HARDWARE

Cara Agar Casing Komputer Tidak Nyetrum Saat Disentuh

Pernahkah kamu menyentuh casing komputer lalu terasa disetrum? Meski tidak mematikan, namun sensasi tersebut sangat mengejutkan karena datang secara tidak terduga.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Jika kamu perhatikan steker listrik, terdapat dua batang logam yang masing-masing mewakili arus muatan listrik (netral) dan muatan massa. Namun sistem ini memiliki kekurangan krusial yakni tidak adanya grounding.

Kabar buruknya, sistem ini marak dipakai di Indonesia. Grounding menjadi sesuatu yang langka di sebagian besar instalasi listrik rumah.

Grounding sendiri berperan menyalurkan arus listrik yang tidak terpakai ke tanah (isolator) sehingga tidak membahayakan orang yang menyentuhnya.

Komponen komputer mengandung bersifat konduktor dan dalam banyak kesempatan, listrik dengan bebas mengalir dari CPU, motherboard, atau PSU ke casing sehingga timbul efek kesetrum saat kamu menyentuhnya.

Jadi, tidak perlu khawatir karena efek nyetrum di casing PC merupakan hal yang biasa dan bukan tanda kerusakan hardware.

Nah, jika kamu tidak ingin disetrum lagi oleh casing komputer, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Cara agar casing komputer tidak nyetrum menggunakan grounding

Cara Agar Casing Komputer Tidak Nyetrum

Cara paling direkomendasikan ialah dengan membuat grounding sendiri sehingga listrik bisa dibuang. Berikut beberapa bahan yang kamu perlukan untuk membuat sistem grounding sederhana.

  • Paku untuk ditancapkan ke tembok atau tanah (panjang dan diameter disesuaikan)
  • Kabel serabut/kaku dengan panjang beberapa meter (tergantung kebutuhan)
  • Alat perekat seperti solder, baut, atau solatip (tidak wajib)

Jika semua bahan tersebut sudah disiapkan, berikut langkah-langkah membuat grounding dengan mudah.

1. Matikan komputer dan cabut steker dari socket (stopkontak) listrik agar kamu tidak tersetrum saat memasang grounding.

Kamu boleh saja tidak mematikan komputer namun dengan syarat menggunakan alas kaki dan jangan menyentuh tembok atau lantai ketika memasang kabel di casing.

Cara Agar Casing Komputer Tidak Nyetrum

2. Hubungkan tembaga dengan logam casing menggunakan solder, solatip, atau baut. Namun kamu juga bisa mengikatnya ke lubang seperti berikut.

Cara Agar Casing Komputer Tidak Nyetrum

3. Hubungkan ujung kabel lainnya ke paku, entah itu dililit atau disolder, lalu tancapkan ke tanah atau tembok. Silahkan pilih media yang paling memungkinkan menurut situasi kamu.

Cara Agar Casing Komputer Tidak Nyetrum

Langkah terakhir adalah dengan menyalakan komputer untuk melihat apakah casing masih dialiri listrik atau tidak. Kamu bisa mencoba menyentuhnya atau menggunakan test pen jika khawatir tersetrum.

Beberapa manufaktur elektronik juga membuat grounding kit yang dijual mulai Rp 100.000 per unit. Alat ini relatif lebih rapi dan bisa digunakan di berbagai perangkat selain komputer, misalnya kulkas dan televisi.

Bagaimana dengan grounding untuk laptop?
Sayang sekali karena laptop adalah perangkat yang mobile, grounding dengan paku bukanlah hal yang ideal. Steker laptop umumnya sudah memiliki plat logam untuk grounding, namun instalasi listrik di rumah juga harus mendukung grounding. Kamu bisa melihat video cara membuat grounding untuk stopkontak atau minta teknisi memasang grounding jika kurang memahami kelistrikan.
Bagaimana dengan ponsel yang nyetrum saat sedang isi ulang baterai?
Perlu diketahui bahwa rata-rata charger ponsel tidak dibekali grounding. Maka dari itu, memasang grounding di rumah tidak akan membuat ponsel menjadi netral dari listrik ketika sedang isi ulang daya.
Mengapa casing tidak nyetrum lagi setelah grounding?
Menurut situs Dengarden, tanah pada dasarnya bersifat konduktor sehingga listrik dengan mudahnya mengalir ke sana. Alih-alih mengalir lewat manusia, listrik cenderung mengalir lewat kabel dan akhirnya masuk ke tanah. Hal tersebut dikarenakan logam kabel dan tanah merupakan bahan yang lebih baik dalam konteks menghantarkan listrik ketimbang tubuh manusia.
Kalau grounding ke tembok, apa temboknya jadi nyetrum?
Tentu saja tidak. Jika kamu sudah membaca jawaban pertanyaan sebelumnya, kamu mungkin akan mengerti. Arus listrik yang ada di tembok sudah lebih dekat ke tanah dan sifat listrik secara natural mengalir ke bahan yang memiliki sifat konduktor lebih tinggi. Jika ada pilihan mengalir lewat tanah atau lewat tubuh manusia, listrik akan “memilih” tanah karena konduktivitasnya lebih tinggi. Casing komputer nyetrum saat disentuh karena memang satu-satunya opsi adalah lewat tubuh manusia.

 

Baik, itulah cara agar casing komputer tidak nyetrum lagi saat disentuh. Tips ini juga bisa diaplikasikan pada barang elektronik lainnya.

Bagaimana pengalaman kamu saat disengat listrik statis? 😅

Jika ada pertanyaan, jangan ragu bertanya lewat kolom komentar.