WINDOWS

3 Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan Serta Dampaknya

Memiliki Windows 10 asli memberikan banyak keunggulan seperti pembaharuan rutin oleh Microsoft, keamanan lebih tinggi, dan fitur yang lebih lengkap. Namun bagaimana cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan? Apakah kamu yakin menggunakan Windows 10 original?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Microsoft telah menyediakan beberapa metode untuk melihat apakah Windows 10 kamu merupakan produk resmi atau ilegal.

Oke, sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Perlu diketahui…

Sebenarnya tidak ada yang namanya Windows 10 bajakan.

Microsoft resmi merilis Windows 10 gratis, tapi ada beberapa limitasi seperti tanpa dukungan update rutin, fitur lebih sedikit, dan adanya watermark “Activate Windows” di sisi kanan bawah.

Selebihnya, komputer tetap bisa digunakan secara normal, entah itu untuk mengerjakan tugas, browsing, atau memutar video.

Jika ingin mendapat pengalaman Windows 10 secara maksimal maka kamu perlu melakukan aktivasi alias membeli lisensi original.

Baik, langsung saja menuju tutorial.

#1 Cek Keaslian Windows dengan System Settings

Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan

Cara yang paling sederhana ialah dengan melihat informasi dari System Settings.

Cukup cari Activation melalui menu Start kemudian jalankan programnya. Pada kolom Activation kamu bisa melihat apakah Windows 10 sudah diaktivasi beserta jenis lisensi yang dipakai.

Jika tertulis pesan “Windows is not activated” itu artinya tidak ada lisensi valid yang dipakai pada komputer kamu.

#2 Cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan via CMD

Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan

Kamu juga bisa melihat status aktivasi Windows melalui perintah di Command Prompt (CMD).

Pertama, cari CMD lewat menu start kemudian jalankan programnya. Setelah itu ketikan perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

slmgr /xpr

Sesaat setelah diproses, akan muncul pesan terkait status aktivasi. Jika bertuliskan “The machine is permanently activated” itu berarti Windows yang dipakai adalah original dan kamu akan mendapat update seumur hidup oleh Microsoft.

#3 Cara mengetahui kode aktivasi Windows 10

cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan

Kode lisensi atau Product ID merupakan identitas setiap komputer yang sudah teraktivasi.

Untuk melihatnya, silahkan menuju Windows Explorer. Klik kanan pada This PC lalu pilih Properties. Lihat pada sesi Windows activation, di sana tertera kode dan status aktivasi.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin kamu tanyakan terkait Windows 10 asli atau bajakan.

Apakah keygen membuat Windows 10 jadi asli?

Tidak. Aplikasi keygen atau crack atau semacamnya tidak akan membuat Windows 10 jadi asli. Itu hanya menghilangkan watermark aktivasi dan membuka sejumlah fitur yang dikunci. Kamu juga tetap tidak akan mendapat layanan utama, yakni Windows Update.

Bagaimana dengan komputer/laptop yang dari sananya sudah pakai Windows 10?

Jika kamu membeli satu paket komputer atau laptop baru yang sudah terpasang Windows 10, bisa dipastikan lisensinya original (OEM) dan kamu tetap akan mendapat keunggulan Windows Update. Pihak Microsoft tidak akan memberikan layanan teknis, semuanya bergantung pada si manufaktur perangkat.

Apakah lisensi OEM mendapat dukungan dari Microsoft?

Dukungan berupa update fitur dan keamanan, ya. Tetapi jika terjadi masalah teknis, yang bisa kamu tanyakan adalah manufaktur perangkat tersebut.

Apakah mengganti lisensi bisa mengganti versi Windows 10 juga?

Tentu saja. Jika kamu menggunakan Windows 10 Home lalu membeli lisensi Windows 10 Pro, maka sistemnya akan berubah menjadi Windows 10 Pro.

Apa yang terjadi jika pengguna Windows 10 bajakan melakukan aktivasi?

Jika kamu menggunakan Windows 10 bajakan, lalu melakukan aktivasi lisensi original, maka sistem segera melakukan update agar mendapat segala pembaharuan dari Microsoft. Biasanya program crack yang sebelumnya dipakai juga lenyap karena dianggap malware, jadi tidak perlu repot instal ulang.

Jadi, apakah selama ini kamu adalah pengguna Windows 10 asli?

Untuk yang bajakan, apakah ada rencana untuk membeli lisensi original? Tulis pengalamanmu!

31 Comments

  • Apakah kalau beli laptop baru dah ada windows 10 home dah ga perlu di apa2in lagi? Artinya dah bisa langsung di pakai dan ga beli perangkat lain lagi? Trim,s penjelasanya.

    • Halo Sunaryo, betul sekali. Perangkat tersebut sudah mendapatkan lisensi Windows 10 Home OEM (bawaan pabrik) sehingga sudah siap pakai dan bisa menerima pembaharuan resmi dari Microsoft. Sementara untuk support bisa ditanyakan ke manufaktur perangkat.

  • setiap shutdown kan ada tulisan update and shutdown, kalo nggak ori nggak ada pemberitahuan updatenya lagi ya?

    • Halo Bayu, soal adanya peringatan update semacam itu sifatnya sangat dinamis. Jika memang ada pembaharuan yang sudah didownload, maka opsi semacam itu kemungkinan akan muncul.

      Tetapi ini juga bergantung pada pengaturan pengguna. Bisa saja Windows 10 original tidak menampilkan “Update & Shutdown” karena fitur upload diblokir oleh penggunanya sendiri.

      Satu yang pasti, Windows 10 yang tidak asli tidak akan mendapat update.

    • Halo Imel,

      Windows versi tidak asli maupun yang belum memiliki kode lisensi tetap bisa menggunakan program apapun seperti biasanya.

  • Di windows 10 ori sy, sy mematikan auto update, namun saat terhubung ke internet pasti terupdate otomatis. Jadi perbedaan utama windows 10 ori dan bajakan adalah yg bajakan gk dapat update?

    • Halo Sari,

      Saya pernah dengar bahwa Windows 10 asli yang mematikan auto-update tetap “dipaksa” menerima update dari Microsoft. Sementara itu Windows 10 bajakan tidak akan bisa menerima update. Namun ada kabar bahwa nantinya Microsoft akan memberikan update pada versi bajakan sekalipun. Jadi, bisa saja definisi Windows 10 ori dan bajakan menjadi samar-samar di masa mendatang.

  • di laptop saya,setelah di cek melalui cmd yang mulcul “Core Edition”,bukan “Professional Edition”
    apakah beda?

  • Assalamualaikum , saya mau bertanya , saya coba cek windows saya seperti diatas tidak muncul pemberitahuan seperti di cmd , sehingga saya menganggap bahwa windows saya bajakan , tapi pernah waktu saya sambung ke internet saya mendapatkan pemberitahuan Windows update dan saya update , saya takut karena saya menganggap windows saya bajakan dan teman saya mengatakan bahwa setelah diupdate windows saya akan terdeteksi bajakan dan akan diblokir , tetapi setelah saya selesai update dan restart , kok alhamdulillah normal dan sudah terupgrade dan data saya aman dan keterangan pada pc properties “windows is activate ” jadi kesimpulannya windows saya itu ori atau tidak ya karena juga sempat ada pemberitahuan activate windows dan sempat saya crack , mohon penjelasannya , terimakasih

    • Halo Khanafi,

      Dari situasi di atas, saya cukup yakin kamu menggunakan Windows 10 asli karena bisa menerima update. Windows 10 bajakan biasanya sudah diblokir fitur update-nya.

      Semoga menjelaskan.

  • Permisi saya mau tanya. Sebelumnya saya memakai Windows ori tapi kena install ulang sama toko komputer yang dimana saya cuma minta install ulang Word, apakah Windows ori nya hilang dan diganti dengan Windows bajakan?

    • Halo Wikrama,

      Jika serial number Windows 10 masih ada, berarti masih menggunakan Windows 10 asli. Coba tanya ke toko komputer terkait bagaimana cara mereka menginstal ulang dan pastikan juga bahwa Windows 10 yang mereka instal adalah asli agar tetap bisa mendapatkan update resmi.

      Semoga membantu 🙂

      • Permisi saya mau tanya. kan saya sudah coba cek pakai cmd itu tapi hasilnya tidak muncul dan malah ada pemberitahuan bahwa windows saya dinonaktifkan sama smadav. Apakah itu artinya windows saya tidak bisa diupgrade lagi. Mohon bantuannya

        • Halo Hanj,

          Coba nonaktifkan Smadav dan lakukan sekali lagi. Tidak jarang antivirus bisa memblokir akses tertentu pada Windows.

  • Mau tanya klau habis install ulang tetap windows 10 home (OEM), cara aktivasi ulangnya gimna ya?

    • Halo Andi,

      Windows 10 OEM tidak perlu melakukan aktivasi ulang secara manual. Lisensi itu sudah tertanam di perangkat komputer.

  • Hallo, saya mau nanya

    saya beli laptop dengan windows original yang sudah terinstall, kalo saya ingin pasang ssd, apakah windows original bisa di pindahkan ke ssd dan tetap original?

    • Halo Ichsan,

      Biasanya lisensi Windows 10 pada laptop sudah “tertanam” di dalam sistem. Namun apakah lisensi itu tertanam pada penyimpanan atau prosesor, itu pertanyaan yang tidak bisa saya jawab. Alangkah baiknya untuk bertanya pada pihak manufaktur sebelum melakukan upgrade.

  • saya mau bertanya, apakah bisa lisensi retail atau FPP itu digunakan lebih dari satu perangkat sacara bersamaan?, atau lisensi retail ini hanya bisa digunakan untuk 1 perangkat saja?

    • Halo Erwin,

      Lisensi FPP bisa ditransfer ke komputer baru, namun lisensi di komputer lama menjadi hangus. Pastikan boks dan dokumen pembelian disimpan dengan baik karena itu adalah bukti bahwa kamu membeli versi original.

  • heran saya kelebihannya jd nya apa…? y saya tau ya y pakai windows ori itu bisa membaca perangkat ori y dia kasih mis ada 2 laptop dua2nya d pakai ori maka tdk perlu team viewer itu baru kelebihan ini y buat tulisan bukan punya sendiri ori jd brantakan infonya

    • Halo,

      Windows versi asli dan tidak asli memang sekilas hanya terlihat pada keberadaan lisensi dan sejumlah fitur saja. Namun di luar itu, Windows tetap berfungsi normal. Bahkan suatu saat Microsoft akan membagikan Windows 10 secara cuma-cuma. Saya tidak tahu kapan akan dilakukan, namun berbagai berita seputar Windows mengarahkan ke hal tersebut. Mungkin saja sudah terjadi, atau mungkin belum terjadi.

      Mungkin ini bisa membantu https://digg.com/video/why-microsoft-is-giving-away-windows-10-for-free