APLIKASI

5 Tips Hemat Kuota Joox Meski Sering Streaming

Doyan streaming musik tapi ingin hemat kuota?

Kamu datang ke tempat yang tepat!

Dalam artikel ini saya akan menjabarkan 5 cara untuk menghemat kuota Joox meski sering streaming. Semua tips berikut ini tidak melibatkan aplikasi pihak ketiga, melainkan murni memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Joox.

Selain itu ada beberapa informasi penting yang ternyata berpengaruh pada konsumsi kuota internet tanpa kamu sadari.

Simak tips-tipsnya!

#1 Atur kualitas streaming ke Medium, itu sudah cukup!

Kualitas suara Joox, Cara Hemat Kuota Joox, Streaming Joox

Ada banyak blog yang menyarankan untuk mengatur kualitas lagu ke Low (Standard) agar kuota lebih hemat. Namun saya lebih merekomendasikan menggunakan kualitas Medium. Sebab, pada level ini, detil lagu lebih terasa, instrumen lebih jelas, dan lebih minim akan noise. Saya sudah menyinggungnya di artikel tentang perbandingan kualitas suara di Joox.

Meski ukurannya relatif lebih besar daripada versi Low, versi Medium memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih imersif, tidak menyiksa telinga, serta layak di dengar.

Untuk mengatur kualitas streaming di Joox secara otomatis ke Medium, berikut panduannya.

  1. Tap ikon foto profil kamu di pojok kiri atas
  2. Scroll ke bawah lalu pilih Pengaturan (Settings)
  3. Tap Kualitas Streaming (Streaming Quality)
  4. Pilih opsi Medium

#2 Hindari streaming sambil download lagu karena akan jadi lebih boros

Tahukah kamu bahwa opsi streaming dan download diwakili oleh file lagu yang berbeda?

Jika kamu perhatikan lebih detil, file lagu ketika streaming relatif lebih kecil dibanding saat kamu memilih opsi download.

Mengapa bisa demikian? Perlu kamu ketahui bahwa file streaming sudah dikompres lebih dahulu sehingga menjadi lebih kecil. Lantas, saat kamu download lagu yang sedang diputar, Joox akan mengirimkan kamu file yang berbeda dari segi ukuran. Jadi, anggapan bahwa streaming + download = download adalah salah.

Maka dari itu, jika kamu sedang streaming, cukup streaming saja. Tidak perlu lakukan proses download karena itu hanya buang-buang kuota.

#3 Aktifkan fitur cache ketika streaming

Cache adalah data dari internet yang disimpan dalam perangkat pengguna supaya saat diakses kembali bisa diberikan lebih cepat dan hemat data. Joox memiliki opsi untuk mengaktifkan cache saat streaming musik. Pastikan kamu sudah menggunakan fitur ini.

Berikut cara mengaktifkan cache di Joox:

  1. Tap ikon foto profil kamu di pojok kiri atas
  2. Scroll ke bawah lalu pilih Pengaturan (Settings)
  3. Aktifkan Auto Cache Lagu Terakhir (Auto Cache Recently Played)

Dengan demikian, saat ada lagu yang telah diputar sebelumnya kemudian diputar lagi, jumlah kuota yang dikonsumsi menjadi minimal.

#4 Hanya download lagu jika kamu sedang menggunakan WiFi

Saya rasa sebagian besar dari pembaca sudah tahu, tapi saya tetap cantumkan kembali sebagai pengingat. Di samping itu, kualitas lagu juga sangat mempengaruhi ukuran file. Berikut tabel perbandingan ukuran antara Low, Medium, High, dan Hi-Fi.

KualitasUkuranPerangkat audio minimal yang disarankan
Low1-2 MBStandard earphone
Medium3-4 MBStandard earphone
High (HQ)7-10 MBQuality headphones, external speaker
Hi-Fi20-30 MBHi-Fi System, premium headphones

Selain itu, perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat audio mampu menangani kualitas musik tinggi. Akan percuma jika kamu download Hi-Fi namun menggunakan budget headphones. Pilihlah kualitas musik berdasarkan kemampuan perangkat audio.

#5 Menggunakan VIP ternyata juga bisa menghemat kuota

Hemat Kuota Joox, Kelebihan Joox VIP, Joox VIP Free

Tanpa bermaksud mempromosikan layanan VIP Joox, namun faktanya cara ini secara efektif mampu menghemat kuota internet secara signifikan. Bagaimana tidak, kamu memiliki kebebasan untuk memutar audio berkualitas tinggi offline serta bebas dari iklan.

Iklan biasanya ditempatkan saat kamu berganti lagu. Karena iklan juga termasuk ke dalam konten audio, maka ada data tambahan yang perlu didownload setiap kali streaming musik.

Tidak harus beli. Kamu bisa memanfaatkan opsi Music Sharing atau Watching Video untuk mendapatkan layanan VIP dalam jangka waktu tertentu. Tap menu Beli VIP (Purchase VIP) untuk melihat apa saja VIP gratis yang tersedia.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghemat konsumsi kuota saat streaming musik di Joox.

Apakah kamu punya tips tersendiri? Jangan ragu untuk berbagi ke pembaca lain 🙂

Sending
User Review
0 (0 votes)