GAME

7 Tips Mendapatkan Banyak Uang di Euro Truck Simulator 2

Sebagai video game simulator, Euro Truck Simulator 2 (ETS2) menyajikan berbagai tantangan “realistis” untuk mendapatkan uang.

Meski pada dasarnya tugas kamu adalah mengemudi, namun ada beberapa tips yang bisa mengoptimalkan pendapatan kamu di dalam game.

Berikut ini adalah tips mendapatkan uang di Euro Truck Simulator 2 berdasarkan pengalaman saya (50+ jam).

#1 Pilih rute dengan biaya per kilometer tertinggi

Price per distance 7 Tips Mendapatkan Banyak Uang di Euro Truck Simulator 2 1 Price per distance

Banyak pemain yang terbujuk oleh bayaran tinggi dalam sebuah perjalanan. Namun yang harus menjadi perhatian adalah biaya per kilometer — faktor ini harus jadi prioritas utama ketika memilih pekerjaan.

Seringkali beberapa perjalanan jarak pendek memberikan bayaran tinggi karena biaya per kilometernya di atas rata-rata.

#2 Nabung, lalu beli truk sendiri

Volvo FH 7 Tips Mendapatkan Banyak Uang di Euro Truck Simulator 2 2 Volvo FH

Meski kamu bisa mengirim barang dengan truk perusahaan, akan tetapi pendapatan yang kamu terima bakal lebih sedikit. Jika punya truk sendiri, maka bayaran kamu akan lebih tinggi meski profil perjalanannya sama.

Untuk pekerjaan dengan truk sendiri bisa dilihat di menu “Freight Market” dan “External Contracts”.

#3 Pilih truk murah namun dengan performa tinggi

Truk Scania 7 Tips Mendapatkan Banyak Uang di Euro Truck Simulator 2 3 Truk Scania

Ada banyak merek truk yang bisa dipilih di Euro Truck Simulator 2. Namun bicara rasio price-to-performance, maka saya merekomendasikan antara Volvo FH, Scania R, dan Mercedes-Benz New Actros.

Oh ya, ketika melakukan upgrade, pilih bagian yang meningkatkan performa truk. Di awal permainan, disarankan untuk mengesampingkan upgrade yang sifatnya aksesoris atau hiasan.

#4 Ambil pekerjaan di kota dimana kamu berada

Pekerjaan satu kota 7 Tips Mendapatkan Banyak Uang di Euro Truck Simulator 2 4 Pekerjaan satu kota

Melihat pekerjaan berbayaran tinggi di kota lain tentu menggiurkan. Namun sebaiknya tetap ambil pekerjaan dimana kamu sedang berada walaupun bayarannya lebih rendah.

Sebab tidak ada gunanya membawa truk tanpa menggandeng kargo. Selain buang-buang bahan bakar, waktumu juga habis tanpa menghasilkan uang.

#5 Beli DLC “Cargo Packs” karena ada variasi kargo mahal

Kargo truk 7 Tips Mendapatkan Banyak Uang di Euro Truck Simulator 2 5 Kargo truk

Euro Truck Simulator 2 memiliki DLC kargo tambahan yang mana spesifikasinya berbeda dengan kargo biasa. Kargo ini bermacam-macam bentuknya dan cara pengirimannya. Namun satu yang pasti, bayaran yang kamu terima jauh lebih tinggi.

Saat ini terdapat tiga paket DLC kargo yang bisa kamu beli di Steam. Tapi jangan buru-buru, saya sarankan untuk menunggu diskon agar mendapatkan harga paling ekonomis.

#6 DLC “Map Expansions” juga punya banyak rute bayaran tinggi

Map baru ETS2 7 Tips Mendapatkan Banyak Uang di Euro Truck Simulator 2 6 Map baru ETS2

DLC Map Expansions harganya relatif lebih mahal sebab ada ekstra area yang bisa kamu jelajahi. Selain itu ada pula rute baru yang harganya lebih tinggi sebab medan yang ditempuh pun sangat menantang.

Tips yang satu ini sifatnya opsional. Jika kamu tertarik, sekali lagi saya sarankan untuk menunggu diskon. Jangan khawatir, ETS2 relatif sering mengadakan diskon terlepas dari Steam Sale.

#7 Pilih “Training policy” yang spesifik untuk setiap pengemudi

Training policy 7 Tips Mendapatkan Banyak Uang di Euro Truck Simulator 2 7 Training policy

Secara default, “Training policy: pengemudi yang kamu pekerjakan adalah “Balanced”. Disarankan untuk fokus pada satu spesialisasi, entah itu ADR, Long Distance, High Value Cargo, Fragile Cargo, atau Just-In-Time Delivery.

Pengemudi dengan kemampuan spesifik bayarannya akan lebih tinggi jika mengantar kargo yang sesuai dengan spesialisasinya. Idealnya, setiap pengemudi punya “Training policy” yang berbeda agar terlihat mana yang paling menguntungkan.


Pada akhirnya, mendapatkan uang di Euro Truck Simulator 2 tidaklah mudah. Perlu dedikasi, kesabaran, dan strategi — sama halnya dengan kehidupan nyata.

Lihat juga artikel sebelumnya tentang 5 Cara Meningkatkan Performa Game PC Tanpa Upgrade.