APLIKASI INTERNET

Cara Mudah Atur Equalizer Musik di Youtube (Android & PC)

Salah satu konten terpopuler di Youtube adalah video musik.

Tidak heran jika banyak orang berusaha melakukan kustomisasi pada efek suara agar musik yang diputar terdengar lebih nyaman untuk dinikmati.

Beberapa speaker komputer sudah dibekali software equalizer sehingga profil musik pun bisa diatur dengan mudah.

Namun bagi yang tidak memiliki software semacam itu, kamu bisa menggunakan ekstensi browser untuk equalizer musik di Youtube versi desktop dan aplikasi equalizer untuk Youtube versi Android.

Lantas, bagaimana caranya?

Cara equalizer Youtube di Chrome

Untuk pengguna Google Chrome, sebetulnya ada banyak ekstensi equalizer di luar sana. Namun dalam artikel ini areanya saya persempit menjadi hanya 2 ekstensi yang menurut saya cukup relevan. Apa saja?

Bagi kamu yang belum mengetahui cara memasang ekstensi browser, disarankan melihat cara instal ekstensi di Google Chrome.

Equalizer for Chrome

Cara Equalizer Youtube

Ekstensi ini sekilas mirip dengan Audio EQ yang sudah lama tidak diperbaharui. Equalizer for Chrome tampil dengan desain yang lebih nyaman, peningkatan preset suara, serta kontrol yang cukup lengkap.

Fitur yang paling saya sukai sendiri adalah adanya preset seperti akustik, bass, elektronik, piano, pop, RnB, rock, dan sebagainya. Dengan begitu saya bisa secara instan memilih profil equalizer berdasarkan genre musik.

Cara Equalizer Youtube

Akan tetapi, ekstensi ini tidak cocok untuk kamu yang gemar berpindah-pindah genre musik. Sebab profil equalizer bersifat statis yang artinya akan tetap sama di video musik manapun.

Selain itu, beberapa kali saya juga mendapatkan suara musik yang agak glitchy ketika sedang berpindah tab. Ini tidak secara konsisten terjadi, namun sebetulnya cukup mengganggu.

Equalizer for Chrome

thumbs-up-icon
Kelebihan
  • Tampilan mudah dipahami
  • Puluhan preset equalizer
  • Konsumsi CPU rendah

thumbs-down-icon
Kekurangan
  • Preset bersifat statis
  • Musik terkadang agak glitchy saat berpindah tab

Ears: Bass Boost, EQ Any Audio!

Cara Equalizer Youtube

Boleh dibilang, Ears: Bass Boost, EQ Any Audio! lebih advanced dibanding tools sebelumnya. Bagaimana tidak, ekstensi ini memberikan fleksibilitas dalam mengatur setiap preset dalam equalizer.

Dibekali Spectrum Visualizer yang menggambarkan bagaimana dentuman suara berubah setiap waktu ketika kamu mengubah equalizer. Setiap preset yang dibuat juga dapat disimpan untuk kemudian dipakai di musik lainnya.

Cara Equalizer Youtube

Tak ada gading yang tak retak, ekstensi ini memiliki kekurangan pada opsi preset bawaan. Bagi kamu yang tidak paham cara mengatur equalizer, mungkin ini bukan ekstensi yang tepat.

Namun Ears Audio menawarkan layanan premium seharga $0,99/bulan yang menghadirkan lebih banyak fitur, database preset, dan sinkronasi preset di banyak komputer.

Ears: Bass Boost, EQ Any Audio!

thumbs-up-icon
Kelebihan
  • Pengaturan preset lebih leluasa
  • Adanya Spectrum Visualizer
  • Mendukung semua website

thumbs-down-icon
Kekurangan
  • Tidak ada preset bawaan

Cara equalizer Youtube di Android

Khusus untuk aplikasi Youtube di Android, saya agak kesulitan menemukan aplikasi equalizer yang bukan hanya sesuai, namun juga bisa diakses via Notification Bar.

Sebab kita semua tahu bahwa video Youtube tidak bisa berjalan di background. Maka dari itu satu-satunya cara mengatur equalizer secara real-time adalah melalui Notification Bar (swipe menu dari atas)

Berikut ini 2 aplikasi equalizer terbaik yang sudah saya coba.

Equalizer & Bass Booster

Aplikasi ini cukup signifikan memperbaiki kualitas suara secara otomatis ketika musik diputar. Meski begitu, kamu tetap bisa mengubah preset sendiri dengan cara mengakses tampilan aplikasi via Notification Bar.

Pada varian gratis, Equalizer & Bass Booster menyediakan sejumlah preset seperti classical, dance, flat, folk, heavy metal, hip hop, jazz, pop, dan rock. Tentu saja, masing-masing preset juga bisa diubah levelnya sesuai keinginan.

Sayang, preset yang sudah diubah tidak bisa disimpan untuk kemudian dijadikan sebagai preset baru. Fitur seperti itu hanya ada di versi Pro yang dijual seharga Rp 33.000.

Menurut saya pribadi, harga tersebut sebenarnya rasional karena memang kemampuan yang diberikan cukup memuaskan.

Equalizer & Bass Booster

thumbs-up-icon
Kelebihan
  • Pengaturan sederhana dan mudah dimengerti
  • Kustomisasi preset
  • Mengaplikasikan preset terbaik secara otomatis

thumbs-down-icon
Kekurangan
  • Tidak ada opsi menyimpan preset

Music Equalizer

Aplikasi selanjutnya adalah Music Equalizer yang mana sedikit lebih ringan ketimbang aplikasi sebelumnya. Music Equalizer menyediakan sejumlah preset dasar yang juga bisa diubah sesuai selera pengguna.

Kelebihannya, preset yang sudah diubah dapat disimpan sebagai preset baru sehingga bisa dipakai kembali di lain waktu tanpa repot harus mengatur ulang level equalizer.

Tampilan aplikasi sangat minimalis dan hanya menghadirkan beberapa fitur dasar dari sebuah tools equalizer. Mungkin kelemahan utama aplikasi ini ada pada UI yang sedikit kurang rapi, namun menurut saya pribadi, hal tersebut tidak teramat mengganggu.

Music Equalizer

thumbs-up-icon
Kelebihan
  • Kustomisasi preset
  • Preset baru bisa disimpan
  • Tampilan sederhana dan ringan
  • Berjalan otomatis saat boot

thumbs-down-icon
Kekurangan
  • UI sedikit kurang rapi

Nah, itulah beberapa ekstensi Chrome dan aplikasi Android yang menunjang kebutuhan equalizer khususnya saat memutar musik di Youtube.

Kalau boleh tahu, musik apa saja yang membuat kamu sampai harus atur equalizer? 😃

Tulis di kolom komentar! 😊