Cara Update Aplikasi Windows 10 ke Versi Terbaru

Aplikasi modern umumnya tidak hanya dibuat sekali dan tidak pernah diperhatikan lagi oleh pengembangnya. Sebaliknya, aplikasi tersebut akan menerima pembaruan (update) secara berkala untuk memastikan keamanan, perbaikan bug, hingga penambahan fitur baru demi menjaga relevansi aplikasi.

Pada Windows 10, beberapa aplikasi dirancang untuk diperbarui secara otomatis tanpa diketahui oleh penggunanya. Namun tergantung dari jenis jaringan, pengaturan sistem, dan faktor lain, aplikasi mungkin hanya bisa diperbarui secara manual, alias memerlukan intervensi si pengguna sendiri.

Lantas, bagaimana cara update aplikasi di Windows?

Berikut ini adalah panduannya untuk aplikasi berbasis UWP dan Win32. Informasi lebih lanjut akan dijelaskan di masing-masing bagian.

Cara update aplikasi yang didapat dari Microsoft Store (UWP)

Aplikasi UWP (Universal Windows Platform) merupakan aplikasi yang hanya bisa didapatkan lewat Microsoft Store. Manajemen aplikasi ini relatif lebih sederhana karena pembaruannya bisa dilakukan secara massal lewat Microsoft Store. Berikut caranya.

1. Luncurkan program Microsoft Store di laptop/PC kamu.

microsoft store Cara Update Aplikasi Windows 10 ke Versi Terbaru 1 microsoft store

2. Kemudian klik menu Library.

library Cara Update Aplikasi Windows 10 ke Versi Terbaru 2 library

3. Untuk mendapatkan pembaruan, klik Get updates.

get updates Cara Update Aplikasi Windows 10 ke Versi Terbaru 3 get updates

4. Sistem akan mencari potensi update dan apabila tersedia, pengunduhan akan dimulai secara otomatis. Kamu hanya perlu menunggunya hingga selesai.

downloading update Cara Update Aplikasi Windows 10 ke Versi Terbaru 4 downloading update

Sejumlah aplikasi yang erat kaitannya dengan sistem operasi (first-party apps) umumnya akan ikut diperbarui bersamaan dengan Windows Update. Untuk itu, pastikan selalu melakukan update Windows 10 secara teratur.

Cara update aplikasi biasa (Win32)

Aplikasi Win32 merupakan aplikasi biasa yang umumnya didapatkan lewat Installation Wizard. Aplikasi jenis ini tidak ditemukan di Microsoft Store, melainkan diunduh dari internet file setup-nya. Karena tidak ada unifikasi antar aplikasi, cara memperbaruinya pun sangat bervariasi.

Namun berikut ini adalah beberapa cara update aplikasi biasa yang bisa kamu coba.

#1 Cari di menu “Update”

check for update filmora Cara Update Aplikasi Windows 10 ke Versi Terbaru 5 check for update filmora

Hampir semua aplikasi memiliki menu “Update” yang didedikasikan untuk memeriksa pembaruan secara daring.

#2 Atau coba menu “About”

about Cara Update Aplikasi Windows 10 ke Versi Terbaru 6 about

Sejumlah aplikasi tidak memiliki menu “Update” namun masih menyertakan fungsinya di halaman “About” yang berisi tentang deskripsi aplikasi. Pastikan kamu juga memeriksa menu ini.

#3 Periksa tombol update dengan jeli

update available Cara Update Aplikasi Windows 10 ke Versi Terbaru 7 update available

Terakhir, tidak jarang tombol update tidak disembunyikan dimana-mana, melainkan tampil di depan mata. Perhatikan tampilan aplikasi secara teliti dan lihat apakah ada update tersedia.


Dan itulah cara memperbarui aplikasi di Windows 10. Seperti yang sudah dijelaskan, pembaruan aplikasi UWP relatif lebih cepat dan dapat terjadi secara otomatis di sistem latar. Apabila kamu menyukai karakteristik ini, tidak ada salahnya mulai beralih aplikasi yang tersedia di Microsoft Store.

Leave a Comment

Your email address will not be published.