WINDOWS

5 Cara Screenshot Windows 10 yang Paling Mudah Tanpa Software

Screenshot atau tangkapan layar merupakan salah satu fitur yang juga hadir pada Windows 10, setelah sukses di sistem operasi sebelumnya. Microsoft tidak hanya mewarisi kemampuan ini, tetapi juga memperbaikinya sehingga kian mudah digunakan.

Cara screenshot Windows 10 kurang lebih sama dengan Windows 7 dan Windows 8, namun terdapat beberapa kelebihan yang meminimalisir pekerjaan.

Berikut adalah 5 cara screenshot di Windows 10 tanpa software tambahan yang bisa kamu coba untuk berbagai keperluan.

5 Cara Screenshot Windows 10

#1. Screenshot keseluruhan layar dengan tombol PrintScreen

Cara yang paling klasik ialah menekan tombol PrintScreen untuk menangkap seluruh tampilan layar, kemudian jalankan aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop untuk Paste (CTRL+V).

Oh ya, kamu juga bisa menempel screenshot pada aplikasi yang memungkinkan penempatan gambar seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya.

Pada keyboard konvensional, tombol PrintScreen terletak di sisi atas setelah F12. Terkadang labelnya juga disingkat menjadi PrtScn atau PS.

Sementara pada laptop, keyboard biasanya menjadi lebih minimalis namun tombol PrintScreen tetap ada. Kamu hanya perlu sedikit lebih teliti untuk menemukannya.

#2. Screenshot jendela yang aktif dengan ALT+PrintScreen

Sama dengan cara sebelumnya, namun dengan tambahan kombinasi tombol ALT. Dengan menekan ALT+PrintScreen, Windows 10 hanya akan menangkap jendela yang aktif dan mengabaikan yang lainnya.

Selanjutnya hasil tangkapan layar bisa kamu paste di aplikasi lain seperti Paint, Microsoft Word, atau Photoshop.

#3. Screenshot layar langsung tersimpan otomatis

Kedua cara sebelumnya masih membutuhkan fitur Paste untuk menampilkan screenshot. Kabar baiknya, kamu bisa memanfaatkan kombinasi tombol WINDOWS+PrintScreen untuk menyimpan screenshot secara otomatis.

Lokasi penyimpanan terdapat di C:\Users\NamaKomputerKamu\Pictures\Screenshots. Sayangnya kamu tidak bisa mengubah direktori penyimpanan ini.

Sebagai tambahan WINDOWS+ALT+PrintScreen juga akan menyimpan hasil screenshot pada jendela aktif secara otomatis. Opsi yang satu ini sangat direkomendasikan ketika kamu sedang bermain video game.

#4. Menggunakan Snipping Tool untuk screenshot

Snipping Tool merupakan software bawaan legendaris untuk menangkap tampilan monitor. Kamu bisa menemukannya di menu Start dengan mencari kata kunci “Snipping Tool”. Setelah dijalankan, klik New untuk memulai screenshot.

Lewat aplikasi ini, lokasi penyimpanan bisa dipilih secara manual. Bahkan kamu bisa melakukan pengeditan minor seperti menghapus elemen tertentu, menandai screenshot, dan highlighter (stabilo).

#5. Screenshot menggunakan Screen Sketch

Screen Sketch terbilang sebagai salah satu kemampuan baru Windows 10 yang sangat membantu. Cukup menekan tombol WINDOWS+W kamu akan mendapatkan preview screenshot di sisi kanan layar berjudul Screen Sketch.

Screen Sketch sudah menunjang beberapa fungsi dasar dari editor gambar, seperti markingcrop, highlightereraser, dan tentunya direktori penyimpanan yang bisa dipilih secara manual.

Mungkin tidak semua pengguna Windows 10 memiliki aplikasi ini mengingat kehadirannya muncul lewat Windows Update. Jadi, pastikan sistem operasi selalu diperbaharui, atau kamu bisa mencari Screen Sketch via Microsoft Store.

Tidak bisa menggunakan PrintScreen di laptop, bagaimana solusinya?
Beberapa laptop mengharuskan kamu menekan tombol Fn untuk mengaktifkan PrintScreen. Misalnya Fn+PrintScreen atau ALT+Fn+PrintScreen, dan sebagainya.
Kombinasi WINDOWS+ALT+PrintScreen tidak berfungsi?
Coba terlebih dahulu mengaktifkan Game Bar dengan menekan tombol WINDOWS+G.
Saya tidak menemukan aplikasi Snipping Tool?
Kemungkinan Microsoft sudah menghapusnya dan menggantinya dengan Screen Snip yang lebih modern. Untuk menggunakan Screen Snip, gunakan shortcut WINDOWS+SHIFT+S.

 

Oke, dari 5 cara screenshot Windows 10 di atas, mana yang menjadi favorit kamu?