KOMPUTER

3 Cara Mengatur Kecerahan Layar PC/Laptop

Layar yang terlalu redup atau terlalu terang tidak nyaman untuk digunakan berlama-lama. Namun, kamu selalu bisa mengatur tingkat kecerahan layar dengan mudah

Berikut tiga opsi untuk mencerahkan atau meredupkan layar, baik untuk komputer desktop maupun laptop.

#1 Atur kecerahan langsung lewat menu monitor

Kecerahan monitor 3 Cara Mengatur Kecerahan Layar PC/Laptop 1 Kecerahan monitor

Mayoritas monitor komputer (bukan laptop) memiliki tombol di bagian samping, bawah, atau belakang yang fungsinya untuk mengakses beberapa pengaturan, termasuk mengatur tingkat kecerahan.

Tingkat kecerahan (brightness) diwakili oleh skala 0 hingga 100 persen. Setiap monitor mungkin memiliki tampilan menu yang berbeda. Silahkan lihat buku manual untuk panduan lebih lengkap.

#2 Untuk Windows 10, atur kecerahan lewat Display Settings

Change brightness 3 Cara Mengatur Kecerahan Layar PC/Laptop 2 Change brightness
Credit: CNET

Laptop dan notebook yang menggunakan Windows 10 bisa memanfaatkan fitur pengaturan kecerahan yang tersedia langsung di pengaturan layar. Berikut caranya.

  1. Klik kanan pada background desktop
  2. Pilih Display settings
  3. Atur kecerahan di Change brightness

#3 Tekan tombol shortcut yang ada di keyboard

Laptop 3 Cara Mengatur Kecerahan Layar PC/Laptop 3 Laptop

Laptop dan notebook umumnya memiliki tombol shortcut di keyboard untuk mencerahkan atau meredupkan layar. Seringkali tombol ditandai oleh simbol matahari dan berada di kolom Function (F button).

Misalnya dengan menekan Fn+F1 untuk meredupkan dan Fn+F2 untuk mencerahkan. Setiap laptop mungkin memiliki lokasi tombol yang berbeda, tetapi hampir bisa dipastikan memerlukan tombol Fn.