WINDOWS

5 Cara Mematikan Windows Update Agar Kuota Lebih Hemat

Windows 10 bukanlah produk, melainkan layanan. Dengan begitu Microsoft akan terus memperbaharui sistem operasinya melalui Windows Update agar sesuai dengan kebutuhan zaman.

Namun untuk beberapa alasan, kamu tidak menonaktifkan Windows Update dan memastikan Windows 10 tetap pada versinya secara konsisten, atau sekedar ingin menghemat kuota internet.

Berikut ini adalah 5 cara mematikan Windows Update, baik itu untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Cara mematikan Windows Update via Services

Memanipulasi file sistem latar Windows Services agar tidak melakukan update otomatis. Berlaku untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

1. Klik Start, kemudian cari services.msc lalu bukan program bernama Services tersebut.

Cara Mematikan Windows Update

2. Scroll ke bawah hingga menemukan Windows Update. Klik kanan, lalu pilih Properties.

Cara Mematikan Windows Update

3. Pada bagian Startup type, ubah Automatic menjadi Manual. Lalu klik OK.

Cara Mematikan Windows Update

Meski Automatic Update dimatikan, kamu tetap bisa update Windows namun secara manual lewat Settings → Update & Security → Windows Update → Check for updates.

Menonaktifkan Windows Update via Group Policy Editor

Sama seperti metode sebelumnya, kamu tetap bisa memulai update dengan cara manual dengan menuju Settings → Update & Security → Windows Update → Check for updates.

1. Cari via Start Menu, gpedit.msc kemudian bukan program bernama Edit group policy.

Cara Mematikan Windows Update

2. Pada panel sebelah kiri, arahkan ke Computer Configuration → Administrative Templates → Windows Components → Windows Update. Kemudian di panel kanan, cari Configure Automatic Updates lalu double-click.

Cara Mematikan Windows Update

3. Pilih Disabled, lalu OK.

Cara Mematikan Windows Update

Alternatif lain adalah dengan memilih Enabled, kemudian pilih Notify for download and notify for install. Dengan begitu, Windows akan memberi tahu kamu ketika ada update dan meminta konfirmasi kamu untuk memulai proses unduhan.

Mencegah Windows Update dengan Metered Connection

Metered Connection dianggap sebagai jaringan internet kuota sehingga Microsoft tidak mengunduh file update secara otomatis. Opsi ini hanya ada di Windows 10.

1. Klik icon sinyal di sisi kanan Taskbar, lalu klik Properties pada jaringan internet yang ingin kamu atur.

Cara Mematikan Windows Update

2. Set ke On pada Metered connection.

Cara Mematikan Windows Update

Jika sedang terhubung pada Metered Connection, Windows tidak bisa melakukan update, sekalipun kamu trigger secara manual. Untuk meng-update, kamu harus menonaktifkan Metered Connection terlebih dahulu atau pindah ke jaringan internet lagi.

Menghentikan update menggunakan mode Power Saving

Dalam mode Power Saving, Windows Update secara default tidak berjalan karena proses ini memakan resources yang cukup besar. Pilihan ini sangat dianjurkan bagi perangkat laptop dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

1. Klik Start, kemudian cari Choose a power plan.

Cara Mematikan Windows Update

2. Pada additional plans, tandai Power saver.

Cara Mematikan Windows Update

Sebagai tambahan, pada perangkat laptop, tablet, atau notebook, kamu bisa dengan mudah mengaktifkan Power Saving melalui ikon baterai di Taskbar.

Selama mode Power Saving aktif, proses download dan instal Windows Update tidak akan berjalan. Jika ingin melakukan update, Power Saving harus dinonaktifkan terlebih dahulu.

Mematikan Update via PowerShell

Sebenarnya metode ini adalah versi singkat dari metode pertama di atas. Jika kamu tipe orang yang ingin serba cepat dan dinamis, mungkin cara yang ini sangat cocok untuk kamu.

1. Buka Windows PowerShell.

2. Masukan perintah berikut:

stop-service wuauserv
set-service wuauserv –startup disabled

Jika ingin menyalakan update kembali, gunakan perintah berikut:

set-service wuauserv –startup manual
start-service wuauserv

Itulah beberapa cara mematikan Windows Update pada beberapa sistem operasi terbaru.

Meski kamu memiliki kekuasaan untuk mengontrol update, Windows 10 tetaplah sebuah layanan yang akan terus diperbaharui oleh Microsoft.

Kamu boleh saja mengabaikan update minor, namun apabila ada update mayor, terlebih demi keamanan, maka ada baiknya kamu menyalakan Windows Update kembali.