INTERNET

Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Ukuran asli foto usai pertama kali diambil biasanya sangat besar. Bisa beberapa megabyte, bahkan puluhan megabyte. Sayangnya, ukuran yang terlalu besar ini menyulitkan foto untuk diunggah ke internet.

Untungnya berkat teknologi kompresi modern, kamu bisa memperkecil ukuran foto namun tanpa mengurangi kualitasnya dan menjaga resolusi (dimensi) aslinya.

Berikut ini cara memperkecil ukuran foto menggunakan tool gratis TinyPNG. Website tersebut bisa diakses di browser ponsel maupun PC/laptop.

1. Kunjungi website TinyPNG.

TinyPNG Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya 1 TinyPNG

2. Klik tombol upload lalu pilih gambar yang ingin dikompres. TinyPNG menyediakan kompresi massal maksimal 20 gambar sekaligus.

Pilih foto Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya 2 Pilih foto

3. Tunggu hingga proses upload selesai. TinyPNG akan memulai proses kompresi secara otomatis.

Upload foto Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya 3 Upload foto

4. Klik Download atau Download all untuk mengunduh semua foto. Di sini bisa terlihat berapa persen ukuran foto telah menyusut.

Download foto Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya 4 Download foto

5. Berikut ini perbandingan foto yang dikompres.

RE1LQNO 1920x1080 Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya 5 RE1LQNO 1920x1080

Foto yang tadinya sekitar 2 MB kini menjadi 641 KB saja atau hampir 70% pengurangan. Setiap foto memiliki karakteristik berbeda, sehingga hasil persentase kompresinya pun bervariasi.


TinyPNG juga tersedia untuk pengguna WordPress gratis dimana kamu bisa mengompres gambar secara otomatis sehingga loading halaman jadi lebih cepat.