WINDOWS

3 Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan Serta Dampaknya

Memiliki Windows 10 asli memberikan banyak keunggulan seperti pembaharuan rutin oleh Microsoft, keamanan lebih tinggi, dan fitur yang lebih lengkap. Namun bagaimana cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan? Apakah kamu yakin menggunakan Windows 10 original?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Microsoft telah menyediakan beberapa metode untuk melihat apakah Windows 10 kamu merupakan produk resmi atau ilegal.

Oke, sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Perlu diketahui…

Sebenarnya tidak ada yang namanya Windows 10 bajakan.

Microsoft resmi merilis Windows 10 gratis, tapi ada beberapa limitasi seperti tanpa dukungan update rutin, fitur lebih sedikit, dan adanya watermark “Activate Windows” di sisi kanan bawah.

Selebihnya, komputer tetap bisa digunakan secara normal, entah itu untuk mengerjakan tugas, browsing, memutar video, atau bermain video game.

Jika ingin mendapat pengalaman Windows 10 secara maksimal maka kamu perlu melakukan aktivasi alias membeli lisensi original.

Baik, langsung saja menuju tutorial.

#1 Cek Keaslian Windows dengan System Settings

Cara yang paling sederhana ialah dengan melihat informasi dari System Settings.

Cukup cari Activation melalui menu Start kemudian jalankan programnya. Pada kolom Activation kamu bisa melihat apakah Windows 10 sudah diaktivasi beserta jenis lisensi yang dipakai.

Jika tertulis pesan “Windows is not activated” itu artinya tidak ada lisensi valid yang dipakai pada komputer kamu.

#2 Cara membedakan Windows 10 asli dan bajakan via CMD

Kamu juga bisa melihat status aktivasi Windows melalui perintah di Command Prompt (CMD).

Pertama, cari CMD lewat menu Start kemudian jalankan programnya. Setelah itu ketikan perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

slmgr /xpr

Sesaat setelah diproses, akan muncul pesan terkait status aktivasi. Jika bertuliskan “The machine is permanently activated” itu berarti Windows yang dipakai adalah original dan kamu akan mendapat update seumur hidup oleh Microsoft.

#3 Cara mengetahui kode aktivasi Windows 10

Kode lisensi atau Product ID merupakan identitas setiap komputer yang sudah teraktivasi.

Untuk melihatnya, silahkan menuju Windows Explorer. Klik kanan pada This PC lalu pilih Properties. Lihat pada sesi Windows activation, di sana tertera kode dan status aktivasi.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin kamu tanyakan terkait Windows 10 asli atau bajakan.

Apakah keygen membuat Windows 10 jadi asli?

Tidak. Aplikasi keygen atau crack atau semacamnya tidak akan membuat Windows 10 jadi asli. Itu hanya menghilangkan watermark aktivasi dan membuka sejumlah fitur yang dikunci. Kamu juga tetap tidak akan mendapat layanan utama, yakni Windows Update.

Bagaimana dengan komputer/laptop yang dari sananya sudah pakai Windows 10?

Jika kamu membeli satu paket komputer atau laptop baru yang sudah terpasang Windows 10, bisa dipastikan lisensinya original (OEM) dan kamu tetap akan mendapat keunggulan Windows Update. Pihak Microsoft tidak akan memberikan layanan dukungan teknis, semuanya bergantung pada si manufaktur perangkat.

Apakah lisensi OEM mendapat dukungan dari Microsoft?

Dukungan berupa update fitur dan keamanan, ya. Tetapi jika terjadi masalah teknis, yang bisa kamu tanyakan adalah manufaktur perangkat tersebut.

Apakah mengganti lisensi bisa mengganti versi Windows 10 juga?

Tentu saja. Jika kamu menggunakan Windows 10 Home lalu membeli lisensi Windows 10 Pro, maka sistemnya akan berubah menjadi Windows 10 Pro.

Apa yang terjadi jika pengguna Windows 10 bajakan melakukan aktivasi?

Jika kamu menggunakan Windows 10 bajakan, lalu melakukan aktivasi lisensi original, maka sistem segera melakukan update agar mendapat segala pembaharuan dari Microsoft. Biasanya program crack yang sebelumnya dipakai juga lenyap karena dianggap malware, jadi tidak perlu repot instal ulang.

Apakah Windows 10 bajakan bisa upgrade ke Windows 11?

Melihat data historis upgrade dari Windows 7 dan Windows 8 ke Windows 10, tidak menutup kemungkinan Microsoft akan menawarkan upgrade cuma-cuma ke Windows 11. Akan tetapi statusnya belum teraktivasi sehingga beberapa fitur menjadi dibatasi kecuali kamu melakukan aktivasi menggunakan lisensi resmi.

Cek terlebih dahulu apakah PC/laptop kamu sanggup menjalankan Windows 11.


Jadi, apakah selama ini kamu adalah pengguna Windows 10 asli?

Untuk yang bajakan, apakah ada rencana untuk membeli lisensi original? Tulis pengalamanmu!

Lihat Komentar

  • Apakah kalau beli laptop baru dah ada windows 10 home dah ga perlu di apa2in lagi? Artinya dah bisa langsung di pakai dan ga beli perangkat lain lagi? Trim,s penjelasanya.

    • Halo Sunaryo, betul sekali. Perangkat tersebut sudah mendapatkan lisensi Windows 10 Home OEM (bawaan pabrik) sehingga sudah siap pakai dan bisa menerima pembaharuan resmi dari Microsoft. Sementara untuk support bisa ditanyakan ke manufaktur perangkat.

      • Bagaimana jika saya ingin buat windows 10 home yg bawaan ini, atau yg ori ini tak masukan lisensi win10 pro bajakan?
        Apa yg akan terjadi?
        Apakah kita rugi?

  • setiap shutdown kan ada tulisan update and shutdown, kalo nggak ori nggak ada pemberitahuan updatenya lagi ya?

    • Halo Bayu, soal adanya peringatan update semacam itu sifatnya sangat dinamis. Jika memang ada pembaharuan yang sudah didownload, maka opsi semacam itu kemungkinan akan muncul.

      Tetapi ini juga bergantung pada pengaturan pengguna. Bisa saja Windows 10 original tidak menampilkan "Update & Shutdown" karena fitur upload diblokir oleh penggunanya sendiri.

      Satu yang pasti, Windows 10 yang tidak asli tidak akan mendapat update.

    • Halo Imel,

      Windows versi tidak asli maupun yang belum memiliki kode lisensi tetap bisa menggunakan program apapun seperti biasanya.

  • Di windows 10 ori sy, sy mematikan auto update, namun saat terhubung ke internet pasti terupdate otomatis. Jadi perbedaan utama windows 10 ori dan bajakan adalah yg bajakan gk dapat update?

    • Halo Sari,

      Saya pernah dengar bahwa Windows 10 asli yang mematikan auto-update tetap "dipaksa" menerima update dari Microsoft. Sementara itu Windows 10 bajakan tidak akan bisa menerima update. Namun ada kabar bahwa nantinya Microsoft akan memberikan update pada versi bajakan sekalipun. Jadi, bisa saja definisi Windows 10 ori dan bajakan menjadi samar-samar di masa mendatang.

  • di laptop saya,setelah di cek melalui cmd yang mulcul "Core Edition",bukan "Professional Edition"
    apakah beda?

    • Halo Sheva,

      Windows 10 Core Edition sama dengan Home Edition.

      • haloo mau nanya sekalian
        tadi saya juga cek windows saya melalui cmd terus muncul "Profesional Edition" tapi dibawahnya kok ada tulisan "Volume Activation Will Expire 10/2/2020"
        apakah windows saya ori?
        kira-kira cara mengatasinya gimana ya?
        terus apakah setelah melewati tanggal tersebut windows saya ga bisa digunakan ?

        • ini namanya windows dengan lisensi bajakan kalau asli lisensi pasti akan permanent karena sifat crack atau keygen hanya mengulang untuk mengisi kembali bila keygen expired.

          • Betul, namun tetap bisa untuk menggunakan lisensi original. Caranya dengan mematikan crack terlebih dahulu, kemudian masukan kode aktivasi asli.

          • Halo mas christian, sy jg baru beli laptop, dan udh di aktivasi sm org tokonya. Tp pas td sy coba cek sesuai isi blog nya mas, disini tertulis "windows is activated using your organization's activation service". Trs pas ngecek di cmd nya, sm kaya pertanyaan mas aji, muncul tulisan "volume activation will expire 11/14/2020". Sy msh bingung, ini ori apa bukan ya?? Sy hrs gmn?? Hrs reaktivasi tiap 180 hr gtu ya? Kalo ga direaktivasi, aman ga?? Makasih :)

          • Coba tanya ke pihak tokonya apakah mereka menginstal Windows 10 asli atau bajakan. Kalau asli, per perangkat sudah mendapatkan lisensi seumur hidup dan tidak akan kadaluarsa. Dari pesan tersebut saya duga laptop kamu diinstalkan 'volume license' yang mana harus diperbaharui secara teratur. Skenario terburuk, bisa saja mereka menggunakan software KMSPico untuk mengakali Windows. Kalau sudah begitu, maka Windows 10 yang kamu pakai tidak asli.

            Namun, sebaiknya tanya saja pihak tokonya untuk kepastian.

Bagikan!
Dipublikasikan oleh
Christian