Kategori: ANDROID

2 Cara Cepat Menemukan ‘IP Address’ Ponsel Android

Internet Protocol Address atau lebih populer disebut IP Address adalah alamat berupa beberapa digit angka yang mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet. Perangkat tersebut bisa berupa komputer, laptop, tablet, ponsel, printer, bahkan televisi.

IP Address ini juga kadang dipakai untuk menjembatani koneksi antar dua perangkat atau lebih. Namun proses pemasangan kadang mewajibkan pengguna menulis alamat IP secara manual. Lantas, IP Address harus diketahui terlebih dahulu.

Lantas dimana kita bisa melihatnya, terutama pada ponsel Android? Simak panduan berikut ini.

#1 Cara melihat IP Address Android tanpa aplikasi

1. Pertama, buka Setelan Android kemudian pilih opsi WiFi (kadang ada di menu Koneksi, Jaringan, dsb).

2. Pastikan WiFi sudah aktif.

3. Lalu tap Preferensi WiFi.

4. Alamat IP dapat ditemukan di bagian bawah (berupa digit angka).

5. Untuk menyalin, silakan tap dan tahan, lalu pilih Salin.

#2 Melihat IP Address Android dengan aplikasi

Sebenarnya, ada beragam aplikasi gratis yang mampu membaca alamat IP perangkat dan menampilkannya secara instan dalam sekali sentuh. Namun dari banyaknya pilihan, ada dua aplikasi yang menurut saya paling bagus. Alasannya, mereka sepenuhnya gratis, tidak mengandung iklan, dan memiliki rating yang bisa diterima.

What is my IP

Sederhana, bahkan boleh dibilang terlalu sederhana. Aplikasi buatan developer Yoav Sternberg ini sepenuhnya didedikasikan untuk memperlihatkan alamat IP pengguna, tergantung pada koneksi yang sedang aktif. Tidak ada menu, tidak ada ekstra fitur, tidak ada iklan — What is my IP boleh jadi opsi utama kamu untuk sekedar memeriksa IP Address.

IP Tools

IP Tools mungkin kebalikan dari aplikasi sebelumnya, ia sangat lengkap dengan beragam informasi terkait jaringan. Di dalam menu ‘My IP Connectivity’, kamu dapat melihat IP Address WiFi, selular, IPv4, IPv6, Prefix, Gateway, hingga lokasi geografis dari sebuah IP.

Sedikit informasi, jangan cek IP lewat Google

…atau dari website secara umum!

Jika kamu mencari di Google dengan kata kunci “what is my IP”, mesin pencari akan menampilkan jawaban instan berupa IP Address seperti ini. Kamu pun juga bisa membuka salah satu website untuk memeriksa ulang.

Lantas, kenapa tidak boleh?

Jawaban alamat IP yang diberikan Google atau website lain tidaklah akurat. Alih-alih menampilkan IP perangkat, yang kamu dapatkan adalah alamat IP router WiFi atau perangkat penghubung internet apapun yang sedang dipakai.

Dua perangkat berbeda yang terhubung ke jaringan yang sama pun akan mendapatkan IP yang sama. Maka dari itu, untuk perangkat Android, cara yang benar untuk melihat IP Address adalah lewat metode #1 atau #2 yang telah dijelaskan di atas.

Bagikan!
Dipublikasikan oleh
Christian