Sebagian pengguna BCA mobile pasti pernah menemui masalah saat sedang menggunakan layanan perbankan ini.
Sebut saja seperti gagal transfer, pending terlalu lama, hingga tidak bisa masuk ke aplikasi.
Untungnya, melakukan verifikasi ulang BCA mobile bisa menyelesaikan sebagian besar masalah.
Contohnya saya pribadi pernah tidak bisa membuat daftar transfer dan baru bisa berhasil setelah verifikasi ulang.
Berikut panduan verifikasi ulang BCA mobile dengan benar serta beberapa penyelesaian masalah yang mungkin terjadi.
Update: BCA mobile kini mewajibkan foto KTP dan swafoto untuk keperluan verifikasi. Persiapkan dokumen tersebut dan pastikan kamu berada di tempat yang cukup pencahayaan.
Daftar isi
Cara Verifikasi Ulang BCA mobile
1. Jalankan aplikasi BCA mobile terbaru di ponsel Android atau iOS kamu. Kemudian tap ikon ( i ) di bagian kanan atas.
Sementara pengguna aplikasi BCA versi lama bisa tap tombol About.
2. Tap Verifikasi Ulang.
3. Pilih Simpan jika kamu ingin tetap menyimpan pesan masuk lama.
4. Masukan 16 digit angka yang tertera di kartu ATM kamu kemudian tap OK.
5. Tunggu hingga proses verifikasi selesai. Pastikan kamu memiliki pulsa dan akses internet demi menghindari error. BCA mobile akan meminta untuk mengirim SMS verifikasi. Setelah terkirim, kembali ke aplikasi BCA mobile.
Menerima pesan error? Scroll ke bawah untuk lihat pembahasan setiap kemungkinan error saat verifikasi ulang.
6. Masukan kode akses yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Kemudian tap OK.
Boleh juga menggunakan akses kode lama.
7. Selesai, kamu akan diarahkan ke tampilan standar BCA mobile setelah verifikasi ulang berhasil.
Sebagai informasi, apabila kamu berganti ponsel, BCA mobile memerlukan ekstra proses berupa verifikasi KTP dan swafoto. Pastikan kamu mempersiapkannya.
Penyebab Gagal Verifikasi Ulang BCA mobile
Proses verifikasi ulang bisa saja mengalami kendala. Berikut ini penyebab populer mengapa kamu mengalami error khususnya pada langkah nomor 5.
1. Pengguna ponsel dual-sim
Pengguna ponsel dual-SIM bisa dipastikan mengalami masalah ini sebab BCA mobile gagal mengirim pesan ke server dikarenakan ada dua nomor terdaftar di ponsel.
Solusi: Pastikan pengaturan pengiriman SMS adalah SIM 1 (nomor terdaftar). Untuk pengguna Android bisa ke Pengaturan → Kartu SIM → Pesan SMS → pilih SIM 1
Bila perlu, cabut terlebih dahulu SIM 2 kemudian lakukan verifikasi lagi.
2. Pengguna ponsel Xiaomi
Ponsel Xiaomi secara default “menghalangi” BCA mobile untuk melakukan pengiriman pesan. Maka dari itu pengguna harus mengaktifkannya secara manual.
Solusi: Pergi ke Pengaturan → Aplikasi →BCA mobile → Izin → aktifkan SMS.
3. Aplikasi BCA mobile kadaluarsa
Ada kemungkinan versi aplikasi BCA mobile tertentu memiliki bug yang tanpa disadari membuat proses verifikasi ulang tidak berjalan
Solusi: Update aplikasi ke versi terbaru, restart ponsel kamu, kemudian coba lagi. Beberapa pihak melaporkan bug terdapat di versi BCA mobile 1.5 atau lebih rendah sebagaimana mestinya.
Masih menemui masalah?
Silahkan coba hubungi BCA via chat atau kontak nomor telepon resmi Halo BCA 1500888 atau Twitter @HaloBCA.
Tpi d Ponsel Aq tdk ada Aboutnya bgmna ini..
Halo Suhartini,
Terimakasih atas feedbacknya. Setelah saya periksa, ternyata itu dikarenakan aplikasi m-BCA versi baru sudah memindahkannya ke tombol (i) di kanan atas layar.
Semoga membantu 🙂
Terima kasih , barusan aku coba verifikasi ulang dengan petunjuk dari penulis, Alhamdulillah berhasil. Terima kasih banyak ilmunya semoga penulis tambah sukses
Terimakasih banyak Tian, senang bisa membantu 🙂
اَلْحَمْدُلِلّهِ
Sangat membantu
Terimakasih
Sama-sama Mundiyati 🙂
sama. Sudah bnrapa hari ini saya tidak bisa Log in. Juga tidak ada Teks ferivikasi di bawah kolom i.
Sebelumnya sy belum baca tread ini, sy langsung instal ke versi baru mbanking bca nya…sampai sekarang tidak bisa di verifikasi dan selalu gagal. Mungkin ada solusi,trims
Halo Laila, boleh tau gagalnya di langkah yang mana? Jika masih terus gagal, coba hubungi Halo BCA di 1500888 untuk informasi lebih lanjut.
Min mau tanya nih,, punya saya kan awalnya verifikasi SIM card tsel nah setelah beberapa bulan SC nya keblokir terus saya cabut dari ponsel .. setelah saya cabut ga bisa lagi login mbanking.. apa dengan cara verifikasi ulang kaya yang dianjurkan tadi bisa berhasil terimakasih 🙏
Untuk melakukan verifikasi ulang dari luar negeri apakah juga harus mengaktifkan mobile data SIM card yg telah terdaftar di m-BCA atau dapatkah menggunakan jaringan WiFi?
Mohon bantuannya
Mengapa setiap satu bulan sekali harus verifikasi ulang, padahal kartu SIM sudah di pasang di slot kartu 1, kartu SIM juga ga pernah di cobat-cabut.
Mohon dong info masalah M-BCA saya. Pas saya buka dibilangnya SIM yang digunakan tidak sesuai. Silahkan gunakan SIM card saat aktivasi atau verifikasi ulang. Dan saya telah verifikasi ulang dan gagal saya memasukkan lagi, apa pas verifikasi password nya berubah juga ya? Pohon penjelasannya terimakasih
tlog dunk mas/mb,, tiba2 mbca sya sruh verifikasi ulang tp udh berkali2 cb kirim smsny gk bs,, pdhl udh direstart, diupgrade mbca ny n cm 1 kartu hp sy tp tetep ja gk bs..
tlog dunk bantuanny
Halo Septi,
Coba hubungi Halo BCA untuk informasi lebih lanjut jika masalahnya tak kunjung selesai, biasanya mereka punya solusi untuk masalah yang spesifik.
Mohon bantuan penjelsannya.. cara verifikasi ulang mbanking saat berada di lua negeri. Gimna caranya yaa..
Mhon bantuan.x. trims sblomnya.
Permisi saya mau tanya gmn cara masuk ke BCA mobile pnya sy tetapi nmr atm nya sy lupa karena sy ganti hp jd donwload lg
Halo Apriansyah,
Sayang sekali BCA menggunakan nomor yang pertama didaftarkan. Untuk menggantinya, silahkan hubungi HaloBCA atau kunjungi halaman ini https://www.bca.co.id/Individu/Produk/E-Banking/m-BCA
mohon maaf, saya tidak punya kartu ATM..
saya hanya pakai m banking mobile.jadi saya tidak punya 16 digit angkat,bagaimana caranya ini,apakah saya harus mengurus ke kantor cabang BCA ?Atau ada solusi lainnya?
D aplikasi sya tidak ada keterangan verifikasi ulang.a mohon bantuan
Halo Sudarno,
Saya cek di versi 2.4.0 ada tulisan Verifikasi Ulang. Pastikan menggunakan versi aplikasi yang relevan 🙂
Sangat disarankan ke kantor cabang BCA. Biasanya mereka memiliki informasi yang lengkap seputar rekening. Silahkan baca dokumen pendukung seperti KTP, SIM, KK, buku tabungan, dan sebagainya.
Saya udah berulang kali mencoba tapi tetap gagal,dari pengaturan – aplikasi – bca mobile – izin lalu tidak ada izin sms untuk bca mobile saya,sim saya cuma 1,hp saya xiaomi,terus gimana dong solusinya?
Halo Ilham,
Jika masalahnya tak kunjung selesai, sangat disarankan untuk langsung menghubungi pihak BCA untuk memperoleh bantuan lebih lanjut. Bisa jadi masalah yang mas Ilham temui sifatnya spesifik.
No kartu xl yg buat daftarin m. Bca sy sudah mati. Krn kemrin hp hilang.. Dan ini sy mau verifikasi m. Bca lagi..
Mohon arahan petunjuk biar sy bisa verifikasi m. Bca lagi
Kalau sudah begitu, sebaiknya hubungi Halo BCA atau kunjungi kantor cabang BCA untuk meminta bantuan lebih lanjut. Pastikan juga untuk menyiapkan dokumen yang pernah digunakan saat pendaftaran rekening. Dokumen tersebut akan membantu proses verifikasi.
saya tidak bisa login ke mbanking karena belum ada kartu atm, saya daftar menjadi nasabah bca expressi melalui internet dan belum sempat ke kantor cabang karena belum sempat bank pada tutup, lalu bagaimana solusinya?
Wah kasusnya unik sekali ya. Coba hubungi HaloBCA (https://www.bca.co.id/halobca) terlebih dahulu untuk mengetahui prosedur apa yang harus dilakukan.
Kenapa selalu verivikasi ulang trs ya,,padahal aplikasi g di uninnstal
Lupa kode akses sehingga harus verifikasi ulang, Saya belum memiliki kartu atm karena saya membuka rekening melalui bca mobile, ketika verifikasi ulang tidak bisa memasukkan nomer kartu, solusinya bagaimana?
Terimakasih
Halo Ade,
Kalau sudah mengalami masalah seperti itu, saya sarankan untuk menghubungi HaloBCA supaya bisa mendapat solusi lebih lanjut.
Gimana ya saya kalo ngecek info saldo selalu pending lama dan akhir nya gagal
Membuka yg lain pun gak bisa
Saya mau verifikasi ulang m-bca krn ganti hp, tp tidak ada tanda “i” dipojok kanan atas. Bgmn ya?
Coba update aplikasi ke versi terbaru.
Kenapa yaa saya sudah berulang” kali veritivikasi ttp saja gabisa… pdhl udh ke sim 1.. dan sim 2 nya itu buat karttu data… nyaaa hmmm
Coba hubungi pihak BCA untuk bantuan lebih lanjut.
Saya mau tanya.hp dan buku tanbungan dan atm saya hilang.terus saya mau pakai kartu hp baru.jadi harus gimana.tolong solusinya.terima kasih
Saya sarankan untuk menghubungi pihak BCA 🙂
Saya updet ke versi 2.5 4 malah aplikasinya gak bisa login muncul eror 232 Saya hub ktnya dr hpnya
Pdhl udh di sim 1 dan ada pulsa SMS dan kuota. Aku reset awal tetep aja gak bisa. Ampe sekarang aplikasi udh gak bisa dipakai. Jujur aja aku otak Atik Ampe seminggu lebih gak berhasil. Klw yg versi sebelumnya gak smpe 5 menit langsung lancar jaya. Saya PK hp mi5a di android 7 udah update terbaru semua
Coba hubungi langsung pihak BCA dan jelaskan detail masalahnya.
Udah nge klik di kanan atas yg ada huruf (i) kok ga ada tulisan verifikasi ulangnya? Mohon bantuanya terimakasih
Coba update aplikasi. Saya cek di versi 2.5.5 ada tombol “Verifikasi Ulang”.
Punya saya kok verifikasinya balik lg ke ketentuan ya bang, knp ya? Awalnya sih emang pas verifikasi saya pke nomer yg satunya buat sms tp pas di coba pke nomer yg sama tetep sama
Punya saya sudah di verifikasi ulang kak.. Tapi kenapa di suruh ulang regis melalui ATM ya ?
Cara Mengatasinya bagaimana itu kak ? Soalnya Lagi Di Luar negeri..
Karena Corona tidak bisa pulang indo saat ini 🙁
Coba hubungi pihak PayPal, mungkin mereka bisa memberikan alternatif.
jika masih gagal penyebab ny apa yah om? apakah harus ke atm?]
Bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk bantuan. Atau bisa juga hubungi HaloBCA.
Terimakasih…saya udah verifikasi sesuai petunjuk diatas dan alhamdulillah berhasil.
Ka saya susah verifikasi…asalnya habis restar hp….j2 prime android 6.0…sms terkirim ke 69888…tapi tidak ada balasan….gmn ya..?mohon pencerahan
Coba hubungi pihak BCA jika masalahnya sulit diatasi.
Klo kirim pesan nya pake nomer yang bukan terdaftar bisa ngga? Ko saya pas udah kirim sms ke bca, trus buka apk bca lagi… Notifnya suruh ke atm 🙁
Kalau verifikasi ulang bisa pakai nomor hp yg baru atau ttep yg lama ya?
Kenapa dimenu about tidak ada tulisan verifikasi ulangnya ?
Pastikan menggunakan aplikasi BCA versi terbaru.
Kenapa vertivikasinya sangat sering berulang? Padahal sudah di vertivikasi tpi 2 hari kemudian harus seperti itu lagi?
Saya masuk kemenu bca mobile sudah ikutin petunjuk dengan benar sampai akhir keluar keterangan nomer kartu anda sudah terdaftar lalu keluar kemenu awal lagi .
Mohon konfirmasinya tx
klw saldo di dalam rek sudah habis, tp kartu ATMnya masih ada, apa bisa diregistrasi ulang, tanpa harus buat rek dan ATM baru lagi?
Mau tanya, ATM saya di pinjam sama teman untuk mengambil uang yg di transfer ke ATM saya. Dan saya serahkan ATM beserta PIN’nya. Tapi tiba2 saya tidak bisa masuk ke BCA Mobile saya kira2 kenapa ya??
Kenapa saat di isi email valid
KA SAYA KAN DAFTAR PAKE KARTU XL NAH KARNA KARTU XL UDH SAYA GANTI SAMA TRI, APAKAH MASIH BISA UNTUK SAYA LOGIN DENGAN KARTU YG BARU?? SOALNYA KRTU 3 LEBIH MURAH JADINYA SAYA GNTI KARTU
Bagaiamana klo tanpa No kartu atm bisa verifikasi mobile banking bca tidak??
Kalau ada tulisannya …PERMOHONAN ANDA SEDANG DI PROSES..
Aplikasi bisa ditutup dan notifikasi dapat dikirim lewat handpone….
biasanya berapa lama ya kalau kayak gini…
Mohon infonya min
Mau tanya kak, aku udah update mbanking versi terbaru,udah pencet tombol (i) tapi kok kolom verifikasi ulang nya gak ada yah ..
Klo saya yg daftar bca Mobile trs mau dipakai sama saudara yg diluar negri gimana caranya ya
Saya mau verifikasi ulang karna saya ganti hp, tapi pas dipilih ikon ” i ” tidak ada pilihan verifikasi ulang,saya download apk bca mobile versi baru. Akhrinya saya coba cara biasa,setelah masukan 16 digit no kartu atm dan mengirim pesan,tapi tidak ada balasan untuk otp nya. Saat di back ke apk bca saya malah di suruh verifikasi di atm bca. Ada solusi kah? No sya axis dan sudah terdaftar sebelum nya di hp lama saya kalo login masih bisa,tapi di hp baru mau verifikasi saja ga bisa. Mohon bantuan nya.
mohon maaf, saya ingin bertanya, saya selalu gagal pada tahap nomer 5 itu bagaimana ya solusinya
Saya koq di minta registrasi di via atm ya..apes bgt lagi kartu ke blokir dah salah password 3x..kartu telepon hbs ganti..solusinya kudu ganti kartu dlu kan jatohnya..
mantap, terima kasih informasi nya bang
Informasi ini sangat bermanfaat.
Sy terbantu.
Terimakasih banyak.
Saya mau verifikasi m banking bac. Tapi saya blm punya kartu.. Sehingga untuk memasukan angka 16 digitnya saya tidak tau.. Apakah ada solusinya