APLIKASI

3 Alasan Mengapa Lagu Tertentu Tidak ada di Joox

Joox merajai aplikasi streaming musik di Tanah Air, mengalahkan Spotify yang sudah lebih dulu populer secara global.

Terlepas dari banyaknya pengguna, kamu mungkin saja tidak menemukan lagu dari penyanyi favorit kamu, meski sang penyanyi terbilang sudah sangat terkenal.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut ini tiga alasan utama mengapa lagu tertentu tidak ditemukan di Joox.

Salah satunya mungkin sesuai dengan situasi kamu!

#1 Kamu tidak menuliskan nama penyanyi, album, atau judul lagu dengan benar

Menurut halaman FAQ Joox, alasan pertama ialah karena penulisan penyanyi, album, atau judul kurang akurat. Perlu diketahui juga, beberapa lagu bisa saja memiliki judul yang sama sehingga kamu harus mencoba alternatif pencarian lain seperti mencarinya dari nama penyanyi lagu atau grup bandnya.

SOLUSI: Gunakan kata kunci yang tepat, serta coba periksa menu di halaman pencarian seperti Tracks, Artist, Albums, dan Playlists untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

#2 Pihak artis/studio belum merilis lagunya secara resmi ke Joox

Jawaban kedua ini biasanya sangat cocok untuk musik indie atau penyanyi yang belum punya nama terlalu besar. Sampai di sini, memang tidak banyak yang bisa kamu lakukan mengingat lagu ada di tangan pembuatnya dan hanya mereka yang bisa merilisnya secara resmi.

Di sisi lain, pihak Joox juga perlu bernegosiasi dengan label musik yang bersangkutan agar lagu-lagunya bisa muncul. Berikut ini screenshot yang saya ambil dari kiriman di Joox Indonesia sekitar 2016 lalu ketika lagu dari Anji masih belum ada.

Lagu Tidak Ada di Joox

Terlihat bahwa Joox berupaya keras agar permintaan lagu dari para pengguna bisa ditampilkan di aplikasi. Kemudian kerjasama dari pihak studio juga akan sangat membantu.

SOLUSI: Coba hubungi pemilik lagu untuk merilis lagunya secara resmi ke Joox. Biasanya untuk musik Indonesia, banyak distributor yang memberikan 100% royalti sehingga pihak kreator lagu tidak dirugikan.

#3 Lagu tersebut terkena take-down karena pelanggaran hak cipta

Untuk kasus ini merupakan kelanjutan dari alasan #2. Terkadang ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab merilis lagu tanpa izin kreator atau studio. Jika ketahuan, pemilik lagu dapat melakukan klaim hak cipta sehingga lagu yang tadinya ada di Joox kini tidak bisa diputar lagi.

Ada dua skenario jika lagu terkena take-down:

1. Lagu yang sama sudah lebih dulu ada – Jika demikian, kamu hanya perlu mencari lagi lagu yang sama dan mendapatkan musik dari channel resmi si pemilik lagu.

2. Pihak artis sengaja tidak menggunakan Joox – Ini memang relatif jarang, tetapi beberapa penyanyi seperti Beyonce dan Jay-Z tidak akan ditemukan di Spotify karena mereka sendiri yang memutuskan untuk keluar dari platform tersebut untuk berbagai alasan. Hal yang sama juga sangat mungkin terjadi di Joox.

Kesimpulannya, jika lagu tertentu tidak muncul di Joox bisa disebabkan oleh kata kunci pencarian yang tidak akurat, pihak penyanyi yang belum merilis lagunya ke Joox, hingga masalah take-down akibat hak cipta.

Semoga membantu menjawab pertanyaan kamu, ya! 🙂

Ayo! Beri penilaian terhadap artikel ini!

Rating / 5. Jumlah penilaian: