APLIKASI

5 Cara Mengetahui Kamu Diblokir Seseorang di WhatsApp

WhatsApp menyediakan opsi untuk memblokir nomor tertentu untuk berbagai alasan.

Misal, menghindari spam, menghindari pesan penipuan, atau bahkan hanya sekedar tidak menyukai seseorang.

Siapapun bisa memblokir dan diblokir di WhatsApp. Termasuk kamu sendiri.

Meski pihak WhatsApp tidak memberi tahu jika kamu sudah diblokir, ada beberapa tanda yang menjadi indikasi bahwa kamu sudah diblokir oleh seseorang.

Lantas, apa saja tanda-tanda tersebut? Simak penjelasannya!

#1 Kamu melihat foto profilnya menjadi kosong

cara mengetahui wa diblokir, whatsapp diblokir, ciri wa sedang diblokir,

Tanda pertama yang bisa diketahui dengan jelas adalah foto profil WhatsApp yang berubah ke tampilan bawaan (default). Foto ini hanya menggambarkan figur orang polos dengan latar belakang berwarna abu. Saat kamu tap, kamu tidak akan melihat apa-apa kecuali figur tersebut.

Pengecualian: Beberapa pengguna bisa untuk tidak menggunakan foto profil sama sekali, sehingga satu tanda ini saja tidak cukup untuk mendakwa bahwa kamu sedang diblokir.

#2 Pesan kamu hanya centang satu

cara mengetahui wa diblokir, whatsapp diblokir, ciri wa sedang diblokir, arti centang satu whatsapp

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada artikel Arti Centang WhatsApp, centang satu berarti pesan sudah terkirim ke server WhatsApp namun belum tiba di ponsel penerima (lawan bicara). Jika kamu mengirim pesan dalam waktu lama dan hanya mendapatkan tanda ini, bisa jadi kamu sudah diblokir.

Pengecualian: Ada beberapa situasi lain yang menyebabkan hanya centang satu, seperti ponsel penerima sedang tidak aktif, sedang tidak membuka WhatsApp, atau tidak terhubung ke internet.

#3 Kamu tidak bisa mengetahui Last Seen (Terakhir Dilihat)

cara mengetahui wa diblokir, whatsapp diblokir, ciri wa sedang diblokir, tidak bisa melihat last seen

Last Seen atau Terakhir Dilihat adalah fitur WhatsApp yang berfungsi untuk mengetahui kapan orang tersebut online. Orang yang diblokir tidak akan bisa mengetahui kapan terakhir kali pihak yang memblokirnya aktif di WhatsApp.

Pengecualian: Setiap pengguna WhatsApp bisa mengatur privasi Last Seen menjadi tidak aktif sama sekali sehingga tidak sepenuhnya dapat dikatakan sebagai indikasi bahwa kamu sudah diblokir.

#4 Status WhatsApp-nya tidak terlihat lagi

cara mengetahui wa diblokir, whatsapp diblokir, ciri wa sedang diblokir,

Jika kamu awalnya sering melihat Status dia namun kini tidak melihatnya lagi, ada kemungkinan kamu sudah diblokir.

Pengecualian: Tidak sepenuhnya berarti diblokir sebab ada pengaturan WhatsApp untuk mengecualikan kontak tertentu dari Status sehingga orang yang dikecualikan tidak bisa melihat Statusnya, namun tidak diblokir.

#5 Telepon WhatsApp tidak pernah terhubung

cara mengetahui wa diblokir, whatsapp diblokir, ciri wa sedang diblokir,

Coba telepon (Voice Call) teman yang diduga memblokir kamu, jika setelah sekian lama tak kunjung diangkat dan akhirnya terputus, bisa dibilang kamu diblokir olehnya. Kamu juga akan mendapat hasil yang sama saat mencoba Video Call.

Pengecualian: Telepon yang tidak diangkat bukan berarti diblokir, bisa saja ponselnya sedang tidak aktif atau tidak terhubung ke internet.

Kesimpulan: 5 faktor di atas harus terpenuhi

Pada tiap poin saya menambahkan pengecualian sebagai gambaran skenario bahwa mungkin saja kamu tidak diblokir. Ke-5 tanda di atas harus terpenuhi supaya terbentuk konklusi bahwa kamu diblokir.

Sederhananya, coba jawab beberapa pertanyaan berikut:

1. Apakah kamu bisa melihat foto profilnya?

2. Apakah pesan kamu menjadi centang dua?

3. Apakah kamu bisa melihat kapan terakhir dia online?

4. Apakah kamu bisa melihat Status WhatsApp-nya?

5. Apakah saat ditelepon bisa terhubung?

Jika semua pertanyaan jawabannya Tidak, maka hampir bisa dipastikan bahwa kamu diblokir olehnya.

Namun, jika satu atau lebih pertanyaan di atas jawabannya adalah Ya, bisa jadi kamu tidak diblokir, melainkan hanya pengaturan akunnya saja yang seolah kamu diblokir.

Penyebab WhatsApp kamu diblokir

Ada beragam alasan mengapa seseorang sampai memblokir kamu. Jawaban-jawaban berikut ini mungkin paling relevan dengan situasi kamu:

1. Kamu dianggap terlalu mengganggu – Mungkin kamu sering mengirim pesan yang tidak disukai olehnya, atau bahkan membuat Status yang menyinggung.

2. Kamu tidak sengaja diblokir – Bisa jadi dia sebenarnya ingin memblokir orang lain, namun justru memilih kamu karena nama Kontak yang sama.

3. Dia ingin move on – Khusus untuk orang yang sedang mengalami masalah dalam hubungan, cara terbaik untuk melupakan seseorang adalah dengan meminimalisir segala sesuatu yang berkaitan dengan orang tersebut. Sehingga blokir merupakan opsi yang tidak terelakkan.

Setidaknya itulah tiga alasan paling umum mengapa sampai memblokir seseorang.

Cara agar blokir WhatsApp dibuka

Walaupun WhatsApp kamu diblokir olehnya, masih ada sejumlah cara untuk kembali terhubung. Berikut opsinya:

Coba telepon/SMS – Kamu masih bisa menghubunginya lewat SMS maupun telepon sebab nomornya tetap muncul di Kontak ponsel.

Temui secara langsung – Apabila kamu berhubungan secara real life, coba temui dan tanyakan mengapa kamu tidak bisa menghubunginya lagi via WhatsApp.

Gunakan nomor lain – Cara lainnya adalah dengan menggunakan nomor baru yang tidak diblokir. Tidak perlu simpan nomor Kontak, sebab ada cara untuk mengirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor penerima.

Fitur pemblokiran bersifat satu sisi, sehingga cara untuk membuka blokir hanyalah dengan meminta pihak yang memblokir untuk membukanya kembali.

Demikian 5 cara mengetahui akun WhatsApp kamu diblokir.

Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar! 🙂