SOFTWARE

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Google Chrome

Google Chrome secara berkala memberikan update secara otomatis meski kamu tidak menyadarinya. Update ini bertujuan untuk memperbaiki bug, menambah fitur, dan meningkatkan keamanan.

Namun ini juga membuat bandwidth internet termakan dan bisa jadi tampilan baru Chrome kurang nyaman untukmu.

Berikut ini cara menonaktifkan update otomatis pada Chrome desktop dan Android. Meski dimatikan, update secara manual tetap bisa dilakukan.

Cara menonaktifkan update otomatis Chrome PC

1. Buka Start Menu kemudian cari Run.

Cara Menonaktifkan Google Chrome Update

2. Setelah itu ketikan msconfig kemudian klik OK.

Cara Menonaktifkan Google Chrome Update

3. Pergi ke tab Services kemudian centang Hide all Microsoft services.

Cara Menonaktifkan Google Chrome Update

4. Cari Google Update Service (gupdate)/(gupdatem) kemudian hilangkan centang pada dua nama tersebut. Setelah itu klik OK.

Cara Menonaktifkan Google Chrome Update

5. Terakhir, Restart komputer kamu untuk mendapatkan efeknya.

Cara Menonaktifkan Google Chrome Update

Setelah pengaturan ini diterapkan, kemampuan update otomatis pada Chrome akan hilang. Namun kamu bisa melakukan update Chrome secara manual jika diperlukan.

Cara menonaktifkan update otomatis Chrome Android

hilangkan update otomatis chrome android Cara Menonaktifkan Update Otomatis Google Chrome 1 hilangkan update otomatis chrome android

Untuk menonaktifkan update otomatis pada Chrome Android, cukup pergi ke halaman aplikasi di Play Store, tap ikon menu, kemudian hilangkan centang pada opsi Aktifkan update otomatis.


Walaupun update otomatis dimatikan, sangat disarankan untuk memeriksa pembaharuan secara berkala. Sebab tidak menutup kemungkinan ada update yang bersifat darurat dan harus segera diinstal.