WORDPRESS

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress Gratis

Secure Socket Layer (SSL) adalah sistem komunikasi kriptografi yang memastikan pengiriman dan penerimaan informasi di internet dilakukan secara aman. Selain keamanan, Google juga mengonfirmasi penggunaan sertifikat SSL sebagai salah satu faktor peringkat sebuah website di mesin pencari. Tidak heran jika belakangan banyak pengembang website yang berbondong-bondong memasang SSL di situs mereka.

Untungnya, memasang SSL tidaklah sulit dan sama sekali tidak memerlukan keahilan teknis di bidang jaringan dan programming. Bahkan orang awam juga bisa melakukannya dalam hitungan menit.

Kali ini saya akan memperlihatkan prosedur instalasi SSL CloudFlare pada platform WordPress.org, sebuah CMS yang sangat populer termasuk di Indonesia. Baik CloudFlare maupun WordPress telah mendukung satu sama lain sehingga dukungan berupa plugin juga sudah tersedia.

Oke, langsung saja cara pasang SSL CloudFlare di WordPress. Ada baiknya jika terlebih dahulu kamu sudah mendaftar di CloudFlare (gratis).

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

1. Masuk ke akun CloudFlare kemudian klik tombol Add Site.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

2. Kemudian masukan alamat situs WordPress yang ingin kamu berikan sertifikat SSL CloudFlare. Lalu klik Add Site.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

3. Pilih paket yang kamu inginkan sesuai kebutuhan. Kamu bisa memulai versi gratis lalu upgrade kapan saja kamu membutuhkannya. Klik Confirm Plan.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

4. CloudFlare akan me-render halaman web dan menentukan jalur mana saja yang bisa dipasang SSL. Jika kamu tidak terlalu memahami hal ini dan hanya sekedar ingin “memasang SSL CloudFlare di WordPress”, silahkan langsung klik Continue.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

5. Di langkah ini kamu harus mengganti nameservers dari domain website WordPress. Silahkan cari panduan untuk masing-masing penyedia domain. Saya sudah memposting cara mengganti nameservers di RumahWeb, namun setiap registrar punya prosedur yang berbeda-beda.

Setelah nameservers domain diganti ke nameservers CloudFlare, klik Continue.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

6. Sampai di sini CloudFlare secara regular memeriksa apakah nameservers sudah berubah. Perlu diingat bahwa perubahan nameservers bisa berlangsung hingga 24 jam. Meski begitu, menurut pengalaman saya, CloudFlare sudah mendeteksinya setelah beberapa jam.

Silahkan bookmark halaman tutorial ini dan buka lagi beberapa jam kemudian karena masih ada langkah yang harus ditempuh.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

7. Buka lagi halaman Overview CloudFlare, jika terlihat seperti berikut ini maka nameservers sudah dikonfirmasi.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

8. Pergi ke dasbor WordPress kamu, instal dan aktifkan plugin CloudFlare. Lalu pergi ke halaman pengaturan plugin CloudFlare, klik Sign in here.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

9. Masukan alamat email akun CloudFlare kamu dan API Key. Jika kamu tidak mengetahuinya, baca panduan cara mengetahui API Key CloudFlare.

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

10. Terakhir, instal dan aktifkan plugin Really Simple SSL. Plugin ini segera mengidentifikasi konfigurasi SSL situs kamu dan akan memberikan informasi apabila SSL sudah bisa dipakai. Klik Go ahead, activate SSL!

Cara Pasang SSL CloudFlare di WordPress

Setelah SSL diaktifkan kamu akan ‘ditendang’ keluar dari situs WordPress dan diminta login kembali. Kamu bisa melihat SSL yang aktif pada address bar dimana HTTP berubah menjadi HTTPS.

Jika Really Simple SSL tidak mendeteksi sertifikat SSL CloudFlare, besar kemungkinan bahwa konfigurasi tidak sepenuhnya selesai. Kamu harus menunggu beberapa waktu (jam) lagi.

Website WordPress baru dengan SSL akan terdeteksi oleh Google dalam hitungan hari. Kamu juga bisa menuju Google Webmaster untuk meminta percepatan identifikasi SSL.

So, begitulah cara memasang SSL CloudFlare di WordPress self hosted. Meski sudah mengikuti petunjuk, masih ada kemungkinan kamu menemui masalah. Untuk itu, jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar.