SMARTPHONE

3 Cara Kembalikan Foto dari Ponsel yang Hilang/Dicuri

Bagian paling berharga dari ponsel adalah data yang tersimpan di dalamnya. Dan jika ponsel hilang, maka seluruh data penting juga raib dan sulit untuk dikembalikan.

Namun masih ada secercah harapan bagi kamu untuk mengembalikan foto dan video dari ponsel yang hilang atau dicuri.

Lantas, bagaimana caranya?

DISCLAIMER: Keberhasilan mengembalikan foto dan video sangat bergantung pada pengaturan ponsel sebelum hilang atau dicuri. Jadi, tips di bawah ini tidak memberikan kepastian dan sangat mengandalkan keberuntungan.

#1 Untuk pengguna Android bisa cek Google Photos untuk dapatkan foto/video yang disinkronasi

Google Photos banner 1 3 Cara Kembalikan Foto dari Ponsel yang Hilang/Dicuri 1 Google Photos banner 1

Google memiliki layanan Google Photos di ponsel Android yang secara default akan mengupload foto atau video yang kamu buat sehingga tersedia duplikat yang bisa diakses online.

  1. Pergi ke Google Photos
  2. Masuk dengan akun Google yang sama dengan ponsel yang hilang
  3. Dapatkan kembali foto dan video kamu

Sayangnya, metode ini sendiri tidak bisa dipastikan berhasil. Sebab manufaktur ponsel bisa saja mematikan fitur sinkronasi Google Photos sejak awal, atau pengguna yang mematikannya sendiri secara manual.

Sementara pengguna iOS bisa cek ke iCloud untuk mendapatkan foto dan video dari perangkat iPhone.

#2 Pernah pakai Dropbox? Aplikasi ini mungkin sinkronasikan foto dan video kamu

Dropbox memiliki fitur upload otomatis ketika berada di jaringan WiFi. Jika kamu pernah menggunakan aplikasi ini, coba masuk lagi ke layanan tersebut dan lihat apakah foto-foto kamu masih tersedia.

Selain Dropbox, masih ada banyak aplikasi sejenis yang punya fitur sinkronasi foto ke cloud. Silahkan akses kembali akun kamu sebab bisa saja data lama kamu masih ada di sana.

#3 Kirim pesan ke ponsel yang hilang, minta kepada siapapun untuk mengembalikannya

Pencuri kembalikan ponsel 1 3 Cara Kembalikan Foto dari Ponsel yang Hilang/Dicuri 2 Pencuri kembalikan ponsel 1
Ada sejumlah orang yang cukup beruntung bisa mendapatkan ponsel mereka kembali walau sempat berada di tangan pencuri (Tempo.co).

Harus diakui, ini sangat kecil kemungkinannya. Apalagi jika ponsel hilang karena dicuri, karena tentu saja “tidak ada maling yang mau ngaku”.

Namun dalam situasi darurat seperti ini, segala cara harus dicoba. Kirim pesan entah itu SMS, WhatsApp, atau apapun yang bisa dibaca oleh orang yang menemukannya, lalu minta dia untuk mengembalikannya.

Tidak ada salahnya pula untuk menjanjikan imbalan bagi siapapun yang mengembalikan ponsel kamu beserta datanya.

Hal ini terjadi pada seorang pria di Delhi, India yang mendapatkan kembali ponselnya melalui kurir usai meminta si pencuri untuk mengembalikannya (India Today).

Baik, itulah tiga langkah yang bisa dilakukan untuk dapatkan kembali foto dari ponsel yang hilang. Jika ada salah satu dari tiga tips di atas yang membantu kamu, silahkan beri komentar.