Kategori: ANDROID

Cara Mudah Mengubah Jaringan 3G Menjadi 4G di Android

Transisi dari teknologi jaringan 3G ke 4G perlahan namun pasti terus berlanjut. Kecepatannya yang jauh melampaui generasi terdahulu membuat 4G menjadi pilihan favorit ketika berselancar di internet. Akan tetapi sebagian pengguna ponsel anehnya belum bisa menikmati teknologi tersebut.

Meski ponsel sudah mendukung 4G dan berlangganan paket data yang sesuai, tidak jarang ponsel malah menggunakan jaringan 3G. Jika hal itu terjadi, berarti ada pengaturan yang harus kamu ubah terlebih dahulu.

Berikut ini cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada ponsel Android. Panduan di bawah ini berdasarkan Android 10.

Pengingat: Pastikan bahwa ponsel dan kartu SIM sudah mendukung jaringan 4G. Jika keduanya tidak dipenuhi, maka panduan di bawah tidak berlaku.

1. Pergi ke Setelan Android kemudian tap menu Kartu ganda dan jaringan seluler.

2. Lalu pilih kartu SIM yang ingin diaktifkan fitur 4G-nya.

3. Tap menu Jenis jaringan yang dipilih.

4. Pilih 2G/3G/4G otomatis.

5. Apabila jaringan 4G tersedia, maka data seluler akan secara otomatis menggunakannya.

Apabila tidak tersedia opsi untuk beralih ke 4G padahal smartphone sudah mendukungnya, itu terjadi karena kartu SIM masih menggunakan teknologi 3G. Satu-satunya solusi ialah membawa kartu SIM ke layanan operator untuk ditingkatkan menjadi 4G tanpa mengganti nomornya.

Selain itu, sinyal 4G mungkin tidak tersedia di semua lokasi. Biasanya smartphone akan mencari alternatif di 3G atau bahkan 2G jika perlu.

Bagikan!
Dipublikasikan oleh
Christian