Zoom adalah salah satu layanan telekonferensi yang banyak digunakan oleh publik dunia, tak terkecuali Indonesia untuk mengadakan acara online, seperti rapat online maupun seminar online selama pandemi COVID-19.
Meski COVID-19 sudah mulai mereda, Zoom masih sering digunakan, karena keberadaan Zoom memang terbukti membantu untuk menyelenggarakan berbagai macam acara yang sifatnya jarak jauh.
Tutorial Zoom juga sudah banyak dibahas pada artikel sebelumnya, khususnya ketika kamu menjadi partisipan. Adapun untuk kesempatan kali ini, bahasan yang diulas adalah cara membuat akun Zoom di PC atau laptop. Tutorial ini penting diketahui, khususnya untuk kamu yang akan menjadi penyelenggara acara.
1. Buka Chrome yang terinstal di PC atau laptop kamu, kemudian buka situs resmi Zoom.
2. Jika sudah masuk ke situs resmi Zoom, silakan klik sign up it’s free.
3. Masukkan tanggal, bulan, dan tahun lahir kamu, kemudian klik continue.
4. Masukkan alamat email di kolom email address, lalu klik sign up.
5. Pihak Zoom akan mengirimkan email aktivasi ke email yang sudah didaftarkan, silakan cek email kamu.
6. Jika kamu sudah membuka email aktivasi, silakan klik activate account.
7. Kamu akan dialihkan ke halaman baru, silakan isi data (nama depan, nama belakang, dan kata sandi) yang dibutuhkan, kemudian klik continue.
8. Kamu akan dialihkan ke halaman invite colleagues. Apabila sudah masuk ke tahapan ini, proses pembuatan akun Zoom sudah selesai.
9. Buka aplikasi Zoom yang sudah terinstal di PC atau laptop kamu, kemudian klik sign in.
10. Masukkan email dan kata sandi akun Zoom kamu, kemudian klik sign in.
11. Jika berhasil login, kurang lebih seperti berikut ini tampilan beranda akun Zoom.
Dengan memiliki akun Zoom, kamu sudah bisa menyelenggarakan acara online, seperti rapat kerja, seminar, atau menonton film bersama teman. Jika kamu seorang pendidik, membuat akun Zoom sangat diperlukan karena bisa menunjang proses belajar-mengajar.
Itulah cara buat akun Zoom di PC atau laptop dengan mudah, semoga bermanfaat.