3 Cara Mengetahui Video Youtube yang Sudah Dihapus

Setiap pengguna Youtube mungkin akan bertanya-tanya ketika melihat ada status “Video dihapus” pada playlist (daftar putar) kamu.

Karena video tersebut sudah tidak ada lagi, lantas bagaimana cara mengetahui nama video tersebut? Dan apakah mungkin untuk menontonnya?

Berikut ini ada dua opsi yang bisa dicoba. Harap gunakan komputer atau Youtube versi web di perangkat mobile.

#1 Temukan video Youtube yang dihapus lewat Google

Metode ini memungkinkan kamu melihat konteks video, bahkan jika beruntung ada saja orang yang mengunggah video tersebut ke platform lain sehingga bisa kamu tonton kembali.

1. Pertama salin alamat video yang telah dihapus.

salin alamat link 3 Cara Mengetahui Video Youtube yang Sudah Dihapus 1 salin alamat link

2. Pergi ke Google kemudian tempel alamatnya. Jangan lupa untuk menghapus &list=WL&index=bla…bla…bla terlebih dahulu.

hapus 3 Cara Mengetahui Video Youtube yang Sudah Dihapus 2 hapus

3. Lihat hasilnya.

hasil pencarian 3 Cara Mengetahui Video Youtube yang Sudah Dihapus 3 hasil pencarian

Dari beberapa kali percobaan saya, metode ini cocok untuk mengetahui konteks dan judul video. Akan tetapi, bisa saja kamu tidak menemukan apa-apa.

#2 Manfaatkan fitur Wayback Machine

Web Archive atau Wayback Machine adalah salah satu website yang memungkinkan kamu melihat tampilan website lain di masa lalu, termasuk video Youtube ketika belum dihapus.

1. Salin alamat video Youtube yang dihapus.

salin alamat link 3 Cara Mengetahui Video Youtube yang Sudah Dihapus 1 salin alamat link

2. Buka Wayback Machine, kemudian tempel alamat videonya. Jangan lupa untuk menghapus &list=WL&index=bla…bla…bla terlebih dahulu.

wayback machine 3 Cara Mengetahui Video Youtube yang Sudah Dihapus 5 wayback machine

3. Klik pada snapshot yang tersedia.

snapshot 3 Cara Mengetahui Video Youtube yang Sudah Dihapus 6 snapshot

4. Lihat hasilnya.

wayback machine video youtube yang dihapus 3 Cara Mengetahui Video Youtube yang Sudah Dihapus 7 wayback machine video youtube yang dihapus

Di sini kamu bisa melihat tampilan penuh website (snapshot) namun tidak bisa memutar video. Informasi yang ditampilkan di Wayback Machine hanya berupa teks dan gambar saja.

Oh ya, Wayback Machine dapat digunakan untuk semua website. Kamu juga bisa mengarsipkan berbagai halaman web penting di sini.

#3 Hubungi pihak pengunggah video

Ini memang kurang praktis, tetapi jika kamu masih ingat persis siapa pihak pengunggah video, tidak ada ruginya untuk menghubungi mereka dan meminta salinan video apabila sangat mendesak.

Kreator Youtube yang aktif biasanya menyematkan informasi kontak mereka pada halaman channel. Selain itu, tidak jarang akun media sosial mereka dapat dengan mudah ditemukan dan dihubungi.

Tips: Jika videonya penting, pastikan sudah kamu download

Internet sangat dinamis, ada konten yang dibuat dan ada juga yang dihapus. Apabila kamu menemukan video yang sangat penting, disarankan untuk download video tersebut dan disimpan secara offline.

Namun perlu diingat bahwa beberapa video tidak bisa diunduh karena alasan hak cipta. Kamu mungkin perlu menghubungi pemilik video tersebut untuk meminta izin. Solusi lainnya ialah dengan menggunakan layanan Youtube Premium.

Semoga membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.