Kategori: APLIKASI

Cara Share Lokasi di Google Maps Secara Real-Time

Google Maps merupakan aplikasi peta gratis yang banyak digunakan oleh publik dunia, tak terkecuali Indonesia karena aplikasi tersebut memiliki fitur mumpuni, mulai dari fitur untuk mengecek kemacetan jalan, mencari lokasi tertentu, hingga berbagi (share) lokasi secara real-time.

Terkait fitur share lokasi secara real-time, beberapa pengguna Google Maps masih ada yang belum mengetahuinya, padahal untuk mengaktifkan fitur tersebut sangat mudah sekali. Jika kamu termasuk yang belum mengetahuinya, silakan simak tutorial berikut ini sampai selesai.

1. Buka aplikasi Google Maps di HP kamu, kemudian ketuk foto profil di pojok kanan atas.

2. Pilih berbagi lokasi.

3. Ketuk bagikan lokasi.

4. Terdapat 2 opsi yang bisa dipilih, yaitu berbagi berdasarkan durasi waktu dan hingga dinonaktifkan. Adapun untuk tutorial kali ini, opsi yang dipilih adalah berbagi berdasarkan durasi waktu, yaitu 1 jam. Jika ingin mengatur waktu berbagi lokasi, kamu bisa menekan tombol plus dan minus.

5. Pilih media berbagi, bisa email, media sosial, maupun aplikasi perpesanan. Adapun untuk tutorial kali ini, media yang dipilih adalah WhatsApp.

6. Ketuk bagikan dan kamu akan dialihkan ke aplikasi WhatsApp.

7. Pilih kontak yang akan dikirimi tautan Google Maps.

8. Jika kontak sudah dipilih, silakan ketuk ikon selanjutnya di pojok kanan bawah.

9. Ketuk kirim.

10. Kurang lebih seperti di bawah ini hasilnya.

11. Jika ingin menghentikan share lokasi secara real-time, silakan buka aplikasi Google Maps dan ketuk tanda panah pada berbagi lewat link.

12. Pilih hentikan.

Dengan mengetahui cara share lokasi di Google Maps secara real-time, kamu bisa membagikan lokasi terkini kepada orang lain dengan durasi paling lama sehari hingga fitur share lokasi dinonaktifkan.

Itulah cara share lokasi di Google Maps secara real-time, semoga bermanfaat.

Lihat Komentar

  • Haiiiā€¦.. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat. Seiring perkembangan zaman yang serba menggunakan teknologi canggih ini, informasi apapun dapat dengan mudah didapatkan di internet. Cara membagikan lokasi pribadi kepada orang lain pun bahkan telah tersedia di internet. Jangan lupa kunjungi laman web kampus kami tercinta walisongo.ac.id

Bagikan!
Dipublikasikan oleh
Leo Setiawan