SOFTWARE

Cara Cepat Rotasi Dokumen PDF di PC/Laptop

Tidak jarang dokumen PDF tampil dengan format orientasi yang tidak tepat sehingga perlu diputar (rotasi) agar kontennya bisa terbaca dengan jelas. Kadang juga PDF perlu dirotasi jika dibuka di ponsel mengingat layarnya bisa menampilkan konten dalam mode portrait maupun landscape.

Lantas, bagaimana cara merotasi file PDF? Lihat panduannya berikut ini.

#1 Cara rotasi PDF menggunakan browser populer

Browser modern seperti Chrome, Firefox, dan Edge dapat dijadikan sebagai PDF viewer. Di sana juga tersemat fitur sederhana untuk mempermudah pengguna mengeksplorasi dokumen.

1. Buka file PDF di browser. Bisa melalui klik kanan file PDF > Open with… > pilih browser atau seret file tersebut langsung ke jendela browser.

PDF Chrome Cara Cepat Rotasi Dokumen PDF di PC/Laptop 1 PDF Chrome

2. Sekarang, klik ikon rotasi yang melambangkan anak panah melingkar. Setiap browser mungkin memiliki gaya ikon yang berbeda, namun secara umum bentuknya sama.

Ikon rotasi Cara Cepat Rotasi Dokumen PDF di PC/Laptop 2 Ikon rotasi

3. Kini dokumen PDF sudah dirotasi.

Landscape PDF Cara Cepat Rotasi Dokumen PDF di PC/Laptop 3 Landscape PDF

Perlu diingat bahwa perubahan orientasi ini bersifat sementara. Artinya, ketika dokumen kembali dibuka, maka ia akan berada pada orientasi aslinya sehingga harus dirotasi kembali.

#2 Cara rotasi PDF menggunakan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat bisa jadi merupakan software PDF viewer yang sudah terinstal di PC/laptop kamu. Software ini juga mendukung rotasi dokumen, berikut caranya.

1. Buka dokumen PDF menggunakan Adobe Acrobat.

PDF Adobe Acrobat Cara Cepat Rotasi Dokumen PDF di PC/Laptop 4 PDF Adobe Acrobat

2. Pergi ke menu View > Rotate View kemudian pilih Clockwise (searah jarum jam) atau Counterclockwise (berlawanan arah jarum jam).

Rotate View Cara Cepat Rotasi Dokumen PDF di PC/Laptop 5 Rotate View

3. Dokumen PDF sudah dirotasi.

Rotated PDF Cara Cepat Rotasi Dokumen PDF di PC/Laptop 6 Rotated PDF

Sama seperti versi browser, memutar PDF di Adobe Acrobat hanya bersifat sementara. Artinya, orientasi dokumen akan kembali seperti semula ketika dibuka kembali.

Kesimpulan

Untuk merotasi file PDF bisa menggunakan browser modern, seperti Chrome, Firefox, atau Edge. Caranya dengan menekan tombol rotasi (anak panah melingkar). Alternatif lain bisa menggunakan Adobe Acrobat melalui menu View > Rotate View > Clockwise/Counterclockwise.

Semoga membantu.