Terlepas dari beragam review positif yang membanjiri kolom review sebuah game di Steam, nyatanya tidak semua orang menikmati game yang baru saja mereka beli. Tak jarang masalah teknis pun membuat game jadi kurang nyaman untuk dimainkan atau bahkan tidak bisa diluncurkan sama sekali.
Jika game yang kamu beli di Steam ternyata tidak memenuhi ekspektasi, mereka akan dengan senang hati mengembalikan seluruh saldo Steam Wallet yang kamu pakai pada game tersebut sebelumnya.
Namun, untuk bisa melakukan refund di Steam, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:
- Game baru dimainkan tidak lebih dari 2 jam
- Game belum berumur lebih dari 14 hari sejak pembelian
Jika kedua syarat tersebut selaras dengan situasi yang kamu miliki, berikut ini panduan melakukan refund game dan mengembalikan saldo Steam Wallet.
1. Kunjungi website Steam atau jalankan Steam Client dan pastikan sudah masuk ke akun kamu.
2. Klik menu Help lalu pilih Steam Support.
3. Pilih game yang ingin kamu refund.
4. Pilih alasan pengembalian dana. Opsi It’s not what I expected biasanya berpeluang besar untuk dikembalikan dananya.
5. Gulir ke bawah dan klik I’d like to request a refund.
6. Tentukan alasannya secara spesifik, boleh juga menambahkan catatan. Kemudian tekan Submit request.
7. Permintaan refund sudah mulai diproses.
8. Silakan tunggu beberapa hari sampai saldo dikembalikan. Steam akan memberikan notifikasi lewat email terdaftar.
Untuk game yang sudah dimainkan lebih dari 2 jam dan berumur lebih dar 14 hari sejak pembelian, kemungkinan besar pihak Steam akan menolak permintaan refund.
Namun apabila kamu punya alasan yang jelas dan solid, Steam bisa saja mengabaikan aturan tersebut dan mengembalikan dana yang terpakai (sumber: Steam Common Refund Questions).