Kategori: WINDOWS

Cara Membersihkan File Sampah Windows 10 Tanpa Aplikasi!

File sampah, atau biasa disebut sebagai file sementara (temporary files) dibuat secara otomatis ketika kamu menjalankan program di komputer. Sebagai contoh, browser seperti Google Chrome akan memproduksi file cache yang jika sudah menumpuk akan memakan ruang yang cukup besar — ratusan megabyte, bahkan hitungan gigabyte.

Dan itu baru dari satu program saja, bagaimana jika ada puluhan program di komputer kamu? Tidak mengherankan partisi (C:) sebagai kapasitas sistem utama menjadi cepat penuh karena juga harus menampung beban file tambahan tersebut.

Maka dari itulah, sebagai bagian dari perawatan komputer, disarankan untuk sesekali membersihkannya dari file sampah. Berikut ini cara menghapus file sampah di komputer/laptop Windows 10.

File sampah aman untuk dihapus. Tetapi disarankan untuk membersihkannya usai menghidupkan ulang (restart) komputer agar memastikan tidak ada program yang kebetulan sedang menggunakan file tersebut.

#1 Bersihkan file sampah melalui Windows Settings

1. Pergi ke menu Start kemudian buka Settings.

2. Klik opsi System.

3. Lanjut ke Storage.

4. Kemudian pilih Temporary files.

5. Secara default, Windows akan memilih file yang aman untuk dihapus, namun kamu bisa tetap memilih secara manual dengan mencentangnya.

6. Terakhir, klik Remove files dan tunggu prosesnya hingga selesai.

#2 Hapus file di folder ‘Temp’

1. Tekan tombol Windows+R bersamaan di keyboard untuk memunculkan jendela Run.

2. Lalu masukkan input %temp% dan tekan OK.

3. Akan terbuka jendela File Explorer dengan direktori file sementara.

4. Pilih semua file dan folder tersebut, klik kanan, tekan Delete.

5. Klik Yes untuk konfirmasi penghapusan.

6. Apabila muncul pesan seperti ini, tandanya file tersebut sedang terpakai oleh program lain. Cukup centang Do this for all current items, kemudian klik Skip.

Karena banyak file yang dilewati (Skip), wajar apabila usai penghapusan masih ada file dan folder yang tersisa. Tidak masalah, mereka akan terhapus otomatis apabila selesai digunakan.

#3 Manfaatkan Disk Cleanup (opsional)

Metode yang satu ini sifatnya opsional, sebab fungsinya sama saja dengan metode pertama #1, namun dengan jalur yang agak berbeda. Kelebihan dari metode ini ialah bisa diaplikasikan pada sistem operasi lawas seperti Windows 8, Windows 7, dan Windows Vista.

1. Buka menu Start, cari Disk Cleanup, dan jalankan programnya.

2. Pilih drive (C:) untuk diperiksa, lalu OK.

3. Centang file apa saja yang ingin dihapus, kemudian klik OK.

4. Konfirmasi penghapusan dengan klik Delete Files.

5. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.


Itulah beberapa cara untuk menghapus file sementara yang bersarang di Windows 10. Dengan demikian, sejumlah kapasitas penyimpanan berhasil dibebaskan dan sistem bisa bernafas lebih lega. Kamu pun dapat membuatnya lebih lega lagi dengan 6 Tips Agar Local Disk (C:) Tidak Penuh dan Trik Instan Melacak File Raksasa di Komputer Kamu.

Lihat Komentar

Bagikan!
Dipublikasikan oleh
Christian