Cara Menampilkan Subtitle di YouTube yang Tidak Ada CC

Subtitle atau kadang disebut Closed Caption (CC) memungkinkan penonton video untuk mendapatkan informasi tambahan berupa teks di layar. Teks ini biasanya merefleksikan dialog dan konteks tambahan yang mungkin terlewat oleh indra pendengaran. Dan bagi sebagian orang, mengonsumsi media dengan cara seperti ini jauh lebih difavoritkan.

Meski YouTube sudah menyediakan opsi CC dan ekstra fitur bertajuk auto-generated CC, tidak jarang ia absen dari sebuah video. Penyebabnya bisa beragam, entah karena algoritma mendeteksi bahasa, atau memang si pengunggah video mematikan fungsi CC.

Apapun itu alasannya, hal ini mengorbankan kenyamanan pengguna.

Google merilis fitur Live Caption untuk Chrome PC

Kabar baik untuk pengguna browser Chrome versi PC/laptop, Google baru saja merilis fitur Live Caption atau Teks Otomatis yang mampu mencetak teks berdasarkan dialog yang terucap pada sebuah video. Subtitle ini tampil otomatis sembari video diputar, bahkan ketika fitur CC di YouTube tidak aktif sekalipun.

Namun selain keterbatasan platform, fitur ini baru menyediakan Bahasa Inggris saja. Untuk Bahasa Indonesia sayangnya belum ada kabar, setidaknya hingga artikel ini ditulis.

Cara menampilkan subtitle YouTube tanpa CC

1. Buka video YouTube menggunakan Chrome PC.

video youtube 1 Cara Menampilkan Subtitle di YouTube yang Tidak Ada CC 1 video youtube 1

2. Di bagian atas kanan browser, klik ikon musik kemudian aktifkan Teks Otomatis.

kontrol musik Cara Menampilkan Subtitle di YouTube yang Tidak Ada CC 2 kontrol musik

3. Tunggu proses pengunduhan data bahasa selesai.

mendownload Cara Menampilkan Subtitle di YouTube yang Tidak Ada CC 3 mendownload

4. Sekarang, teks subtitle akan muncul secara otomatis ketika video diputar.

teks otomatis Cara Menampilkan Subtitle di YouTube yang Tidak Ada CC 4 teks otomatis

Untuk menonaktifkan Teks Otomatis, cukup tekan tanda ( x ) pada jendela subtitle atau matikan langsung lewat kontrol bertanda musik.

Keunggulan dari fitur Teks Otomatis ini ialah kemampuannya bekerja di luar dari platform seperti YouTube. Teks Otomatis bisa menampilkan subtitle dari website apapun, bahkan video dan audio offline sekalipun. Ini karena kerja algoritma berlangsung di browser dan tidak bergantung pada internet.

Namun, seperti yang sudah diutarakan, Teks Otomatis baru tersedia untuk Bahasa Inggris. Bahasa lain tampaknya harus menunggu lebih lama sembari Google menyempurnakan fitur ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.