GAME

5 Tips Main GTA V Lancar di PC Low-Spec

Punya komputer low-spec tapi mau main GTA V?

Kamu tidak sendirian.

Faktanya ada jutaan komputer dan laptop berspesifikasi rendah yang secara teknis kurang mumpuni untuk memainkan game open-world besutan Rockstar tersebut.

Alih-alih upgrade hardware hardware, kamu bisa melakukan beberapa cara yang terbukti mendongkrak performa GTA V khususnya untuk komputer non-gaming.

CATATAN: Tips berikut ini ditujukan untuk komputer yang telah menyentuh spesifikasi minimum GTA V.

#1 Manfaatkan NVIDIA GeForce Experience

GeForce Experience e1588425742983 5 Tips Main GTA V Lancar di PC Low-Spec 1 GeForce Experience e1588425742983

NVIDIA GeForce Experience adalah program yang berguna memilih pengaturan grafis paling optimal berdasarkan kemampuan hardware komputer.

Dengan begitu, pemain dapat menikmati grafis tertinggi selagi menjaga frame rate paling stabil. Program ini tersedia gratis baik untuk pengguna kartu grafis NVIDIA, AMD, maupun Intel. Bukan cuma GTA V, ada beragam game populer lain yang sudah didukung GeForce Experience.

Download NVIDIA GeForce Experience

#2 Selalu gunakan Razer Cortex saat bermain GTA V

Razer Cortex 5 Tips Main GTA V Lancar di PC Low-Spec 2 Razer Cortex

Razer Cortex adalah software wajib sebelum kamu bermain game. Pada dasarnya, Razer Cortex berfungsi “memadamkan” sejumlah program latar sehingga performa komputer dapat dimaksimalkan pada game saja.

Program ini sangat berguna bagi kamu yang mempunyai RAM kecil atau sering mengalami lag ketika bermain game. Razer Cortex juga sudah dibekali opsi untuk menampilkan frame rate selama permainan.

Download Razer Cortex

#3 Pastikan komputer tetap dingin

SpeedFan 5 Tips Main GTA V Lancar di PC Low-Spec 3 SpeedFan

Komputer modern akan secara otomatis melakukan throttle atau mengurangi beban kerja akibat panas berlebih. Ini berguna untuk mencegah kerusakan hardware.

Pastikan komputer kamu memiliki sirkulasi udara yang baik dan rajin dibersihkan dari debu. Menambah kipas atau cooling pad untuk laptop juga sangat membantu mencegah peningkatan suhu yang signifikan.

Saya juga sudah membuat artikel tentang 9 tips agar tidak cepat panas ketika main game berat.

#4 Aktifkan Ultimate Performance di Windows 10

Ultimate Performance 5 Tips Main GTA V Lancar di PC Low-Spec 4 Ultimate Performance

Windows 10 dibekali fitur “Ultimate Performance” yang sederhananya meningkatkan kinerja hardware pada potensi maksimalnya. Praktik ini memang akan membuat komputer lebih bertenaga, namun dengan konsekuensi konsumsi daya menjadi lebih boros.

Karena bagian ini agak panjang, saya sudah menyediakan artikel cara mengaktifkan Ultimate Performance di Windows 10.

Oh ya, tips ini hanya untuk komputer desktop, ya. Untuk laptop dan notebook tidak dianjurkan.

#5 Lakukan defrag HDD atau Optimize SSD

Optimize Drives 5 Tips Main GTA V Lancar di PC Low-Spec 5 Optimize Drives

Pengguna komputer dengan hard disk drive (HDD) harus selalu rutin melakukan defragment. Dengan begitu, proses loading pada game menjadi lebih cepat dan bahkan terhindar dari masalah minor seperti lag, tekstur yang hilang, atau bahkan crash.

Sementara pada SSD hanya perlu melakukan Optimize saja (Windows 10 secara otomatis mengerti dan tidak akan melakukan defrag pada SSD).


Berikut ini beberapa screenshot GTA V yang saya atur ke level paling rendah. Boleh dibilang cukup memuaskan (tap/klik untuk memperbesar).

Apakah komputer dengan RAM 2 GB bisa memainkan GTA V?

Sebenarnya tidak bisa, namun ada pengecualian jika kamu memiliki processor minimal Intel i5 dan kartu grafis berkapasitas setidaknya 2 GB. Beberapa pengguna melaporkan hal tersebut sangat membantu kelemahan RAM.

Apakah cara ini berlaku untuk game bajakan?

Yap. Baik GeForce Experience maupun Razer Cortex bisa mendeteksi game original maupun non-original. Meski begitu, versi original tetaplah direkomendasikan karena developer secara aktif memperbaiki game dan mengoptimisasinya.

Berapa fps minimal untuk memainkan GTA V?

Karena GTA V bukanlah termasuk ke dalam fast-paced game alias game yang memerlukan respon cepat, 30 fps sudahlah mencukupi.

2 Comments