Cara Aktifkan ‘Dark Mode’ di WhatsApp Agar Mata Jadi Nyaman

Warna putih terang pada aplikasi WhatsApp dapat membuat silau dan kurang nyaman digunakan ketika malam hari atau pencahayaan redup. Bahkan cahaya putih mengandung lebih banyak sinar biru yang dapat merusak siklus tidur.

Beruntungnya, WhatsApp sudah merilis fitur tema gelap yang kini tersedia bagi pengguna di Indonesia, termasuk Android maupun iOS. Berikut cara mengaktifkan mode gelap di aplikasi WhatsApp supaya lebih nyaman saat chatting.

CATATAN: Pastikan WhatsApp Android adalah versi 2.20.64 ke atas, sementara iOS versi 2.20.30 ke atas.

1. Buka, aplikasi WhatsApp lalu tap ikon menu.

WhatsApp 2 Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Agar Mata Jadi Nyaman 1 WhatsApp 2

2. Pilih Setelan.

Setelan 3 Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Agar Mata Jadi Nyaman 2 Setelan 3

3. Pergi ke Chat.

Chat 3 Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Agar Mata Jadi Nyaman 3 Chat 3

4. Tap Tema.

Tema Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Agar Mata Jadi Nyaman 4 Tema

5. Pilih Gelap lalu Oke.

Gelap Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Agar Mata Jadi Nyaman 5 Gelap

6. Kini WhatsApp sudah berubah tampilan.

WhatsApp tema gelap Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Agar Mata Jadi Nyaman 6 WhatsApp tema gelap

Mode gelap ini berlaku di seluruh tampilan WhatsApp, termasuk jendela percakapan. Untuk versi web memang tidak ada fiturnya, namun kamu bisa mengganti tampilan WhatsApp Web menggunakan ekstensi browser.

Tambahan lainnya ialah dengan mengganti gambar background WhatsApp ke warna yang lebih redup yang mana bisa ditemukan di aplikasi WhatsApp maupun WhatsApp Web.

4 thoughts on “Cara Aktifkan ‘Dark Mode’ di WhatsApp Agar Mata Jadi Nyaman”

  1. Siang, nama saya Julio. Saya Ingin Tanya terkait centang 1 WA. Apakah bisa HP dual sim card menjalankan 2 WA secara bersamaan? Apabila bisa atau tidak bisa, bagaimana pengaruhnya ke centang 1 WA? Mohon penjelasannya.

    Terima kasih

    1. Christian Wijaya

      Halo Julio,

      Walaupun kamu memiliki ponsel dual-SIM, kamu hanya bisa menggunakan salah satunya saja di WhatsApp. Agar bisa membuka dua akun sekaligus, gunakan aplikasi “Multiple Accounts” yang tersedia gratis di Play Store.

      Semoga membantu.

  2. Sore, kalau pesan WA digrup tanda nya Jam lalu kita hapus dengan memlihi ‘hapus untuk saya’ apakah pesan ttp terkirim ke grup tsb ?
    Dan klau centang 1 digrup ketika kita pilih ‘hapus untuk semua’ apakah juga akn ttp terkirim ? (krn kl di grup klau pesan mau centang 2 braetibhrs menunggu smua anggota grup on dl)

    1. Christian Wijaya

      Halo Dian,

      Jika hanya “Hapus untuk saya”, maka anggota grup tetap bisa melihat pesan kamu. Sementara centang satu berarti pesan sudah terkirim dan sudah (bisa) dibaca beberapa anggota grup, centang dua berarti semua anggota grup sudah membacanya.

      Semoga membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.