Cara Kompres Dokumen Word Hingga 80% Dengan Trik Ini

Dokumen Microsoft Word dengan konten beragam dan panjang biasanya akan lebih besar ukurannya ketimbang dokumen lain yang hanya berisi teks dan sedikit gambar. Ini bukan hanya menjadi masalah bagi kapasitas penyimpanan perangkat, namun juga ketika dokumen hendak diunggah ke internet.

Sebagai contoh, tidak jarang website membatasi ukuran maksimal dokumen yang dapat diunggah sehingga memaksa pengguna untuk memangkas dokumen agar lebih kecil.

Berikut ini adalah tips untuk memperkecil ukuran dokumen Word dengan tingkat reduksi yang cukup signifikan. Terdapat dua metode yakni melalui program itu sendiri dan memanfaatkan tools online.

#1 Cara kompres dokumen langsung di Microsoft Word

1. Buka dokumen Word yang ingin dikompres.

Microsoft Word 6 Cara Kompres Dokumen Word Hingga 80% Dengan Trik Ini 1 Microsoft Word 6

2. Klik pada salah satu gambar kemudian klik Picture Format di bagian atas.

picture format 5 Cara Kompres Dokumen Word Hingga 80% Dengan Trik Ini 2 picture format 5

3. Lanjut ke Compress Pictures.

compress pictures 2 Cara Kompres Dokumen Word Hingga 80% Dengan Trik Ini 3 compress pictures 2

4. Hilangkan centang pada Apply only to this picture, pilih tingkat resolusi Email lalu tekan OK.

compress pictures 3 Cara Kompres Dokumen Word Hingga 80% Dengan Trik Ini 4 compress pictures 3

5. Dokumen sudah berhasil dikompres dan boleh disimpan. Disarankan untuk melalui opsi File > Save As untuk berjaga-jaga apabila dokumen asli yang belum dikompres dibutuhkan.

save as 1 Cara Kompres Dokumen Word Hingga 80% Dengan Trik Ini 5 save as 1

Dengan metode di atas saya berhasil memangkas dokumen yang tadinya berukuran 700KB menjadi hanya 404KB atau berkurang 42%.

Jika ingin tingkat kompresi yang lebih agresif, coba manfaatkan beberapa website berikut.

#2 Kompres dokumen Word dengan tools online

wecompress Cara Kompres Dokumen Word Hingga 80% Dengan Trik Ini 6 wecompress

Ada puluhan website yang menawarkan jasa kompresi dokumen DOC/DOCX secara instan. Namun dari semua itu, sebagian hanya tersedia melalui akun premium (berbayar) dan sebagian lainnya tingkat kompresinya rendah.

Berikut ini saya temukan tiga tools online gratis yang mampu memotong ukuran dokumen setidaknya di atas 70% berdasarkan percobaan saya. Disarankan untuk mencoba semuanya dan lihat mana yang paling sesuai hasilnya.

Apakah bisa kompres dokumen yang berisi teks semua?

Tidak seperti gambar, teks merupakan bentuk elemen yang paling kecil sehingga nyaris mustahil untuk memperkecilnya lagi. Dari ketiga tools di atas, hanya Compress.com dan Docucompress yang dapat mengompres dokumen dengan teks murni.

Namun tingkat reduksinya relatif minimal, berkisar di antara 5 hingga 10 persen.

Opsi lainnya yang mungkin dapat kamu ikuti ialah mengubah format dokumen ke DOCX apabila masih menggunakan DOC. Format DOCX lebih modern dan bisa didapatkan melalui versi Microsoft Word terbaru maupun aplikasi konversi online.

pdf vs docx Cara Kompres Dokumen Word Hingga 80% Dengan Trik Ini 7 pdf vs docx

Alternatif lainnya yang bisa kamu coba ialah dengan mengubah dokumen Word ke PDF karena format ini jauh lebih ringkas dibanding DOCX sekalipun. Ditambah lagi, dokumen PDF dapat dikompres lagi menggunakan tools offline maupun beberapa tools online gratis ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.