APLIKASI

Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, Dicoret, dan Monospace di WhatsApp

Pada 2016 lalu, WhatsApp telah memiliki fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat tulisan tebal, miring, dicoret, dan monospace di dalam percakapan.

Sayangnya, tidak banyak pengguna yang tahu cara menggunakannya. Sebab opsi tersebut tidak dihadirkan dalam editor teks, melainkan menggunakan karakter spesial.

Lantas, seperti apa kode untuk formatting di WhatsApp?

Berikut ini saya paparkan cara membuat huruf tebal, miring, dicoret, dan monospace di WhatsApp.

Trik ini melibatkan penggunaan karakter spesial pada keyboard. Setiap ponsel memiliki tampilan keyboard yang berbeda-beda. Kamu mungkin perlu mencari sendiri lokasi karakter yang diperlukan.

Cara membuat huruf tebal di WhatsApp

Cara Membuat Huruf Tebal di WhatsApp

Untuk membuat teks bercetak tebal (bold), gunakan tanda bintang (*) di antara tulisan yang ingin ditebalkan. Sehingga hasilnya seperti berikut:

*pesan WhatsApp di sini*

Huruf tebal berguna untuk menegaskan sesuatu, kalimat yang penting, atau poin utama yang harus diketahui dari sebuah pesan.

Cara membuat huruf miring di WhatsApp

Cara Membuat Huruf Miring di WhatsApp

Untuk membuat teks miring (italic), gunakan tanda underscore (_) di antara tulisan yang ingin dicetak miring. Sehingga hasilnya seperti berikut:

_pesan WhatsApp di sini_

Huruf miring umumnya dipakai untuk menuliskan kata asing atau kutipan dari pernyataan seseorang. Namun huruf miring juga bisa dipakai untuk menegaskan sesuatu.

Cara membuat huruf dicoret di WhatsApp

Cara Membuat Huruf Dicoret di WhatsApp

Untuk membuat teks dicoret (strikethrough), gunakan tanda tilde (~) di antara tulisan yang ingin dicoret. Sehingga hasilnya seperti berikut:

~pesan WhatsApp di sini~

Huruf yang dicoret dipakai ketika ada pernyataan yang direvisi atau disensor, sehingga teks asli tetap bisa terbaca namun konteksnya sudah tidak berlaku lagi.

Cara membuat huruf monospace di WhatsApp

Cara Membuat Huruf Monospace di WhatsApp

Untuk membuat teks monospace, gunakan 3 buah tanda backtick (‘) di antara tulisan yang ingin dicoret. Sehingga hasilnya seperti berikut:

'''pesan WhatsApp di sini'''

Huruf monospace memiliki sifat dimana jarak antara huruf adalah sama. Biasanya dipakai untuk menuliskan bahasa pemograman.

WhatsApp secara otomatis memberikan live preview apabila karakter spesial yang diperlukan sudah ditempatkan di antara teks yang ingin diubah formatnya.

Sementara WhatsApp versi web dan desktop tidak diberikan fitur live preview namun kamu tetap bisa menggunakan huruf tebal, miring, dicoret, dan monospace seperti biasa.

Cara cepat membuat huruf tebal, miring, dicoret, dan monospace di WhatsApp

Ternyata, ada cara instan mengedit tipe huruf di WhatsApp jika kamu enggan menggunakan karakter spesial. Lihat panduannya di bawah ini.

1. Buat tulisan pesan seperti biasa, kemudian tap dan tahan (blockquote) tulisan yang ingin diubah formatnya.

2. Akan muncul menu seperti berikut, tap ikon tiga titik vertikal untuk Android sementara iPhone bisa menggunakan tombol BIU.

Cara mengubah jenis huruf di WhatsApp

3. Selanjutnya kamu bisa memilih apakah ingin menggunakan Bold, Italic, Strikethrough atau Monospace.

Cara mengubah jenis huruf di WhatsApp

Baik. Itulah cara membuat teks tebal, miring, dicoret, dan monospace di WhatsApp.

Tentu saja si penerima akan mendapatkan tampilan pesan sama persis seperti yang sudah kamu buat.

Jika ada pertanyaan atau feedback, silahkan tulis di kolom komentar 😊

Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, Dicoret, dan Monospace di WhatsApp