APLIKASI

3 Cara Mengetahui WhatsApp Akun Bisnis

Saat ini ada dua jenis akun WhatsApp, yakni akun biasa dan akun bisnis.

Jika kamu sedang berkomunikasi dengan akun bisnis, tidak ada perbedaan mencolok yang bisa dilihat. Sejumlah fiturnya pun sekilas sama saja dengan akun biasa.

Namun sebenarnya akun bisnis tetap bisa dibedakan dengan akun biasa. Berikut cara mengetahui jika kontak WhatsApp adalah akun bisnis.

#1 Ada kolom informasi akun bisnis ketika memulai chat

Chat dengan akun bisnis 3 Cara Mengetahui WhatsApp Akun Bisnis 1 Chat dengan akun bisnis

Sebelum memulai chat, biasanya WhatsApp akan memberi tahu bahwa akun yang sedang kamu hubungi adalah akun bisnis. Kolom ini bisa muncul berkali-kali sekedar untuk mengingatkan.

#2 Ada tanda “Akun Bisnis” di profilnya

Akun bisnis 3 Cara Mengetahui WhatsApp Akun Bisnis 2 Akun bisnis

Jika kamu mengunjungi profilnya, maka akan ada tanda “Akun bisnis” di bagian atas. Tag ini tidak bisa dimiliki oleh akun biasa. Kamu juga bisa menambahkan akun tersebut ke dalam kontak.

#3 Tidak jarang terdapat tanda centang hijau di namanya

Akun bisnis resmi 3 Cara Mengetahui WhatsApp Akun Bisnis 3 Akun bisnis resmi

Lambang centang hijau setelah nama adalah bagi bisnis yang sudah terverifikasi oleh WhatsApp sehingga sangat terpercaya.

Namun tidak semua bisnis bisa memiliki centang hijau, sebab WhatsApp hanya mengizinkan brand terkenal yang bisa menggunakannya.


Selain tiga ciri di atas, tidak jarang akun bisnis juga menambahkan deskripsi, kategori, jam operasional, email, alamat website, hingga katalog produk. Informasi ini tersedia di halaman profil mereka.

Walaupun kamu berkomunikasi dengan akun bisnis, tetap waspada akan penipuan di WhatsApp dan pastikan kamu tidak memberikan informasi sensitif kepada siapapun.