APLIKASI

Baru! Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Penerima

Biasanya untuk bisa menghubungi seseorang via WhatsApp pengguna diharuskan menambahkan kontak penerima ke ponsel agar nomornya tertera di aplikasi WhatsApp.

Namun, apakah kita bisa kirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomor kontak terlebih dahulu?

Tentu saja bisa.

Melalui update WhatsApp 2.18.138. sekarang kita bisa mengirim pesan ke pengguna lain tanpa harus menyimpan nomor kontaknya.

Berikut cara chat seseorang di WhatsApp tanpa harus simpan nomor kontak.

Cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor (Android)

1. Buka aplikasi browser di smartphone kamu, misalnya Chrome, Firefox, Opera, atau browser apapun.

2. Masukan alamat wa.me/NomorTujuan lalu kunjungi. Contoh formatnya wa.me/6289604414851

Hilangkan angka nol (0) pertama dengan 62 karena merupakan kode negara. Misalnya nomor 089604414851 diganti menjadi 6289604414851.

Cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor

3. Kamu akan dialihkan ke halaman seperti ini, tap tombol Chat Dengan untuk memulai percakapan.

Cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor

4. Seketika aplikasi WhatsApp akan terbuka, melampirkan jendela percakapan dengan orang yang telah ditulis nomornya tadi. Sampai di sini tinggal tulis pesannya seperti biasa.

Cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor

Saat artikel ini ditulis, fitur mengirim pesan tanpa menyimpan nomor WA baru tersedia di platform Android. Sementara iOS saat dikunjungi format tadi malah diarahkan ke halaman unduhan WhatsApp.

Muncul pesan tautan salah?
Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka harus mencoba metode di atas beberapa kali sampai tombol “Chat Dengan” muncul setelah berkali-kali menerima pesan “Tautan Salah”. Penyebabnya kemungkinan karena background data WhatsApp yang tidak berjalan atau versi aplikasi yang sudah usang.
Alternatif jika WA.ME tidak bekerja?
Jika alamat domain tersebut tidak berfungsi, coba gunakan direct URL ke https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorTujuan. Contohnya seperti ini https://api.whatsapp.com/send?phone=6289604414951
Apakah bisa untuk WhatsApp Web?
Tentu saja bisa dengan catatan kamu harus terhubung ke WhatsApp Web. Sementara itu WhatsApp Desktop tidak memiliki fitur semacam ini.

Aplikasi Android untuk kirim pesan WA tanpa simpan nomor kontak

Aplikasi gratis bernama WhatsDirect didesain secara spesifik untuk mengirim pesan kepada seseorang tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu.

Cukup pasang aplikasinya, jalankan, masukan nomor tujuan dan isi pesan kemudian tap tombol Send untuk mengirim.

Cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor

WhatsDirect juga sudah disertai fitur pendeteksian lokasi sehingga kode negara (62) tidak perlu ditulis lagi.

Menurut pendapat saya, WhatsDirect pada dasarnya adalah pengganti metode wa.me/NomorTujuan. Kamu pun pada akhirnya akan tetap dialihkan ke aplikasi WhatsApp guna mengirim pesan.

Namun jika kamu ingin serba cepat, aplikasi ini secara praktik memang lebih instan dibanding harus mengetik alamat web terlebih dahulu.

WhatsDirect bukanlah aplikasi resmi dari pihak WhatsApp, melainkan dibuat oleh pengembang independen. Meski begitu kredibilitasnya cukup tinggi.

Aplikasi lain yang bisa kamu coba adalah QuickWA. Namun sayang aplikasi ini sudah lenyap dari Play Store dan hanya bisa ditemukan filenya di situs lain.

Oke, itulah cara mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomor tujuan terlebih dahulu.

Semoga membantu 🙂

Baru! Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Penerima
5 (100%) 1 vote