APLIKASI

Cara Ubah Mil ke Kilometer di Google Maps

Sebagian besar pengguna Google Maps Android di Indonesia mungkin kebingungan maksud dari “mil” dalam penghitungan jarak. Mil merupakan salah satu sistem imperial yang digunakan di Amerika Serikat dimana satu mil setara dengan 1,6 kilometer (KM).

Namun karena Indonesia menganut sistem metrik, tentunya satuan mil menjadi tidak relevan dan sangat menyulitkan karena perlu dikonversi lagi.

Google paham akan situasi ini, dan kamu bisa mengganti satuan default Google Maps dari mil ke kilometer dengan mudah. Berikut cara menggantinya pada aplikasi mobile (Android).

Cara ubah mil ke kilometer

1. Buka aplikasi Google Maps, tap pada ikon menu di bagian kiri atas.

Google Maps Cara Ubah Mil ke Kilometer di Google Maps 1 Google Maps

2. Pilih opsi Setelan.

Setelan Cara Ubah Mil ke Kilometer di Google Maps 2 Setelan

3. Tap Satuan jarak.

Satuan jarak Cara Ubah Mil ke Kilometer di Google Maps 3 Satuan jarak

4. Tap pada bagian Kilometer.

Kilometer 1 Cara Ubah Mil ke Kilometer di Google Maps 4 Kilometer 1

5. Sekarang Google Maps akan menampilkan perhitungan kilometer.

Google Maps kilometer Cara Ubah Mil ke Kilometer di Google Maps 5 Google Maps kilometer

Sementara jika kamu memilih opsi “Otomatis”, Google Maps akan menggunakan satuan jarak berdasarkan lokasi kamu saat ini. Misalnya di Amerika Serikat otomatis menggunakan mil, sementara di Indonesia menggunakan kilometer.

Di sisi lain, Google Maps versi web tidak memerlukan pengaturan satuan jarak secara manual. Sistem dipilih secara otomatis berdasarkan lokasi perangkat.

Sistem imperial dan metrik berdasarkan negara Cara Ubah Mil ke Kilometer di Google Maps 6 Sistem imperial dan metrik berdasarkan negara

Sebagai informasi, Statista menyebutkan setidaknya ada tiga negara yang dominan menggunakan sistem imperial, di antaranya Amerika Serikat, Liberia, dan Myanmar. Jadi, mungkin kamu akan sering menemukan penggunaan mil dalam beberapa pengukuran.

Ketahui juga beberapa tips untuk membuat akurasi GPS semakin akurat yang harus selalu kamu terapkan ketika menggunakan Google Maps.