Kategori: INTERNET

Cara Mengganti Nama PayPal Menggunakan KTP

Nama di akun PayPal sangatlah penting sebagai bukti bahwa kamu adalah pengguna yang terverifikasi. Nama yang tidak sesuai dengan identitas resmi akan menyebabkan masalah ketika melakukan transaksi, bahkan menghalangi proses verifikasi rekening.

Untuk itu kamu perlu mengganti nama akun PayPal dengan nama resmi kamu yang ada pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Panduan berikut ini akan membantu kamu mengganti nama PayPal dengan mudah.

#1 Siapkan dokumen pendukung

Ada beberapa dokumen kependudukan yang wajib disiapkan sebelum mengganti nama akun PayPal. Antara lain:

  • KTP (wajib)
  • KK (tidak tertera di PayPal namun sudah saya coba berhasil)
  • Surat nikah
  • Surat cerai
  • Akta perubahan nama

Siapkan cukup dua dokumen saja, satu adalah KTP, sementara yang lainnya bisa menggunakan KK, surat nikah, surat cerai, atau akta perubahan nama.

#2 Mengganti nama di akun PayPal

Catatan: Panduan di bawah ini berdasarkan tampilan PayPal versi web mobile. Tampilan akan berbeda pada perangkat seperti komputer atau tablet, namun langkah-langkahnya tetap sama.

1. Masuk ke akun PayPal, kemudian tap ikon menu.

2. Tap ikon roda gigi.

3. Pada kolom nama, tap Edit.

4. Pilih alasan penggantian nama.

5. Upload dokumen yang sudah disiapkan.

6. Centang Saya ingin mengubah nama, kemudian Kirim.

7. Selesai. Kini tinggal menunggu maksimal 7 hari kerja untuk proses verifikasi.

#3 Menerima notifikasi penggantian nama

Dalam beberapa hari ke depan, kamu akan menerima email dari PayPal terkait permintaan penggantian nama. Dalam kasus saya, butuh waktu 5 hari sampai permintaan penggantian nama disetujui.

Uniknya, PayPal langsung mengganti nama akun saya secara otomatis berdasarkan dokumen yang dikirim. Nama keluarga tampaknya tidak disertakan. Namun PayPal pasti punya alasan tersendiri, mungkin karena memang tidak diperlukan atau karena nama saya sudah cukup panjang.


Itulah cara mengganti nama akun PayPal bermodalkan KTP dan KK. Jika mengalami kesulitan saat proses penggantian nama, silakan hubungi PayPal untuk informasi lebih lanjut.

Lihat Komentar

  • gan ane kan pas daftar PP cuman isi nama depan & belakang (aaa ccc), nah tapi nama di rekening bank lokal ane lengkap 3 suku kata (aaa bbb ccc), misal ane mau nambah nama tengah apa caranya sama kaya diatas?

    • Halo ALvian,

      Iya betul, caranya sama seperti di atas karena termasuk perubahan nama yang sifatnya signifikan. Kalau cuma penambahan satu atau dua karakter biasanya bisa langsung diedit di PayPal.

      • Punyaku nama.nya salah satu huruf aja.. Gimana cara editnya bang? Soalnya gk ada tombol buat edit.. Trus Punyaku akun bisnis.. harus minta surat kuasa di briefnya.. ngikut cara di blog ini atau perlu bikin tambahan surat kuasa

    • Halo gan , kalo pake Kartu Keluarga untuk pengganti data yg nomer 2 itu bisa ? jadi saya inputnya KTP sama KK saja. itu bisa ? tolong konfirmasinya gan

      • KTP lebih direkomendasikan, tapi tidak ada salahnya mencoba pakai KK. Apabila tidak diterima, PayPal akan memberi tahu.

  • Gan or sdh dapet pesannya kayak Punta Mas, kalau sdh di ganti, tapi kok gk berubahnya? Apa harus nunggu?

    • Lihat petunjuk yang dijelaskan PayPal selanjutnya. Dalam kasus saya, PayPal mengganti nama akun saya secara otomatis sehingga tidak diperlukan tindakan manual.

  • Kak, kalau nama kita cuma satu suku kata doang, bagaimana cara daftarnya?

  • gan,, karna ane gx punya buku tabungan, dan sebelum ny ane dftar dah pke ktp ane sendiri. Bsa gak ane ganti nama pke ID/KTP sodara (karna dia dah punya buku tabungan),, biar bsa transfer ke lokal bank.
    gmna gan!?

    • Wah, sepertinya bakal sulit. Setahu saya nama PayPal dan rekening harus sama persis. Alternatif lain, coba minta saudara bapak untuk membuat akun PayPal.

  • halo gan, saya bingung banget nih ngisi first name sama last name di akun paypal, nama saya terdiri dari 5 suku kata. di rekening bank ga ada penulisan first name sama last name, jadi langsung kegabung semua. gimana ya? sedangkan nama paypal dan rekening bank harus sama.

    • Kalau begitu, saya sarankan hubungi pihak PayPal. Mereka akan beritahu cara mengatasinya.

Bagikan!
Dipublikasikan oleh
Christian