SOFTWARE

Cara Download Game di Steam Dengan Cepat Melalui 2 Trik ini

Bagaimana cara download game dari Steam?

Sebenarnya tidak sulit. Namun caranya agak berbeda dari metode download tradisional yang mengandalkan browser atau software downloader.

Untuk menginstal game dari Steam, kamu memerlukan akun Steam dan software Steam Client sebagai medianya.

Tutorial ini tidak hanya menjelaskan cara mengunduh game via Steam, tetapi juga beberapa tips untuk mempercepat prosesnya.

Baik, tanpa basa-basi lagi langsung saja menuju ke tutorial.

Cara Download Game Steam dengan Cepat

1. Jalankan program Steam kemudian log in ke akun kamu.

2. Cari game yang ingin kamu download, lalu klik Play Game. Jika kamu memilih game berbayar, kamu diharuskan membelinya terlebih dahulu.

Cara Download Game Steam

3. Selanjutnya kamu akan dihadapkan pada pesan seperti berikut untuk memilih direktori penyimpanan game, shortcut, informasi ukuran file, dan estimasi waktu download. Klik Next untuk memulai proses instalasi.

Cara Download Game Steam

Tips Mempercepat Download Game di Steam

Selain memilih bandwidth internet yang kencang, beberapa tips berikut dapat membantu mempercepat proses download game di Steam sehingga bisa kamu mainkan dengan segera.

Tips 1: Pilih server terdekat

Server terdekat berarti waktu latensi bisa menjadi lebih minimal. Selain itu, pembagian server berdasarkan regional juga mengurangi beban bandwidth Steam itu sendiri.

1. Klik menu Steam di program Steam Client. Kemudian pilih Settings.

Cara Download Game Steam Cepat

2. Menuju menu Downloads, kemudian pastikan Download Region adalah negara sesuai lokasi kamu berada, misal Indonesia. Juga Limit bandwidth to diatur ke No limit. Terakhir, klik OK.

Cara Download Game Steam Cepat

Sebagai tambahan, kamu juga bisa memilih lokasi server yang sedang sepi pengguna sehingga lalu lintas data sangat minimal. Kunjungi halaman Steam Download Stats untuk melihat statistik internet pengguna Steam di seluruh dunia.

Tips 2: Buat Windows agar memprioritaskan kinerja Steam

Uniknya, Windows 10 sudah dibekali opsi untuk memprioritaskan program tertentu. Dengan demikian, bandwidth dan resources komputer bisa difokuskan pada Steam.

1. Jalankan Task Manager dengan cara klik kanan di Taskbar lalu pilih Task Manager. Kamu juga bisa membukanya dengan shortcut CTRL+SHIFT+ESC.

Cara Download Game Steam Cepat

2. Pergi ke tab Details, lalu cari SteamService.exe. Setelah itu klik kanan, Set priority ke High.

Cara Download Game Steam Cepat

3. Klik Change priority untuk mengonfirmasi perubahan.

Cara Download Game Steam Cepat

Apakah game yang sudah didownload bisa langsung dimainkan?

Secara teknis memang demikian, tetapi terkadang game memerlukan update tertentu sebelum bisa dimainkan. Proses update umumnya terpisah dari file game utama.

Bagaimana cara mengganti direktori penyimpanan game?

Saat ingin menginstal game, klik ikon panah ke bawah lalu pilih Create new steam library on drive (nama partisi). Kemudian klik New Folder, masukan nama folder, OK, selanjutnya Select. Pastikan kamu memilih drive yang punya cukup kapasitas untuk game yang dipilih.

Jika internet terputus, apakah proses download diulang?

Tidak. Steam otomatis akan melanjutkan proses download setelah internet pulih. Bahkan kamu bisa Pause/Resume proses download sesuka hati.

Apakah menutup Steam akan menghentikan proses download?

Tidak, karena Steam otomatis berjalan di sistem latar. Proses download tetap berjalan meski kamu menutupnya. Namun jika memang ingin ditutup, klik menu Steam lalu Exit.

Jika login ke Steam di komputer lain, apa harus download game lagi?

Karena sudah berbeda perangkat, maka kamu harus download game-nya lagi jika ingin memainkannya di komputer berbeda.

Apakah setelah download file game bisa corrupt?

Belum pernah terdengar ada kasus game yang corrupt atau rusak setelah selesai dipasang di komputer pengguna. Jika pun ada, umumnya dikarenakan kesalahan pengguna, seperti adanya malware, tidak sengaja menghapus file penting, dan sebagainya. File dari Steam dipastikan sudah terjamin tanpa cacat.

Saya males nunggu download, apa bisa beli CD Steam?

Sayangnya tidak bisa, Steam murni menyediakan layanan download game secara online. Mereka tidak menyediakan file game berbentuk fisik seperti CD. Silahkan menuju retail video game resmi untuk mendapatkan kaset fisik.

Bagaimana cara hapus game yang sudah di-download?

Jalankan Steam, pergi ke menu Library. Kemudian pada daftar game, klik kanan pada game yang ingin kamu hapus, klik Uninstall, lalu Delete. Untuk memainkannya lagi, kamu harus mengunduh file game tersebut kembali.

2 Comments