INTERNET

Cara Dapatkan Google Drive UNLIMITED untuk Menyimpan Foto & Video

Penyimpanan Google Drive unlimited? Siapa yang tidak mau?

Secara default, setiap pengguna Google akan diganjar penyimpanan online gratis sebesar 15 GB. Sementara untuk menambah kapasitasnya kamu harus membayar sejumlah uang tertentu setiap bulan.

Namun khusus untuk menyimpan foto dan video, kamu bisa mendapatkan penyimpanan online tanpa batas, tanpa membayar!

Sangat menarik bukan?

Berikut panduan mendapatkan Google Drive unlimited untuk menyimpan foto dan video.

Google Drive unlimited untuk foto & video

1. Masuk ke halaman Google Photos melalui browser, kemudian klik ikon tiga garis horizontal.

Ikon menu hamburger Google Photos

2. Kemudian pilih Settings.

Menu Google Photos

3. Pilih High quality (free unlimited storage).

Kualitas foto Google Photos

4. Selanjutnya, pergi ke halaman Google Drive, klik ikon roda gigi kemudian pilih Settings.

Pengaturan Google Drive

5. Centang opsi Automatically put your Google Photos into a folder in My Drive. Selanjutnya Done.

Pengaturan Google Photos di Google Drive

6. Pergi ke My Drive maka kamu akan melihat folder baru bernama Google Photos (Foto Google).

Folder Google Photos di Google Drive

Di dalam folder tersebut terdapat file foto dan video yang diunggah ke Google Photos. Dengan demikian kamu juga bisa mengaksesnya via Google Drive dengan fungsi yang sama.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang mungkin ingin kamu tanyakan.

Kalau mau upload foto & video harus lewat mana?

Karena ini merupakan layanan Google Photos, maka setiap kali kamu upload foto dan video tetap melalui halaman atau aplikasi Google Photos. Sementara Google Drive berperan sebagai media untuk menampilkannya.

Jika kamu mencoba mengupload melalui Google Drive, maka akan mengambil jatah penyimpanan Google Drive, terlepas dari fakta bahwa kamu menguploadnya ke folder Google Photos.

Penyimpanan Unlimited Gratis Google Drive

Kamu tetap bisa memindahkan foto dan video dari folder Google Photos di My Drive ke direktori folder lain di dalam Google Drive tanpa mengonsumsi kapasitas penyimpanan.

Apakah kualitas foto berkurang jika diupload ke Google Photos?

Secara teknis, iya. Google Photos akan mengompres foto dan video baru. Resolusi maksimal untuk foto adalah 16 MP sementara video 1080p. Berikut ini contoh foto yang dikompres oleh Google Drive.

Perbandingan Kualitas Gambar Google Photos

Seperti yang kamu lihat, hanya berkurang sedikit dan secara garis besar sangat sulit membedakan keduanya. Google tetap menyajikan foto kualitas tertinggi tanpa merusak visualnya.

Selama resolusi foto tidak lebih dari 16 MP dan video maksimal 1080p, tidak ada salahnya menjadikan Google Photos sebagai sarana penyimpanan media online utama.

Apakah saya bisa berbagi foto dari Google Drive?

Tentu saja tetap bisa. Tinggal klik kanan kemudian pilih Get shareable link. Tautan tersebut kemudian akan tampil sebagai Google Drive, bukan Google Photos.

Dengan demikian orang lain tidak akan tahu dimana asal foto tersebut, entah Google Drive atau Google Photos.

Kenapa Google Photos gratis?

Sebetulnya tidak mengejutkan apabila Google Photos menawarkan penyimpanan gratis. Gmail, Translate, Maps, hingga Android adalah layanan gratis dari Google. Dengan layanan gratis tersebut Google dapat memahami karakteristik pengguna, aktivitasnya, dan informasi lain yang berharga.

Melalui Google Photos, Google dapat memahami pengguna dan apa yang mereka perlukan. Misalnya jika kamu gemar mengupload foto hewan peliharaan, maka besar kemungkinan kamu melihat iklan seputar binatang di internet, misalnya makanan hewan, perawatan hewan, atau penitipan peliharaan.

Jadi, ini adalah solusi yang menguntungkan kedua pihak. Di satu sisi Google mendapatkan data pengguna, di sisi lain kamu mendapat penyimpanan online gratis.

Jangan khawatir, semua foto dan video kamu bersifat privat. Google tidak akan membagikannya ke publik kecuali kamu sengaja mengatur privasi konten ke khalayak umum.

Baik, itulah cara mendapatkan penyimpanan Google Drive unlimited untuk foto dan video.

Semoga bermanfaat 🙂