SOFTWARE

Cara Aktifkan Mode Full Screen di Google Chrome dengan Mudah

Dengan mengaktifkan mode full screen di Google Chrome, kamu akan terbebas dari berbagai gangguan seperti bookmark bar, menu browser, tab jendela, hingga taskbar, jam, dan fitur lainnya.

Model full screen atau layar penuh tidak membuat teks menjadi tampak lebih besar, melainkan berfungsi untuk mengurangi “distraction” ketika sedang bekerja.

Dengan begitu kamu akan lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Sebagian orang sangat menyukai mode layar penuh dibanding membiarkan komponen lain terlihat dengan jelas.

Nah, bagi kamu yang ingin mengaktifkan mode full screen di Google Chrome versi desktop, berikut panduan yang bisa diikuti.

Cara aktifkan mode full screen di Google Chrome

1. Untuk mengaktifkan mode full screen di Google Chrome, yang perlu kamu lakukan adalah dengan klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

Cara Full Screen Google Chrome

2. Setelah itu klik ikon berbentuk persegi panjang yang terletak di sebelah opsi Zoom.

Cara Full Screen Google Chrome

3. Tampilan full screen Google Chrome kira-kira seperti ini. Murni halaman web tanpa adanya komponen lain.

Cara Full Screen Google Chrome

Bukan cuma bagian-bagian Chrome saja yang hilang, Windows Taskbar juga ikut disembunyikan. Untuk memunculkannya kembali, cukup tekan tombol WINDOWS yang terletak antara CTRL dan ALT.

Cara exit dari mode full screen

Untuk keluar dari mode full-screen, kamu hanya perlu menekan tombol F11 di keyboard atau klik kanan lalu pilih Exit full screen.

Cara lainnya adalah dengan mengarahkan kursor mouse ke sisi atas, lalu akan muncul tombol close berlambang silang. Klik tombol tersebut untuk keluar dari layar penuh.

Sangat mudah bukan?

Berikut ini mungkin beberapa pertanyaan yang ingin kamu tanyakan seputar mode full-screen di Google Chrome.

Bagaimana cara berganti tab di mode full screen?
Karena tab tidak lagi muncul, solusinya adalah dengan menggunakan shortcut CTRL+1/2/3 sesuai urutan nomor tab browser.
Bagaimana cara melakukan zoom?
Jika konten dirasa kurang besar, kamu bisa melakukan zoom in dengan menekan kombinasi CTRL+Plus. Sementara zoom out menggunakan CTRL+Minus.
Apakah bisa menggunakan program lain sementara Chrome dalam layar penuh?
Tentu saja tetap bisa. Windows Taskbar dapat dimunculkan kembali dengan menekan tombol WINDOWS yang diapit antara CTRL dan ALT. Kombinasi ALT+TAB juga membantu kamu berpindah antara jendela program.

 

Itulah cara aktifkan mode Full Screen di Google Chrome. Apabila ada pertanyaan, jangan ragu mengirim komentar 🙂