APLIKASI

3 Cara Hemat Kuota Instagram Paling Ampuh! (2018)

Sebagai aplikasi yang padat akan konten foto dan video, Instagram secara teknis sangat boros kuota.

Waktu terbaik untuk membuka Instagram adalah saat terhubung dengan jaringan WiFi. Sayangnya, untuk orang yang punya mobilitas tinggi, paket data otomatis menjadi satu-satunya opsi.

Satu konten video, misalnya, bisa mengonsumsi kuota beberapa megabyte. Dalam sekali scroll di fitur Explore kamu akan menemukan belasan video. Bayangkan berapa banyak kuota yang habis saat kamu membuka Instagram selama 5 menit.

Nah, untuk kamu yang punya kuota internet “pas-pasan” sebaiknya ikuti beberapa tips berikut agar Instagram tidak lagi menguras isi kuota.

Berikut 3 cara hemat kuota Instagram yang paling sering digunakan (Android & iOS).

Hemat kuota Instagram dengan mengaktifkan fitur Cellular Data

1. Buka aplikasi Instagram, tap ikon profil, kemudian tap ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas, lalu pilih Settings.

2. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan Cellular Data Use.

Cara Hemat Kuota Instagram

3. Terakhir, aktifkan Use Less Data.

Cara Hemat Kuota Instagram

Cara ini membuat video tidak akan dimuat sampai kamu memutarnya sendiri. Sementara foto akan tetap dimuat seperti biasa.

Kurangi aktivitas Instagram dengan mematikan notifikasi

1. Buka aplikasi Instagram, tap ikon profil, kemudian tap ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas, lalu pilih Settings.

2. Cari menu Push Notifications.

Cara Hemat Kuota Instagram

3. Pilih Off pada jenis notifikasi yang ingin kamu matikan di Instagram. Kamu juga bisa memilih untuk tetap mengaktifkan notifikasi dari orang-orang tertentu.

Cara Hemat Kuota Instagram

Dengan mematikan Push Notifications, notifikasi Instagram tidak lagi beroperasi di sistem latar. Dengan demikian, konsumsi kuota juga berkurang meski perlu diketahui bahwa metode ini hanya memberikan efek minor.

Pengguna Android Nougat bisa mengaktifkan Data Saver

1. Jalankan Android Settings lalu tap Data usage yang terletak di kolom Wireless & networks.

2. Setelah itu, tap opsi Data saver.

Cara Hemat Kuota Instagram

3. Terakhir, nyalakan Data saver dengan tombol slide. Sebagai tambahan, opsi Data Saver juga bisa ditemukan di Notification Bar.

Cara Hemat Kuota Instagram

Menurut Google, fitur Data Saver dapat mengurangi resolusi gambar, mengurangi bitrate pada video, compress data, dan meniadakan fungsi yang dirasa terlalu memboroskan kuota.

Data Saver tidak hanya bertampak pada Instagram, tetapi juga aplikasi lain yang sudah mendukung kemampuan ini.

Apakah Instagram memiliki versi Lite?
Hingga saat ini pihak Instagram belum merilis versi Lite dari aplikasi utamanya. Hati-hati, jangan tertipu dengan aplikasi palsu yang mengaku sebagai Instagram Lite.
Apakah mode Cellular Data Use hanya berlaku dalam mode data selular?
Sayangnya tidak. Meski dinamai Cellular Data Use, Instagram tidak akan memuat video secara otomatis walaupun kamu sudah terhubung ke WiFi.

 

Itulah beberapa cara menghemat kuota Instagram dengan mudah. Jika ada pertanyaan, jangan ragu menulisnya di kolom komentar 🙂