aplikasikan sekarang!

#1 Aktifkan fitur Parallel downloading di Chrome

Parallel downloading merupakan fitur yang saat ini masih eksperimental di Chrome. Menurut KeyCDN, parallel downloading dapat mempercepat proses download sekitar 33%.

Berikut cara mengaktifkan parallel downloading di Chrome PC:

1. Pergi ke chrome://flags/

chrome flags 6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC 1 chrome flags

2. Cari “parallel downloading” di kolom pencarian.

parallel downloading chrome 6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC 2 parallel downloading chrome

3. Kemudian atur Parallel downloading ke Enabled.

parallel downloading aktif 6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC 3 parallel downloading aktif

4. Klik tombol Relaunch untuk merestart Google Chrome.

relaunch chrome 6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC 4 relaunch chrome

5. Setelah ini, kamu akan merasakan proses download yang lebih cepat dari biasanya.

proses download chrome 6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC 5 proses download chrome

Mengingat statusnya yang masih eksperimental, parallel downloading mungkin akan bentrok dengan ekstensi atau fitur lain. Jika kamu menemukan masalah, silahkan set parallel downloading ke default.

#2 Hapus atau nonaktifkan ekstensi yang tidak terpakai

Beberapa ekstensi di Chrome diketahui mengonsumsi cukup banyak sumber daya di sistem latar, termasuk di antaranya bandwidth internet.

Dengan menghapus ekstensi yang tidak terpakai, jaringan internet bisa sepenuhnya difokuskan untuk mengunduh file. Caranya adalah dengan mengunjungi halaman chrome://extensions/ lalu pilih ekstensi apa saja yang ingin dihapus atau dinonaktifkan.

Ekstensi Chrome 6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC 6 Ekstensi Chrome

Jika ekstensi tidak terpakai lagi, dihapus saja. Namun jika masih ingin dipakai di kemudian hari, cukup dinonaktifkan saja melalui tombol tuas di bagian kanan bawah.

#3 Tutup tab browser selama proses download berlangsung

Bukan rahasia lagi bahwa meskipun website sudah sepenuhnya dimuat, terkadang ada sejumlah resources yang masih aktif di latar melakukan transaksi data tanpa disadari pengguna.

Untuk itu, sangat disarankan untuk tidak membuka tab browser yang tidak terlalu penting. Kamu juga bisa memanfaatkan ekstensi bernama OneTab yang bisa meringkas puluhan tab menjadi satu tab saja.

#4 Ada baiknya tinggalkan Chrome untuk fokus mengunduh file

Ini ada kaitannya dengan aktivitas program lain di komputer. Sebab ada banyak program yang juga menggunakan bandwidth internet secara real-time dan mengambil jatah yang seharusnya bisa dipakai oleh Chrome.

Usahakan untuk tidak menjalankan program apapun, khususnya yang memerlukan koneksi internet, seperti layanan cloud atau video game online.

TIPS: Kamu bisa melakukan defrag HDD sembari mendownload file di Chrome. Proses defrag ini dapat membuat komputer lebih cepat, dan di sisi lain tidak menggunakan koneksi internet.

#5 Pastikan selalu menggunakan Chrome versi terbaru

memperbarui Chrome 6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC 7 memperbarui Chrome

Lewat update, Google giat merilis perbaikan, penambahan fitur, dan improvisasi performa di Chrome. Maka dari itu sangat penting untuk selalu update Chrome ke versi terbaru.

Cara update Chrome PC pun sangat mudah, seperti dijelaskan dalam langkah-langkah berikut:

  1. Klik ikon menu di pojok kanan atas Chrome
  2. Pilih Bantuan, lalu Tentang Google Chrome
  3. Tunggu hingga proses download selesai
  4. Luncurkan Ulang Chrome

#6 Sering download file besar? Boleh pakai ekstensi Online Download Manager

ODM 6 Cara Mempercepat Download File di Chrome PC 8 ODM

Khusus untuk kamu yang gemar download file berukuran raksasa, kamu bisa menginstal ekstensi gratis bernama Online Download Manager.

Sederhananya, Online Download Manager (ODM) menggantikan fungsi download bawaan di Chrome. Jadi, semacam ada software downloader khusus di Chrome dalam bentuk ekstensi.

ODM sudah dibekali fitur multi-threaded layaknya IDM, dukungan berbagai jenis format file, dan mampu mendeteksi link download secara otomatis. Di sisi lain, ekstensi ini sendiri sangat ringan dan kecil ukurannya, hanya sekitar 500KB.

Kesimpulan

Berikut ini hasil eksperimen saya ketika mengunduh file dalam mode normal, mode parallel downloading, dan menggunakan ODM.

JenisMode normalParallel downloadingODM
Ukuran file207 MB207 MB207 MB
Waktu download415 detik359 detik268 detik

Terlihat jelas bahwa parallel downloading 25% lebih cepat dari mode normal dan ODM 35% lebih cepat dari mode normal. Jelas bahwa ODM menjadi yang tercepat, namun parallel downloading sudah sangat bagus untuk aktivitas download pada umumnya.

Itulah beberapa tips untuk mempercepat proses download di Google Chrome. Selain itu, menjaga Chrome bersih dari virus juga dapat memperbaiki performa browser yang secara tidak langsung mempengaruhi kecepatan download file.