APLIKASI

3 Cara Mengetahui Teman yang Mengecualikan Status WhatsApp ke Kamu

Sudah berteman di WhatsApp, tapi kamu tidak bisa melihat Status dia?

Masalah ini mencuat sejak WhatsApp mengimplementasikan fitur Status yang mirip dengan Story Instagram.

Pihak WhatsApp juga menambahkan opsi siapa saja yang bisa melihat Status, entah itu teman, kontak tertentu, publik, atau privat.

Jika kamu tidak bisa melihat Status WhatsApp teman, ada tiga kemungkinan alasan yang menjadi penyebabnya:

Antara lain…

1. Kamu sengaja dikecualikan — Ini yang paling sering terjadi. Kamu sengaja tidak diizinkan untuk melihat statusnya karena alasan tertentu.

2. Kamu tidak ditambahkan ke dalam kontak — Salah satu syarat agar bisa melihat Status adalah keduanya sudah saling menambahkan ke Kontak. Sebab secara teknis memang ada cara untuk kirim pesan tanpa simpan nomor baru sehingga menambahkan Kontak tidak teramat diwajibkan.

3. Kamu diblokir — Sangat mudah diketahui, foto profilnya akan kosong dan jika kamu mengirim pesan hanya akan melihat centang satu, bukan centang dua (biru). Pihak yang diblokir dan yang memblokir tidak akan bisa melihat Status satu sama lain.


Lantas bagaimana cara mengetahui jika kamu dikecualikan dari Statusnya?

Karena masuk ke dalam ranah privasi, tidak ada cara resmi yang disediakan WhatsApp. Namun beberapa trik berikut ini dapat membantu kamu.

Dalam panduan di bawah ini saya menggunakan karakter imajeri bernama Bunga sebagai pihak yang mengecualikan Status WhatsApp dari kamu.

#1 Tanyakan kepada teman yang sama apakah bisa melihat statusnya

Sebut saja kamu punya teman bernama Bunga dimana kamu tidak bisa melihat statusnya. Di saat yang sama, Bunga juga berteman dengan Kembang di WhatsApp dan ia adalah teman kamu. Coba tanyakan Kembang apakah dia bisa melihat status Bunga.

Jika bisa, maka ada dua kemungkinan: Kamu sengaja dikecualikan atau kamu tidak ditambahkan ke dalam kontak Bunga.

Terkait mana kemungkinan yang akurat, itu tergantung dari skenario pertemanan kamu.

#2 Tanyakan kepada orangnya apakah dia sengaja mengecualikan kamu

Metode yang satu ini memang cukup frontal, namun jawabannya akan lebih bisa diandalkan. Saran saya, coba jangan bertanya secara langsung. Itu mungkin akan sedikit mengganggunya, terlebih jika dia punya alasan personal kenapa mengecualikan kamu.

Coba tanyakan dengan kalimat yang sedikit mengumpan, contohnya begini:

  • Hai Bunga, aku sudah add nomor kamu, kamu sudah add aku belum?
  • WhatsApp aku kok error ya? Aku ga bisa lihat Status teman, kamu juga ga ada. Kenapa ya?
  • Memang bener kamu aktif banget di WhatsApp? Aku kok ga liat kamu ya?

Apapun jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, itu akan membantu kamu mengetahui apakah kamu dikecualikan atau tidak.

Kamu bisa berkreasi dengan membuat pertanyaan lain yang sejenis.

#3 Buat permainan yang melibatkan Status WhatsApp

Ini agak sedikit repot, tapi layak dicoba. Meski kamu dikecualikan dari Status si Bunga, Bunga tetap bisa melihat Status yang kamu buat. Metode ini hanya berlaku jika Bunga sudah menambahkan kamu ke dalam Kontak.

Alurnya seperti ini: Kamu membuat Status berisi pertanyaan tebak-tebakan. Yang salah menjawab harus membuat Status berisi pertanyaan serupa sebagai hukuman. Permainan seperti ini pun cukup populer di jaringan aplikasi chat sehingga tidak akan menaruh curiga.

Sebut saja jika Bunga salah menjawab, ia wajib membuat Status berdasarkan hukuman yang telah ditentukan. Lantas, apabila kamu tidak bisa melihat Statusnya, kamu akan tahu bahwa kamu dikecualikan oleh Bunga.

Berkat cara ini, kamu bisa secara langsung meminta Bunga untuk tidak lagi mengecualikan kamu dengan alasan supaya kamu bisa memastikan bahwa Bunga membuat Status sesuai hukuman permainan.


Nah, itulah beberapa cara untuk mengetahui teman yang mengecualikan Status WhatsApp dari kamu.

Mana metode yang paling kamu sukai?

Lihat Komentar

  • Lumayan membantu sih, tp bukan ini loh maksudnya.. Yg gue maksud itu, gue bisa tau setiap kali dia pasang status walaupun dia mengecualikan kita tanpa membuat kata kata jebakan.. Apakah ada apk nya atau tutor lainnya? Terimakasih sobb

    • Halo Riyad,

      Sayangnya hal tersebut belum memungkinkan saat ini karena WhatsApp ingin menjaga privasi penggunanya. Saya rasa mungkin tidak akan ada aplikasi yang bisa melakukan hal semacam itu karena bertentangan dengan privasi.

      • ada kak..sy punya nomor baru. krn saya d ganggu orang trs. pas sy ganti nomor yang baru. dia dm lewat ig krn d smua wa dan wa yang sebelumnya jg dia sdh sy blokir,tapi dia dm dan mengirim screnshoot status wa punya saya. mkknya sy sdg mncari. pdhl utk nmor yang baru ini dia blm tau nomornya

  • EaLaah klo itu mah akupun tau crnya kirain..wLo dikecualikan ada cr ttp bs liat status temen tuh..😱😷😷😷

    • Halo Putri,

      Sayangnya hal semacam itu tidak bisa karena alasan privasi dan WhatsApp cukup tegas soal itu.

    • Halo,

      Bagian mana yang clickbait? Semua yang dipaparkan adalah trik untuk mengakali sistem privasi WhatsApp. Tidak sepenuhnya sempurna, tetapi terbukti berhasil dalam beberapa situasi.

Bagikan!
Dipublikasikan oleh
Christian