Kategori: INTERNET

Apa itu SSL dan Cara Memasangnya ke Website Kamu

Sudahkah website kamu memasang SSL? SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, suatu teknologi yang sangat penting di internet. SSL membantu memastikan data pengunjungmu aman dan terenkripsi saat ditransfer melalui jaringan internet.

Teknologi ini tidak bisa dikatakan baru, namun mengingat semakin ketatnya keamanan berselancar di dunia maya, raksasa internet Google bahkan mulai “memaksa” pemilik website untuk memasang sertifikat SSL ke situs mereka. Jika tidak, maka website kamu akan ditandai sebagai “Tidak aman” oleh Google Chrome.

Tentu label itu akan membuat pengunjung jadi takut untuk mengisi data atau melakukan transaksi. Untuk itulah kamu harus mengetahui pentingnya SSL dan bagaimana cara mengimplementasikan teknologi ini ke situs web kamu.

Apa itu SSL?

SSL atau Secure Socket Layer adalah salah satu komponen keamanan yang membuat komunikasi data di dalam website menjadi lebih aman dan meminimalisir terjadinya kebocoran data, terutama ketika pengunjung berinteraksi dengan website.

Beberapa tahun lalu, SSL bisa dikatakan hanya sekedar simbol bahwa sebuah website dapat dipercaya. Namun kini SSL telah menjadi salah satu komponen wajib yang harus dimiliki oleh setiap website. Bahkan SSL juga menjadi salah satu faktor pertimbangan Google dalam memberikan peringkat website.

Browser populer seperti Google Chrome juga memberikan tekanan bagi setiap pemilik website untuk memasang fitur SSL. Jika tidak, maka website tersebut akan ditandai sebagai “Not Secure” dan dalam beberapa kasus mencegah pengunjung untuk mengakses website tersebut sampai SSL dipasang.

Keuntungan menggunakan SSL

Berikut ini beberapa keuntungan memiliki SSL pada website kamu.

1. Mencegah terjadinya pencurian data

SSL dapat mencegah pencurian data dengan cara mengenkripsi informasi yang dikirimkan antara pengguna dan server, sehingga informasi menjadi sulit untuk dibaca oleh pihak yang tidak berwenang.

2. Membuat pengunjung lebih percaya

SSL dapat menunjukkan bahwa website tersebut telah melindungi data pengunjung dan memiliki identitas yang sah, ditunjukkan dengan adanya tanda gembok di browser atau nama domain yang diawali dengan “https”.

3. Meningkatkan peringkat di mesin pencari Google

Google memberikan peringkat lebih tinggi pada situs web yang menggunakan SSL. Hal ini juga karena SSL membantu memastikan keamanan dan privasi pengunjung situs, yang dianggap sebagai faktor penting dalam algoritma peringkat Google.

Cara memasang SSL gratis

Kabar baiknya, saat ini terdapat dua opsi untuk memasang sertifikat SSL ke website kamu.

Memasang SSL dari Let’s Encrypt

Let’s Encrypt adalah organisasi nirlaba yang memberikan SSL secara cuma-cuma untuk memastikan internet yang lebih aman dan nyaman. SSL jenis ini sudah diadopsi oleh banyak layanan hosting dan terintegrasi secara langsung melalui cPanel. Berikut cara memasangnya.

  1. Pastikan hosting yang kamu gunakan mendukung SSL dan memiliki akses ke fitur cPanel.
  2. Masuk ke cPanel dan cari bagian Security.
  3. Pilih Let’s Encrypt dan pilih domain yang akan dipasang SSL-nya.
  4. Klik tombol Install dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Cek kembali website-mu apakah sudah terpasang SSL dengan benar.
  6. Jika kamu menggunakan WordPress, disarankan juga untuk memasang plugin Really Simple SSL demi memastikan semua halaman website terenkripsi.

Sebagai catatan, setiap layanan hosting mungkin memiliki prosedur instalasi SSL Let’s Encrypt yang sedikit berbeda. Silakan hubungi layanan bantuan yang mereka sediakan untuk informasi lebih lanjut.

Memasang SSL dari Cloudflare

Pada dasarnya, Cloudflare adalah layanan SSL premium. Namun mereka memiliki model bisnis freemium dimana pengguna gratis nantinya diharapkan akan beralih ke versi premium. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa menggunakan versi gratis selamanya.

  1. Pergi ke situs Cloudflare lalu buat akun di situs web mereka.
  2. Klik tombol Add a site lalu masukan alamat web kamu.
  3. Cloudflare akan memindai DNS situs kamu dan memastikan tidak ada masalah.
  4. Pilih paket Free dari Cloudflare saat kamu diminta memilih paket SSL.
  5. Ganti nameserver domain website kamu dengan nameserver yang diberikan oleh Cloudflare. Jika kesulitan, tanyakan ke pihak penyedian hosting/domain.
  6. Tunggu hingga proses propagasi DNS selesai. Biasanya akan memakan waktu hingga 48 jam namun dari pengalaman saya biasanya hanya beberapa jam saja
  7. Jika sudah selesai biasanya SSL akan aktif secara otomatis. Jika belum, masuk ke dasbor Cloudflare lalu aktifkan SSL pada domain kamu.
  8. Coba kunjungi website kamu lalu lihat di bar alamat. Akan muncul ikon gembok, tandanya SSL sudah terpasang.

Cara memasang SSL premium

Proses pemasangan SSL premium sayangnya sangat bergantung pada jenis dan penyedia SSL. Tidak ada panduan universal yang bisa langsung kamu ikuti. Kabar baiknya, mayoritas penyedia SSL akan dengan senang hati memandu proses instalasi hingga selesai.

Ada cukup banyak penyedia SSL premium dewasa ini. Beberapa penyedia hosting lokal seperti Dewaweb, Niagahoster, dan Domainesia juga turut menjual sertifikat SSL. Sementara ada pula perusahaan yang fokus pada penjualan SSL, contohnya GeoTrust, DigiCert, dan SSL2BUY yang mana juga menjual sertifikat SSL wildcard (untuk subdomain).

Perbedaan SSL dari penyedia hosting dengan perusahaan penyedia SSL biasanya terletak pada dukungan teknis dan tingkat kustomisasi. Biasanya situs penjual SSL memberikan dukungan yang lebih mendalam dan menawarkan lebih banyak varian SSL sehingga kamu bisa memilih versi yang cocok.

Perbedaan SSL gratis dengan premium

SSL gratis dan premium memiliki perbedaan dalam segi kualitas dan fitur yang disediakan. SSL gratis hanya menyediakan sertifikat dasar yang memastikan transfer data aman dari sisi enkripsi.

Sementara itu, SSL premium menyediakan sertifikat yang lebih kuat dan terpercaya, dengan verifikasi yang lebih ketat dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. SSL premium juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti proteksi malware, dukungan teknis yang lebih baik, dan jaminan uang kembali.

Namun, SSL gratis masih bisa menjadi pilihan yang baik untuk website yang tidak terlalu sensitif dan tidak memerlukan tingkat keamanan yang tinggi. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli SSL premium, kamu perlu mengevaluasi kebutuhan website kamu terlebih dahulu untuk menentukan apakah memerlukan SSL premium atau cukup dengan SSL gratis saja.

Kesimpulan

SSL adalah teknologi keamanan website yang memastikan transaksi data tidak mudah diretas oleh hacker dan juga membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Kamu bisa mendapatkan SSL secara gratis melalui Let’s Encrypt dan Cloudflare atau versi premium seperti yang dijual di GeoTrust dan SSL2BUY.

Terkait mana yang harus kamu pilih itu tergantung dari kebutuhan website. SSL gratis mungkin cukup untuk website pribadi, portofolio, blog, atau informasi perusahaan sementara SSL premium sangat direkomendasikan untuk situs dengan data pengguna, transaksi elektronik, dan toko online.

Apapun pilihan kamu, SSL dapat membantu website kamu lebih dilirik oleh mesin pencari dan muncul di hasil pencarian Google. Semoga artikel di atas mencerahkan.

Bagikan!
Dipublikasikan oleh
Christian