WINDOWS

3 Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan Serta Dampaknya

Memiliki Windows 10 asli memberikan banyak keunggulan seperti pembaharuan rutin oleh Microsoft, keamanan lebih tinggi, dan fitur yang lebih lengkap. Namun bagaimana cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan? Apakah kamu yakin menggunakan Windows 10 original?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Microsoft telah menyediakan beberapa metode untuk melihat apakah Windows 10 kamu merupakan produk resmi atau ilegal.

Oke, sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Perlu diketahui…

Sebenarnya tidak ada yang namanya Windows 10 bajakan.

Microsoft resmi merilis Windows 10 gratis, tapi ada beberapa limitasi seperti tanpa dukungan update rutin, fitur lebih sedikit, dan adanya watermark “Activate Windows” di sisi kanan bawah.

Selebihnya, komputer tetap bisa digunakan secara normal, entah itu untuk mengerjakan tugas, browsing, atau memutar video.

Jika ingin mendapat pengalaman Windows 10 secara maksimal maka kamu perlu melakukan aktivasi alias membeli lisensi original.

Baik, langsung saja menuju tutorial.

#1 Cek Keaslian Windows dengan System Settings

Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan

Cara yang paling sederhana ialah dengan melihat informasi dari System Settings.

Cukup cari Activation melalui menu Start kemudian jalankan programnya. Pada kolom Activation kamu bisa melihat apakah Windows 10 sudah diaktivasi beserta jenis lisensi yang dipakai.

Jika tertulis pesan “Windows is not activated” itu artinya tidak ada lisensi valid yang dipakai pada komputer kamu.

#2 Cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan via CMD

Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan

Kamu juga bisa melihat status aktivasi Windows melalui perintah di Command Prompt (CMD).

Pertama, cari CMD lewat menu start kemudian jalankan programnya. Setelah itu ketikan perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

slmgr /xpr

Sesaat setelah diproses, akan muncul pesan terkait status aktivasi. Jika bertuliskan “The machine is permanently activated” itu berarti Windows yang dipakai adalah original dan kamu akan mendapat update seumur hidup oleh Microsoft.

#3 Cara mengetahui kode aktivasi Windows 10

cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan

Kode lisensi atau Product ID merupakan identitas setiap komputer yang sudah teraktivasi.

Untuk melihatnya, silahkan menuju Windows Explorer. Klik kanan pada This PC lalu pilih Properties. Lihat pada sesi Windows activation, di sana tertera kode dan status aktivasi.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin kamu tanyakan terkait Windows 10 asli atau bajakan.

Apakah keygen membuat Windows 10 jadi asli?

Tidak. Aplikasi keygen atau crack atau semacamnya tidak akan membuat Windows 10 jadi asli. Itu hanya menghilangkan watermark aktivasi dan membuka sejumlah fitur yang dikunci. Kamu juga tetap tidak akan mendapat layanan utama, yakni Windows Update.

Bagaimana dengan komputer/laptop yang dari sananya sudah pakai Windows 10?

Jika kamu membeli satu paket komputer atau laptop baru yang sudah terpasang Windows 10, bisa dipastikan lisensinya original (OEM) dan kamu tetap akan mendapat keunggulan Windows Update. Pihak Microsoft tidak akan memberikan layanan teknis, semuanya bergantung pada si manufaktur perangkat.

Apakah lisensi OEM mendapat dukungan dari Microsoft?

Dukungan berupa update fitur dan keamanan, ya. Tetapi jika terjadi masalah teknis, yang bisa kamu tanyakan adalah manufaktur perangkat tersebut.

Apakah mengganti lisensi bisa mengganti versi Windows 10 juga?

Tentu saja. Jika kamu menggunakan Windows 10 Home lalu membeli lisensi Windows 10 Pro, maka sistemnya akan berubah menjadi Windows 10 Pro.

Apa yang terjadi jika pengguna Windows 10 bajakan melakukan aktivasi?

Jika kamu menggunakan Windows 10 bajakan, lalu melakukan aktivasi lisensi original, maka sistem segera melakukan update agar mendapat segala pembaharuan dari Microsoft. Biasanya program crack yang sebelumnya dipakai juga lenyap karena dianggap malware, jadi tidak perlu repot instal ulang.

Jadi, apakah selama ini kamu adalah pengguna Windows 10 asli?

Untuk yang bajakan, apakah ada rencana untuk membeli lisensi original? Tulis pengalamanmu!

Ayo! Beri penilaian terhadap artikel ini!

Rating / 5. Jumlah penilaian:

1 Comment