Sebagian pengguna BCA mobile pasti pernah menemui masalah saat sedang menggunakan layanan perbankan ini.
Sebut saja seperti gagal transfer, pending terlalu lama, hingga tidak bisa masuk ke aplikasi.
Untungnya, melakukan verifikasi ulang BCA mobile bisa menyelesaikan sebagian besar masalah.
Contohnya saya pribadi pernah tidak bisa membuat daftar transfer dan baru bisa berhasil setelah verifikasi ulang.
Berikut panduan verifikasi ulang BCA mobile dengan benar serta beberapa penyelesaian masalah yang mungkin terjadi.
Update: BCA mobile kini mewajibkan foto KTP dan swafoto untuk keperluan verifikasi. Persiapkan dokumen tersebut dan pastikan kamu berada di tempat yang cukup pencahayaan.
1. Jalankan aplikasi BCA mobile terbaru di ponsel Android atau iOS kamu. Kemudian tap ikon ( i ) di bagian kanan atas.
Sementara pengguna aplikasi BCA versi lama bisa tap tombol About.
2. Tap Verifikasi Ulang.
3. Pilih Simpan jika kamu ingin tetap menyimpan pesan masuk lama.
4. Masukan 16 digit angka yang tertera di kartu ATM kamu kemudian tap OK.
5. Tunggu hingga proses verifikasi selesai. Pastikan kamu memiliki pulsa dan akses internet demi menghindari error. BCA mobile akan meminta untuk mengirim SMS verifikasi. Setelah terkirim, kembali ke aplikasi BCA mobile.
Menerima pesan error? Scroll ke bawah untuk lihat pembahasan setiap kemungkinan error saat verifikasi ulang.
6. Masukan kode akses yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Kemudian tap OK.
Boleh juga menggunakan akses kode lama.
7. Selesai, kamu akan diarahkan ke tampilan standar BCA mobile setelah verifikasi ulang berhasil.
Sebagai informasi, apabila kamu berganti ponsel, BCA mobile memerlukan ekstra proses berupa verifikasi KTP dan swafoto. Pastikan kamu mempersiapkannya.
Proses verifikasi ulang bisa saja mengalami kendala. Berikut ini penyebab populer mengapa kamu mengalami error khususnya pada langkah nomor 5.
Pengguna ponsel dual-SIM bisa dipastikan mengalami masalah ini sebab BCA mobile gagal mengirim pesan ke server dikarenakan ada dua nomor terdaftar di ponsel.
Solusi: Pastikan pengaturan pengiriman SMS adalah SIM 1 (nomor terdaftar). Untuk pengguna Android bisa ke Pengaturan → Kartu SIM → Pesan SMS → pilih SIM 1
Bila perlu, cabut terlebih dahulu SIM 2 kemudian lakukan verifikasi lagi.
Ponsel Xiaomi secara default “menghalangi” BCA mobile untuk melakukan pengiriman pesan. Maka dari itu pengguna harus mengaktifkannya secara manual.
Solusi: Pergi ke Pengaturan → Aplikasi →BCA mobile → Izin → aktifkan SMS.
Ada kemungkinan versi aplikasi BCA mobile tertentu memiliki bug yang tanpa disadari membuat proses verifikasi ulang tidak berjalan
Solusi: Update aplikasi ke versi terbaru, restart ponsel kamu, kemudian coba lagi. Beberapa pihak melaporkan bug terdapat di versi BCA mobile 1.5 atau lebih rendah sebagaimana mestinya.
Masih menemui masalah?
Silahkan coba hubungi BCA via chat atau kontak nomor telepon resmi Halo BCA 1500888 atau Twitter @HaloBCA.
Lihat Komentar
Tpi d Ponsel Aq tdk ada Aboutnya bgmna ini..
Halo Suhartini,
Terimakasih atas feedbacknya. Setelah saya periksa, ternyata itu dikarenakan aplikasi m-BCA versi baru sudah memindahkannya ke tombol (i) di kanan atas layar.
Semoga membantu :)
Terima kasih , barusan aku coba verifikasi ulang dengan petunjuk dari penulis, Alhamdulillah berhasil. Terima kasih banyak ilmunya semoga penulis tambah sukses
Terimakasih banyak Tian, senang bisa membantu :)
اَلْحَمْدُلِلّهِ
Sangat membantu
Terimakasih
Sama-sama Mundiyati :)
sama. Sudah bnrapa hari ini saya tidak bisa Log in. Juga tidak ada Teks ferivikasi di bawah kolom i.
Sebelumnya sy belum baca tread ini, sy langsung instal ke versi baru mbanking bca nya...sampai sekarang tidak bisa di verifikasi dan selalu gagal. Mungkin ada solusi,trims
Halo Laila, boleh tau gagalnya di langkah yang mana? Jika masih terus gagal, coba hubungi Halo BCA di 1500888 untuk informasi lebih lanjut.
Min mau tanya nih,, punya saya kan awalnya verifikasi SIM card tsel nah setelah beberapa bulan SC nya keblokir terus saya cabut dari ponsel .. setelah saya cabut ga bisa lagi login mbanking.. apa dengan cara verifikasi ulang kaya yang dianjurkan tadi bisa berhasil terimakasih 🙏
Untuk melakukan verifikasi ulang dari luar negeri apakah juga harus mengaktifkan mobile data SIM card yg telah terdaftar di m-BCA atau dapatkah menggunakan jaringan WiFi?
Mohon bantuannya